Comscore Tracker

Semoga Husnul Khatimah, Ini Kumpulan Doa Menghadapi Sakaratul Maut

Yuk diamalkan setiap hari

Jakarta, IDN Times - Sakaratul maut menjadi kata yang sangat menakutkan. Artinya adalah proses menghadapi kematian, atau saat ruh berpisah dari jasadnya.

Sakaratul maut disebutkan rasa sakitnya luar biasa hingga manusia berharap bisa menghindarinya.

Dikutip dari jabar.kemenag.go.id, Ibnu Abi Ad-Dunya rahimahullah meriwayatkan dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu ‘anhu, yaitu: “Kematian adalah kengerian yang paling dahsyat di dunia dan akhirat bagi orang yang beriman. Kematian lebih menyakitkan dari goresan gergaji, sayatan gunting, panasnya air mendidih di bejana. Seandainya ada mayat yang dibangkitkan dan menceritakan kepada penduduk dunia tentang sakitnya kematian, niscaya penghuni dunia tidak akan nyaman dengan hidupnya dan tidak nyenyak dalam tidurnya”

Sayangnya, tidak ada manusia bisa luput dari sakaratul maut. Meski demikian, sakaratul maut yang dialami seluruh umat manusia akan berbeda-beda. Oleh karena itu, manusia semasa hidupnya dianjurkan bertakwa kepada Allah SWT.

Mempersiapkan diri menghadapi sakaratul maut dapat dilakukan dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Selain itu, ada pula doa-doa yang bisa diamalkan guna menghadapi sakaratul maut.

Dilansir dari jatim.kemenag.go.id, berikut doa-doa untuk menghadapi sakaratul maut:

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Gaib, Untuk Mendoakan Orang Meninggal

1. Doa mohon kebaikan dunia akhirat

Semoga Husnul Khatimah, Ini Kumpulan Doa Menghadapi Sakaratul MautIlustrasi berdoa (IDN Times/Prayugo Utomo)

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nasaluka salamatan fi ad-dini wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan fi ar-rizqi wa taubatan qablal-mauti wa rahmatan indal-mauti wa maghfiratan ba’dal-mauti. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil-mauti wannajata minannari wal-afwa indal-hisabi”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu keselamatan di dalam beragama, dan kesehatan pada jasad (tubuh dan jiwa), dan limpahan ilmu, keberkahan dalam rizki, taubat sebelum kematian menyapa (datang), rahmat saat kematian tiba, dan ampunan setelah kematian itu terjadi.”

Membaca doa mohon kebaikan dunia akhirat dapat dilakukan kapan saja, namun di antaranya ada waktu-waktu yang lebih mustajab seperti sepertiga malam, antara azan dan iqamah, serta pada sore  hari Jum'at.

Doa mohon kebaikan dunia dan akhirat adalah cara manusia untuk memohon berkah Allah SWT atas nikmat dunia, serta mengharap rida Allah SWT, agar mendapat berkah berupa surga dan aman dari siksa kubur.

2. Doa agar meninggal dalam keadaan husnul khatimah

Semoga Husnul Khatimah, Ini Kumpulan Doa Menghadapi Sakaratul MautIlustrasi berdoa (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

اللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِمَهُ ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ

"Allahummaj'al khayra 'umri akhirahu, wakhaira 'amali khawatimahu, wa khaira ayyami yauma al-qaka"

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku hingga ajal (menjemput) diriku, dan jadikanlah sebaik-baiknya perbuatanku hingga kesudahannya, dan sebaik-baiknya masaku hingga berjumpa dengan-Mu.”

Salah satu doa yang dapat diamalkan untuk menghadapi kematian dan sakaratul maut adalah doa memohon agar meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Doa ini dapat dibaca setiap kali selesai melaksanakan salat wajib lima waktu.

3. Doa agar dimudahkan sakaratul maut

Semoga Husnul Khatimah, Ini Kumpulan Doa Menghadapi Sakaratul MautIlustrasi (Pexels.com/Ali Arapoglu)

اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ⁣

"Allahumma Hawwin 'Alaina Fii Sakarootil-Maut"

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah bagi kami di dalam menempuh sakratul maut." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Doa memohon agar dimudahkan dalam menjalani sakaratul maut dapat diamalkan setiap hari, sesuai menjalankan ibadah salat wajib. Doa ini berguna untuk memohon kepada Allah SWT agar mendapat berkah dan rahmat, serta dimudahkan dalam sakaratul maut tanpa merasakan sakit.

4. Menuntun kalimat syahadat pada orang yang sedang sakaratul maut

Semoga Husnul Khatimah, Ini Kumpulan Doa Menghadapi Sakaratul MautIlustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Dalam HR. Imam Muslim, disampaikan sabda Rasulullah SAW yang menganjurkan secara sunah bagi umat Muslim mengajari atau mentalqin orang yang sedang sakaratul maut, dengan kalimat syahadat, yakni lâ ilâha illallâh dengan cara yang halus dan tidak memaksa.

Sebagaimana dalam sabda Nabi berikut:

اقرؤوا عَلَى مَوْتَاكُمْ يس

Artinya: “Ajarilah orang yang mau meninggal di antara kalian dengan kalimat lâ ilâha illallâh.”  

Baca Juga: Kumpulan Doa Lengkap Selama Puasa Ramadan dari Hari 1 Sampai 30

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya