Comscore Tracker

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! 

Buat kamu yang suka mager, yuk produktif di hari libur!

Sering ga sih merasa bersalah kalau hari libur hanya dihabiskan untuk tidur-tiduran? Eits jangan salah! Istirahat itu perlu, tapi secukupnya. Khawatirnya kalau kebablasan, malah bikin malas seharian.

Beberapa list kegiatan ini bisa jadi alternatif aktivitas kamu untuk berakhir pekan atau saat liburan. Tenang! list aktivitas ini dijamin anti mati gaya deh!

1. Melakukan hobi

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Photo by Mikhail Nilov: Pexels

Hobi dianggap sebagai salah satu ‘pelarian’ dari rutinitas yang melelahkan dan membosankan. Selain manfaat ini, hobi yang sifatnya konstruktif seperti membuat kerajinan tangan atau  merakit kendaraan juga dapat mengembangkan kreativitas dan problem solving.

Menekuni hobi tidak hanya menjadi stress-release, namun juga dapat dijadikan cuan loh! Beberapa caranya adalah: lakukan hobi yang dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai jual, kemudian pasarkan produknya.

2. Berolahraga 

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Latihan Akademi Sepakbola Utamasia (Dok. IDN Times)

Semua orang kayaknya sepakat ya, kalau olahraga itu kegiatan yang produktif! Manfaatnya banyak: menyehatkan tubuh, stress-release juga, dan bisa juga dijadikan sebagai media bersosialisasi.

Tidak hanya bisa dilakukan saat weekend, namun waktu luang setelah pulang kerja juga dapat dimanfaatkan untuk berolahraga. Jadi kapan nih mau mulai berolahraga?

3. Menonton 

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Photo by Andres Ayrton: Pexels

Menonton bagi sebagian orang memang sudah menjadi pilihan utama dalam menghabiskan waktu luang. Tapi siapa sangka, menonton dapat menjadi kegiatan produktif loh!

Misalnya, dengan menonton film bahasa asing, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa asingmu. Atau kamu suka menulis? Inspirasimu bisa diperoleh dari menonton film.

4. Bersosialisasi 

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Photo by Helena Lopes:

Sekedar mengobrol dengan teman tentu saja dapat membantumu menghilangkan stres dan bosan. Namun bila mau level-up, bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang membantumu untuk meningkatkan skill dan value diri. Sesuaikan jenis komunitas ini dengan hobi, kegemaran, atau personality kamu, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Self Development

5. Membaca buku dan artikel

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Photo by George Milton: Pexels

Membaca sangat disarankan untuk membuka wawasan dan mengetahui update berita terkini. Buku: old but gold, namun berselancar di media sosial atau laman berita juga it’s okay loh! Kamu dapat memilih topik bacaan yang relevan dengan kebutuhan atau dilema-mu saat ini.

6. Berbisnis atau bekerja sampingan

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Photo by Anna Shvets: Pexels

Menjalani bisnis atau menjadi seorang freelancer dapat berawal dari ‘iseng-iseng berhadiah’, misalnya: vlogger, make-up artist, atau fotografer. Jadikan waktu luang yang kita miliki bernilai, dengan memperoleh pengalaman sebanyak-banyaknya.

7. Mengikutin kelas atau webinar

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Photo by Artem Podrez: Pexels

Khususnya bagi mahasiswa, kamu yang sedang aktif mencari pekerjaan, atau sebagai career switcher, menambah ilmu dan skill hukumnya wajib! Dengan banyaknya bidang pekerjaan yang memiliki demand yang tinggi, seperti digital marketing, product development, design, atau data analytics & scientist, kamu bisa explore bidang-bidang tersebut saat memiliki waktu senggang.

Setelah menentukan satu atau beberapa pilihan yang menarik, pilihlah media belajarmu. Jangan khawatir, kini sudah banyak media gratis seperti Youtube. Namun bila menginginkan kurikulum pembelajaran yang lebih terarah dan practical, kamu bisa pilih course berbayar yang menyediakan materi dan kurikulum sesuai dengan kebutuhanmu.

8. Membersihkan kamar atau kos

8 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang, Jangan Mager! Photo by Gantas Vaičiulėnas: Pexels

Males gak sih kalau disuruh beberes? Sama! Tapi, kegiatan ini punya banyak manfaat loh. Tidak hanya demi kebersihan, membersihkan kamar atau kosan juga dapat me-refresh tampilan dan vibes kamar kamu, yang berefek pada perbaikan mood.

Tidak hanya mengubah layout kamar, atau mendekor dan mengecat kamar, yang simple seperti bebersih atau ganti seprei saja bisa loh bikin kamar kamu lebih fresh. Yuk cobain!

Dear, inget deh seberapa sering kamu nyesel karena waktu kamu terbuang sia-sia. Duh, jangan lagi deh! Setelah selesai charge energimu, yuk bangun dari kasur dan lakukan hal bermanfaat. 

Kamu bisa memilih salah satu kegiatan yang kamu sukai, atau berganti-ganti kegiatan sesuai dengan ketersediaan waktu dan mood kamu. Enjoy!

Baca Juga: Tawuran Marak di Sumut, Pelajar Bakal Dilarang Bawa Motor

Bangarani Masah Nadila Photo Community Writer Bangarani Masah Nadila

Queen of Home a.k.a Ibu Rumah Tangga. Penulis lepas yang suka sharing tentang printilan sehari-hari. Q: Ingin jadi apakah kamu kelak? A: Ingin menjadi manusia bermanfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya