Comscore Tracker

6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Setelah Dikhianati

Kepercayaan menjadi hal yang berharga untuk dijaga

Pengkhianatan oleh siapa pun menyakitkan, tetapi pengkhianatan oleh orang yang dicintai mengakibatkan luka mental, luka psikis yang mengarah ke depresi, kesedihan yang parah, dan hilangnya kepercayaan pada orang lain.

Beberapa orang pun dapat dikatakan trauma akibat dari kejadian ini. Namun hidup selalu berjalan, terdapat 6 tip untuk menumbuhkan kembali rasa kepercayaan kepada orang lain.

1. Memprioritaskan self-care

6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Setelah Dikhianatiilustrasi makan (Unsplash.com/Pablo Merchán Montes)

Cara pertama untuk menumbuhkan kembali sebuah kepercayaan ialah dimulai dari sendiri. Temukan cara untuk merawat diri sendiri, kepercayaan diri, dan kekuatan mental. Salah satu caranya yaitu belajar bermeditasi.

Kegiatan lain yang meningkatkan self-care yaitu berolahraga dengan berjalan-jalan, berlatih yoga, atau bergabung dengan klub gym. Selain itu, merawat diri seperti menggunakan baju kesukaan dan merawat kesehatan badan juga meningkatkan value diri dan meningkatkan kembali rasa kepercayaan kepada diri sendiri dan orang lain. 

2. Menghabiskan waktu lebih banyak dengan orang terdekat

6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Setelah Dikhianatiilustrasi bahagia (unsplash.com/antonino visalli)

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman mengingatkan kita untuk tidak menganggap semua orang terdekat kita tidak dapat dipercaya. Hubungan sosial sangat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental.

Sebagai contoh, bertemu dengan orang-orang terdekat dan bertukar cerita dapat mengurangi resiko depresi dan akan menumbuhkan kembali sedikit demi sedikit kepercayaan kita kepada orang lain. Selanjutnya dengan munculnya rasa tenang dan bahagia juga akan mengurangi resiko terjadinya penyakit seperti jantung dan darah tinggi. 

3. Temukan rasa kasih sayang

6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Setelah Dikhianatiilustrasi menikmati pemandangan (unsplash.com/A. L.)

Berusalah untuk memaafkan orang yang telah berkhianat dengan mengingat hal tersebut menjadi sebuah pembelajaran untuk diri sendiri dan memaafkan kesalahan yang pernah ia perbuat.

Walaupun hal ini tidak mudah, adanya kasih sayang dalam memaafkan sesama manusia sangat mempengaruhi bagaimana kita akan membuka kepercayaan kembali kepada orang-orang sekitar ataupun orang yang akan kita temui di masa depan.

Baca Juga: 7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan Passion

4. Memperluas wawasan dengan membaca

6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Setelah Dikhianatiwanita membaca buku (Unsplash.com/Seven Shooter)

Cara berikutnya untuk menumbuhkan kembali rasa percaya ialah dengan membaca. Banyak buku-buku yang menawarkan tema self-healing ataupun bangkit dari trauma.

Dengan membaca, ini membuat anda berpikiran dari berbagai prespektif, menerapkan tips-tips yang perlu dilakukan, dan menerapkan apa yang dibaca kepada diri sendiri. Membaca merupakan pintu dari apapun, termasuk menumbuhkan kepercayaan kembali.

5. Memulai journaling 

6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Setelah Dikhianatiilustrasi menulis (Unsplash.com/lilartsy)

Menulis sebuah jurnal harian atau catatan merupakan salah satu teknik teknik problem solving yang memberikan ruang aman untuk mengatasi rasa sedih yang sedang dialami.

Saat journaling, diri kita akan mencoba memahami apa yang terjadi dan dapat menjadi sebuah reminder untuk masa depan. Journaling dapat mengurangi stres dan memberikan jarak dari emosi-emosi negatif yang muncul.

6. Membuka kesempatan untuk cinta yang baru

6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Setelah Dikhianatiilustrasi berpelukan (Unsplash.com/ Gus Moretta)

Tips terakhir untuk menumbuhkan kepercayaan kembali ialah tidak membiarkan masa lalu menentukan masa depanmu. Sebaliknya, biarkan masa lalu menjadi reminder untuk diri kita agar lebih berani dan mempercayai bahwa banyak pembelajaran yang didapat dari hal yang tidak menyenangkan yang pernah dialami.

Cobalah untuk membuka hati dengan orang baru karena tidak semua orang akan berkhianat seperti halnya orang yang kita temui di masa lalu. Banyak hal yang kita tidak akan temukan, jika kita tidak berani mencoba dan melangkah.

Itu tadi 6 cara untuk menumbuhkan kembali kepercayaan kepada diri sendiri dan orang lain. Walaupun tidak mudah dan instan, hal-hal tadi patut dicoba karena hidup akan tetap terus berjalan, dan diri kita yang menentukan langkah yang akan mempengaruhi kehidupan kita di masa depan. 

Baca Juga: Ini 4 Tip Tampil Percaya Diri di Depan Kamera

Windy Septiyanti Photo Community Writer Windy Septiyanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya