Comscore Tracker

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAW

Hari ini umat Islam memperingati Maulid Nabi Muhammad

Hari ini umat Islam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hari kelahiran Rasulullah diperingati setiap 12 Rabiul Awal kalender Hijriyah. 

Nabi Muhammad menjadi pedoman hidup umat Muslim. Termasuk gaya hidupnya yang sehat. Gaya hidup Rasulullah bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Inilah beberapa tips hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW. Dijamin hidup kamu akan berkualitas.

1. Cepat tidur dan cepat bangun

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAWstylist.co.uk

Rasul tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal itu yang menyebabkan beliau melarang makan dan berbincang setelah waktu salat isya. Jika waktunya untuk tidur datang, maka beliau akan cepat tidur. Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari kira-kira sesudah istirahat salat isya, yakni sekitar pukul 21.30 dan bangun pukul tiga pagi.

2. Sering berpuasa

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAWvox.com

Puasa secara tidak langsung dapat menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asma dan gangguan saluran pernapasan serta berbagai penyakit lainnya. Puasa dianggap sebagai senjata ampuh untuk mengatasi penyakit oleh dunia kedokteran.

Baca Juga: 5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkah

3. Tidak mudah marah

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAWcmcsoxford.org.uk

Tingkat kekuatan seseorang tidak terletak pada jasad atau tubuh, melainkan kebersihan jiwa. Tidak mudah marah menunjukkan bahwa kamu memilih kestabilan emosi yang baik, sehingga kamu juga tidak akan mudah stres. Ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh.

4. Rajin menjaga kebersihan

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAWruyandagor.com

Rasulullah senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap hari Kamis atau Jumat beliau memotong kuku, mencukur rambut halus di pipi dan tidak lupa memakai wewangian serta bersisir setiap hari. Beliau juga selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara bersiwak.

5. Menjaga pola makan

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAWrawpixel.com

Rasulullah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, artinya beliau tidak berlebihan dan selalu teratur dalam mengkonsumsi makanan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, dan ini terbukti secara ilmiah. 

6. Gemar berolahraga

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAWproductivemuslim.com

Rasulullah pernah melakukan olahraga seperti lomba lari, berkuda, bergulat dan juga memanah. Beliau mengetahui manfaat dan pentingnya olahraga bagi kebugaran dan kesehatan tubuh.

7. Gemar berjalan kaki

7 Tips Hidup Sehat dan Berkualitas ala Nabi Muhammad SAWasianexpress.co.uk

Rasulullah selalu berjalan kaki menuju tempat-tempat yang memang masih bisa ditempuh dengan perjalanan kaki. Seperti saat menuju masjid, mengunjungi rumah sahabat dan sebagainya. Berjalan kaki dapat membuat kamu berkeringat sehingga pori-pori tubuh terbuka dan melancarkan peredaran darah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk hidup sehat ala Rasulullah. Tidak sulit untuk ditiru bukan?

Baca Juga: Mau Diet ala Rasul? 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Melia Rosalina di IDN Times Community dengan judul 7 Tips Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW, Terapkan Yuk!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya