Comscore Tracker

Sering Mual dan Muntah, 5 Doa yang Baik untuk Ibu Hamil

Agar sang ibu kuat dan diberi ketenangan hati!

Dikaruniai buah hati tentu menjadi idaman bagi setiap pasangan. Namun untuk mendapatkan karunia tersebut banyak cobaan yang harus dihadapi, termasuk harus mengandung 9 bulan untuk sang ibu.

Saat hamil, ketahanan dan kondisi biologis ibu sangat rentan, membuatnya perlu menyesuaikan diri dengan gejala fisik seperti pusing, mual, bahkan muntah pada trimester pertama.

Dalam ajaran Islam, ada doa tertentu yang dapat memberi kedamaian pada ibu ketika mengandung. Dengan mengamalkan doa-doa tersebut, diharapkan ibu menjadi lebih tenang dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. 

1. Membaca Al-Fatihah

Sering Mual dan Muntah, 5 Doa yang Baik untuk Ibu Hamilunsplash.com/ Ömürden Cengiz

Ketika ada kesulitan, umat muslim dianjurkan membaca Al-Fatihah agar mendapatkan petunjuk dan jalan yang benar dari setiap masalah yang menghadang. Dalam Al-Qur'an pun, Al-Fatihah merupakan surat pertama yang diutamakan dan memiliki banyak manfaat.

Ibu hamil dapat membaca surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali agar diberikan keselamatan oleh-Nya. Dengan mengamalkan surat tersebut, ibu diharapkan mampu mendapatkan ketenangan batin sehingga ketegangan fisik ketika hamil mereda. 

Baca Juga: Memohon Keberkahan dan Keturunan, Ini Manfaat Doa Nabi Ibrahim

2. Membaca Ayat Kursi

Sering Mual dan Muntah, 5 Doa yang Baik untuk Ibu Hamilpexels.com/Leah Kelley

Ayat Kursi merupakan salah satu bacaan dalam Al-Qur'an yang dimuliakan karena berisi tentang kekuasaan-Nya. Maknanya begitu dalam sehingga akan memperkuat keimanan terhadap Allah SWT. 

Untuk ibu hamil, mengamalkan bacaan Ayat Kursi dapat dilakukan dua kali saat pagi dan sore hari. Boleh juga saat selesai melakukan salat fardu atau menjelang tidur. Dengan membacanya, kekhawatiran ibu akan mereda karena percaya akan pertolongan Allah SWT.

3. Membaca surat Al-Insyirah

Sering Mual dan Muntah, 5 Doa yang Baik untuk Ibu Hamilpexels.com/Ylanite Koppens

Surat Al-Insyirah merupakan surat ke-94 dalam Al-Qur'an yang memiliki arti 'kelapangan'.  Dengan maknanya ini, surat Al-Insyirah kerap dijadikan doa untuk memberikan kekuatan pada mereka yang mengalami ujian. 

Ayat kelima dalam surat Al-Insyirah berarti 'Maka sesungguhnya dalam kesulitan, ada kemudahan'. Inilah kenapa membaca surat Al-Insyirah sebagai doa, dapat memberi kekuatan pada ibu untuk menghadapi gejala fisik seperti mual atau pusing pada awal kehamilan. Ibu dapat membacanya sebanyak tujuh kali setiap selesai salat magrib.

4. Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah

Sering Mual dan Muntah, 5 Doa yang Baik untuk Ibu Hamilunsplash.com/ Mickael Tournier

Dalam surat Al-Baqarah, dua ayat terakhir punya keutamaan tersendiri dan ampuh melindungi ibu dari segala mara bahaya. Terlebih dengan kondisi hormon ibu hamil yang tidak stabil.

Ibu dapat membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pada sore hari atau menjelang tidur. Doa ini akan melindungi dan memberi ketenangan batin tersendiri bagi ibu.

5. Doa yang bisa dibacakan suami untuk istri

Sering Mual dan Muntah, 5 Doa yang Baik untuk Ibu Hamilunsplash.com/ Wes Hicks

Selain mengamalkan surat utama dalam Al-Qur'an sebagai doa, ayah juga dapat memanjatkan doa seperti di bawah ini:

“Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

Artinya:

"Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu, pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadis dan Al-quran yang agung, dengan berkah Nabi muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

Itu tadi beberapa doa yang dapat ibu dan ayah panjatkan agar dilindungi dari gejala fisik seperti mual dan muntah. Selain doa di atas, ibu juga bisa mengamalkan amalan tiga surat terakhir Al-Qur'an atau bacaan zikir ya!

Baca Juga: Ini Bacaan Doa Qunut saat Salat Subuh dan Manfaatnya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya