Comscore Tracker

Baik Dibaca Setiap Hari, Ini 5 Keutamaan Surat Al-Kahfi 

Tidak hanya pada hari Jumat saja lho

Salah satu surat dalam Al-Qur'an dengan keutamaan dan manfaat yang besar jika diamalkan adalah Surat Al-Kahfi. Surat ke-18 dalam Al-Qur'an ini berisi 110 ayat. Surat ini mengisahkan tentang 7 pemuda beriman yang menyelamatkan diri di sebuah gua karena kekejaman Raja Dikyanus. 

Mereka bersembunyi di gua dan kemudian ditidurkan Allah selama 309 tahun. Bahkan dianjurkan Rasulullah SAW, surat ini dibaca setiap hari Jumat atau malam Jumat. 

Namun tidak mesti hari Jumat, surat Al-Kahfi juga baik dibaca setiap hari. Apa saja sih keutamaan Surat Al-Kahfi.

1. Mendapatkan rida Allah SWT

Baik Dibaca Setiap Hari, Ini 5 Keutamaan Surat Al-Kahfi IDN Times/Anjani Eka Lestari

Rida Allah SWT merupakan salah satu tujuan terpenting yang dicari oleh umat muslim. Sebab, rida Allah dapat membuat hidup manusia terasa lebih tenteram dan damai. Dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Sebagaimana sabda Rasulullah tersebut, maka siapa pun orang yang membaca surat Al-Kahfi, dapat mendekatkan diri kita pada rida Allah SWT dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah. 

2. Diampuni dosanya oleh Allah SWT

Baik Dibaca Setiap Hari, Ini 5 Keutamaan Surat Al-Kahfi unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Setiap manusia pasti memiliki dosa dan khilaf, baik yang disadari maupun tak disadari. Namun, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertobat dan kembali ke jalan Allah SWT.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW dengan mengamalkan surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasullulah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

Baca Juga: 5 Doa untuk Anak yang Sedang Sakit, Sering Dibaca Rasulullah

3. Disinari cahaya kebaikan

Baik Dibaca Setiap Hari, Ini 5 Keutamaan Surat Al-Kahfi Pixabay/Konevi

Selain dihapuskan dosanya, umat muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat atau hari lain, juga akan diberikan pahala dan ganjaran serta disinari cahaya kebaikan. Selain itu, diberkahi pula dengan syafaat di hari pembalasan sebagaimana keutamaan membaca surat Ar-Rahman.

Hal ini tertera sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

Artinya:

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri juga menyebutkan bahwa Rasullulah SAW bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta disahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

4. Dijaga dari gangguan setan

Baik Dibaca Setiap Hari, Ini 5 Keutamaan Surat Al-Kahfi IDN Times/Anjani Eka Lestari

Salah satu upaya untuk menghindari godaan setan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya.

Berdasarkan hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, menyatakan bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah, maka rumah itu tak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

5. Terhindar dari fitnah dajal

Baik Dibaca Setiap Hari, Ini 5 Keutamaan Surat Al-Kahfi pexels/Ali Arapoğlu

Fitnah dajal sangat kejam serta dapat membawa kita kepada kesesatan dan siksa neraka. Namun, kita bisa menghindarinya dengan membaca surat Al-Kahfi sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Selain itu, pernyataan tersebut juga diperkuat oleh hadis-hadis berikut ini:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka dajal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajal), hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al-Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari dajal.” (HR Muslim)

“Barang siapa di antara kalian yang mendapatinya (dajal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajal tersebut).” (HR. Abu Daud).

Itulah 5 keutamaan surat Al-Kahfi yang baik dibaca setiap hari. Jangan lupa diamalkan ya!

Baca Juga: Menghapus Dosa! Ini Niat, Doa dan Tata Cara Salat Tahajud

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya