Comscore Tracker

Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah pada Senin 19 Juli 2021

Sangat dianjurkan puasa sehari sebelum Idul Adha

Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Selasa (20/7/2021). Kamis (19/7/2021) atau bertepatan dengan 9 Zulhijah dikenal dengan hari wukuf Arafah bagi yang berhaji. Sementara untuk yang tidak berhaji, disunnahkan untuk melakukan ibadah puasa Arafah.

Apakah puasa Arafah? Puasa ini hukumnya sunah muakad sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Sekadar mengingatkan, inilah niat dan aturan tata cara serta keutamaan puasa sunah Arafah yang bisa dikerjakan oleh umat muslim.

1. Anjuran mengerjakan puasa Arafah bagi umat muslim yang belum mampu berhaji

Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah pada Senin 19 Juli 2021Pixabay/Abdullah_Shakoor

Dalam sebuah hadis riwayat sahih dikatakan:

Dari Ikrimah, ia mengatakan: “Aku masuk ke rumah Abu Hurairah lalu bertanya tentang puasa hari Arafah bagi jamaah haji yang sedang di Arafah.” Lalu Abu Hurairah menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang puasa hari Arafah di Arafah” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Dari penggalan hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa puasa sunah Arafah sangat dianjurkan bagi umat muslim, kecuali mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji di Arafah.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban saat Idul Adha 

2. Kapan waktu pelaksanaan puasa Arafah?

Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah pada Senin 19 Juli 2021learnenglish.britishcouncil.org

Puasa Arafah dikerjakan pada tanggal 9 Zulhijah, atau tepat sehari sebelum perayaan Iduladha. Momen ini juga bertepatan dengan pelaksanaan wukuf di Arafah bagi umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji.

Mengacu pada penetapan hari raya Idul Adha tahun ini yang jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021, maka puasa Arafah dilaksanakan pada hari Senin, 19 Juli 2021.

3. Berikut bacaan niat dan tata cara pelaksanaan puasa

Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah pada Senin 19 Juli 2021freepik/Freepik

Pelaksanaan puasa Arafah pada dasarnya sama seperti puasa lainnya. Menahan diri dari lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbitnya matahari hingga terbenam nanti.

Bacaan niat puasa Arafah adalah sebagai berikut:

Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa

Artinya: saya niat puasa sunah Arafah karena Allah taala.

Berbeda dengan puasa wajib ramadan, niat puasa sunah Arafah boleh dibaca pada saat sahur atau setelahnya. Bahkan apabila lupa, niat puasa Arafah bisa dibaca pada pagi hari dengan catatan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa termasuk makan dan minum.

Sudah ada niatan untuk mengerjakan puasa sunah Arafah? Yuk, raih keberkahan yang lebih banyak sebelum perayaan Iduladha tiba.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Ini Niat serta Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah 

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya