Comscore Tracker

Jelang Idul Adha, Ini Istimewanya Puasa Tarwiyah dan Arafah 

Bisa menghapus dosa setahun

Palembang, IDN Times - Hari Raya Idul Adha 1441 Hijiriah jatuh pada 31 Juli 2020 di Indonesia. Sebelum itu ada beberapa amalan sunah yang sebaiknya dilakukan. 

Salah satunya adalah  puasa Arafah dan puasa Tarwiyah. Ada beberapa keistimewaan puasa ini jika diamalkan. Apa saja? Berikut istimewanya puasa sunah tersebut dan tata cara serta niatnya.

1. Puasa Arafah dan Tarwiyah bisa menghapus dosa

Jelang Idul Adha, Ini Istimewanya Puasa Tarwiyah dan Arafah Ribuan umat muslim memadati padang Arafah, Arab Saudi, saat wukuf, Sabtu (5/11). Jutaan umat muslim dari berbagai negara mengikuti prosesi puncak haji 1432 H. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Pertama-tama, puasa Tarwiyah biasanya dianjurkan bagi mereka yang berhaji maupun tidak sedang berhaji. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 8 Zulhijah dan bisa menghapus dosa selama satu tahun. Sedangkan puasa Arafah biasanya dilakukan oleh orang yang tidak berhaji pada 9 Zulhijah.

Dalam Islam, puasa Tarwiyah dan Arafah digambarkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu An-Najjar dan Abdullah bin Abbas, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Puasa di hari Tarwiyah (8 Zulhijah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Zulhijah) akan mengampuni dosa dua tahun." (H.R. Tirmidzi)

Baca Juga: Sebentar Lagi Iduladha, Ini 5 Faedah Berkurban

2. Sepersepuluh bulan Zulhijah diriwayatkan mendapat keistimewaan Allah

Jelang Idul Adha, Ini Istimewanya Puasa Tarwiyah dan Arafah Pexels/Ali Arapoğlu

Bulan Zulhijah memiliki keistimewaan dari Allah SWT. Dikutip dari NU Online, Rasullullah SAW pun pernah bersabda mengenai hari-hari pada sepersepuluh bulan Zulhijah yang istimewa. Maka sangat dianjurkan melakukan ibadah saat bulan Zulhijah.

"Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah, daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah?' Sabda Rasulullah, 'Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian kembali tanpa membawa apa-apa." (HR Bukhari)

Puasa Arafah dan Tarwiyah sendiri banyak diartikan sebagai salah satu cara bagi umat muslim untuk turut merasakan jemaah haji yang menjalankan ibadah di Tanah Suci.  

3. Tata cara dan niat puasa di bulan Zulhijah

Jelang Idul Adha, Ini Istimewanya Puasa Tarwiyah dan Arafah Pexels/vjapratama

Mereka yang berpuasa pada bulan Zulhijah akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT. Seperti halnya ibadah puasa lain, puasa Zulhijah juga memiliki niat yang harus dibaca oleh kaum muslimin.

Niat puasa sunnah awal Zulhijah

Nawaitu shauma syahri Dzilhijati sunnatan lillahi ta'allah

Artinya saya niat berpuasa sunnah di bulan Zulhijah karena Allah Ta'ala

Niat puasa Tarwiyah

Nawaitu Shaumal Tarwiyah Sunnatan Lillahi Taalla

Artinya, saya niat berpuasa sunnah Tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah

Nawaitu Shauma Ghadin An Adai Sunnati Yauma Arafah Lillahi Ta'ala

Saya berniat puasa arafah esok hari karena Allah Ta'ala

Baca Juga: Tata Cara dan Sunnah-sunnah Salat Iduladha yang Sebaiknya Dilakukan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya