Comscore Tracker

Ini Keutamaan dan Manfaat Tawakal dalam Kehidupan Sehari-hari

Yuk lakukan setiap hari

Sering kita dengar bahwa kita harus bertawakal dalam hidup. Sebenarnya apa sih makna tawakal yang sebenarnya.

Untuk mengetahui keutamaan hingga manfaat tawakal, berikut pentingnya menerapkan tawakal dalam kehidupanmu.

1. Tawakal kepada Allah SWT disebut dalam Al-quran tidak kurang dari 30 kali dan tersebar dalam 19 surat yang berbeda

Ini Keutamaan dan Manfaat Tawakal dalam Kehidupan Sehari-hariunsplash/ Go to Masjid Pogung Dalangan's

Tawakal merupakan bagian dari iman. Maka, mereka yang bertawakal kepada Allah SWT dapat membuktikan keimanannya. Hal ini tercermin dalam QS. Al-Maidah (23), yang memiliki arti:

"Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman." -QS. Al-Maidah (23)

Tawakal boleh dilakukan ketika kamu telah melalui tahap ikhtiar. Ini adalah fase di mana ada tuntutan usaha dan bekerja dengan sungguh-sungguh.

Setelah itu, kamu bisa menyerahkan hasil atau amal kerja kepada Allah. Apabila kamu meyakini dan memahami arti tawakal, maka tidak ada yang sia-sia atas segala amal yang dilakukan.

Sebab, beramal dengan bekerja sebaik-baiknya ialah kewajiban sebagai hamba, sementara hasil yang didapat sepenuhnya adalah dari Allah semata. Kamu yang bertawakal akan memperoleh ketenteraman batin dan tak ada kecurigaan, karena tahu Allah yang Maha Tahu dan Maha Bijaksana atas apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Selanjutnya, Imam al-Ghazali mendefinisikan tawakal ialah menyandarkan kepada Allah SWT tatkala menghadapi suatu kepentingan, bersandar kepada-Nya dalam waktu kesukaran, teguh hati tatkala ditimpa bencana disertai jiwa yang tenang, dan hati yang tenteram.

Baca Juga: Doa Agar Kandungan Ibu Sehat dan Terhindar dari Pendarahan

2. Keutamaan bertawakal

Ini Keutamaan dan Manfaat Tawakal dalam Kehidupan Sehari-hariunsplash/ Dancing Rain in the Autumn

Setelah mengetahui apa itu tawakal, Al-Qur'an menyebutkan bahwa tawakal memiliki  keutamaan tertentu. Seperti misalnya beberapa ayat seperti di bawah ini:

1. Memperoleh kecukupan dari apa yang dibutuhkan.

Orang yang bertawakal kepada Allah akan dicukupkan segala kebutuhannya. Artinya barangsiapa yang menyerahkan (semua) urusan kepada-Nya, maka Dia akan mencukupi (segala) keperluannya. Allah SWT berfirman :

Barangsiapa bertawakal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupkan (keperluan)nya..."

    (QS. Ath-Thalaaq : 3)

2. Orang yang bertawakal kepada Allah SWT akan mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Sebagaimana ditegaskan dalam Alquran surat An-Nahl (41:42) yang berarti :

"Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui, (yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Allah saja mereka bertawakal."  (QS. An-Nahl, 41:42)

3. Tidak dikuasai oleh setan.

Saat kamu bertawakal, setan akan lebih sulit menggoda. Setan tidak bisa menguasai orang-orang yang begitu dekat dengan Allah SWT. Hal ini terdapat di Alquran pada surat An-Nahl, 99 yang artinya :

"Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan." (An-Nahl, 99)

3. Manfaat menerapkan tawakal

Ini Keutamaan dan Manfaat Tawakal dalam Kehidupan Sehari-hariunsplash/ Fahrul Azmi

Dalam Islam, tawakal merupakan hal yang dijunjung tinggi sebagai tanda atau pembuktian orang yang beriman. Artinya, kamu yang melaksanakan tawakal lebih mungkin untuk percaya, bertakwa, berserah mutlak pada Allah.

Hanya orang yang menikmati hubungan sejati dengan Allah, yang dapat percaya dalam kondisi apa pun dalam kehidupannya. Imam Ali a.s mengatakan :

"Tawakal pada Allah adalah sumber pertolongan dari setiap kejahatan dan perlindungan dari setiap musuh." (Al-Majlisi, Biihar Al-Anwar, Vol. 56, hal. 79) 

Orang yang bertawakal pada Allah akan memperoleh kesuksesan di dunia dan di akhirat serta terjamin oleh-Nya. Tidak peduli kesulitan yang dialami dalam kehidupan atau seberapa besar musuh yang harus dihadapi. 

4. Hikmah tawakal

Ini Keutamaan dan Manfaat Tawakal dalam Kehidupan Sehari-hariunsplash/ Aliko Sunawang

Ada hikmah tertentu ketika seseorang sudah bertawakal kepada Allah SWT. Ia akan senantiasa mempertimbangkan dan mempersiapkan pekerjaan dan diserahkan kepada kehendak Allah SWT.

Berikut beberapa hikmah apabila kamu menerapkan tawakal dalam keseharian:

  • Setiap urusan akan terencana dengan baik dan matang
  • Mendapat ketenteraman batin
  • Lebih mungkin bersikap optimis
  • Menyadari keagungan Allah dan keterbatasan usaha manusia

5. Tawakal yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW

Ini Keutamaan dan Manfaat Tawakal dalam Kehidupan Sehari-haripexels/Haley Black

Melalui HR. Ibnu Hibban, Nabi Muhammad SAW pernah mencontohkan bentuk tawakal terhadap seseorang yang hendak masuk masjid. Ada seorang sahabat yang hendak menemui Nabi Muhammad SAW di masjid tanpa terlebih dahulu menambatkan (mengikat) untanya.

Ketika Rasulullah menanyakan hal tersebut, dia menjawab "Aku telah bertawakal kepada Allah" . Kemudian Nabi Muhammad SAW meluruskan dengan bersabda, "Tambatkanlah terlebih dahulu (untamu), setelah itu bertawakalah," (HR. Ibnu Hibban).

Bertawakal berarti meyakini bahwa Allah yang menentukan segala hal. Setiap muslim punya kewajiban untuk berusaha dan pada saat yang sama juga, berserah diri kepada Allah SWT, menanti hasil sesuai kehendak dan ketetapan-Nya.

Itu tadi beberapa hal tentang tawakal yang bisa jadi pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana dengan kamu?

Baca Juga: Ini Bacaan Doa Qunut saat Salat Subuh dan Manfaatnya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya