Comscore Tracker

Bernuansa Sansekerta, Ini Arti Nama Anak Ahok dan Puput Nastiti

Namanya juga sangat relijius

Anak keempat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah lahir. Itu adalah putra pertamanya dengan Puput Nastiti Devi pada Januari 2019.

Sang bayi diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama. Ini menjadi kado manis bagi keduanya jelang pernikahan pertamanya.

Nama sang anak berasal dari bahasa Sansekerta. Apa arti nama anak Ahok dan Puput?

1. Dikaruniai anak laki-laki jelang ulang tahun pernikahan

Bernuansa Sansekerta, Ini Arti Nama Anak Ahok dan Puput NastitiInstagram.com/basukibtp

Puput Nastiti Devi, istri Ahok, melahirkan bayi laki-laki pada Senin (6/1) pagi. Kabar bahagia ini pertama kali muncul ke publik lewat unggahan Instagram mantan Menteri Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Kerja, Triawan Munaf.

Kelahiran anak keempat Ahok ini menjadi kado manis jelang hari jadi pernikahan yang pertama dengan Puput Nastiti Devi. Diketahui bahwa Ahok menikahi Puput pada 25 Januari 2019, sehari setelah dirinya resmi dinyatakan bebas dari tahanan Mako Brimob.

Baca Juga: Sudah Lahir, Putra Ahok Diberi Nama Yosafat Abimanyu Purnama

2. Nama anak ke-4 Ahok bernuansa Sansekerta

Bernuansa Sansekerta, Ini Arti Nama Anak Ahok dan Puput NastitiInstagram.com/triawanmunaf

Anak keempat Ahok diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama. "Yosafat" sendiri merupakan nama seorang raja hebat dalam sejarah umat Kristiani. "Yosafat" dapat diartikan sebagai pemimpin hebat dan kemenangan Tuhan.

Nama "Abimanyu" diambil dari bahasa Sansekerta yang tersusun dari dua kata, yaitu 'abhi' yang bermakna berani dan 'manyu' yang berarti sikap atau tabiat. Jika digabungkan, "Abimanyu" bermakna sikap pemberani.

Ditutup dengan "Purnama" yang merupakan nama belakang Ahok, Basuki Tjahaja Purnama. "Purnama" sendiri memiliki arti terangnya sinar rembulan utuh.

Makna di balik nama lengkap anak keempat Ahok adalah pemimpin yang berjiwa pemberani dan menyinari lingkungan sekitarnya. Wah, bagus banget!

3. Melambangkan sikap relijius dan kepemimpinan, filosofi di balik nama anak Ahok

Bernuansa Sansekerta, Ini Arti Nama Anak Ahok dan Puput NastitiInstagram.com/fdphotography90

Ahok dan Puput tentu telah melewati diskusi panjang sebelum menentukan nama anak. Gak heran filosofi di balik namanya pun sangat indah. Yosafat yang dijadikan nama depan adalah sosok penting dalam sejarah Kristiani.

Yosafat adalah keturunan langsung Raja Daud, ia dinobatkan sebagai pemimpin terbaik di Yehuda. Sosok ini juga dikenal sebagai seorang yang saleh dan sangat mengandalkan Tuhan dalam setiap langkahnya.

Selain itu, nama Abimanyu juga melambangkan kepemimpinan dan keberanian. Abimanyu adalah salah satu tokoh dalam legenda Mahabharata, dikisahkan sebagai anak dari Arjuna yang akan menjadi pewaris tahta kerajaan. Filosofi di balik namanya bagus banget kan?

Selamat atas kelahiran putranya, Ahok dan Puput!

Baca Juga: Penuh Makna, Ini Arti Nama Bayi Kembar Syahnaz dan Jeje

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya