TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Yenny Waty dan Keluarga 12 Tahun Pilih Vegetarian hingga Vegan

Yenny beri tips untuk pemula menjaga konsisten memilih vegan

Yenny Waty seorang vegan yang sebelumnya vegetarian (Dok pribadi Yenny Waty)

Medan, IDN Times - Siapa bilang memilih untuk vegan atau vegetarian itu sulit? Hal ini dibuktikan oleh keluarga Yenny Watiyang berhasil selama 12 tahun memilih untuk vegetarian dan vegan.

Untuk informasi, vegetarian adalah gaya hidup dengan menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, daging kambing, daging babi, daging unggas, dan makanan laut, seperti ikan dan kerang-kerangan.

Sedangkan untuk vegan didefinisikan sebagai gaya hidup yang berupaya untuk menghindari semua bentuk eksploitasi terhadap hewan, termasuk untuk dijadikan makanan, pakaian, kosmetik, atau tujuan lainnya.

Berikut cerita Yenny Waty bersama keluarganya yang sudah memilih vegan.

Baca Juga: Hidup Sehat dengan Menu Vegan, Rendy Ariestanto Buka Resto Unik

1. Yenny akui setelah vegan pikiran jadi tenang

Yenny Waty seorang vegan yang sebelumnya vegetarian (Dok pribadi Yenny Waty)

Yenny telah vegetarian sejak tahun 2010, lalu, dan melanjutkan ke vegan pada Minggu (3/10/2021) sebagai batch 1. Artinya, sudah 1 tahun sebulan menjalani vegan dan selama 11 tahun memilih vegetarian.

Awal ketertarikannya memilih untuk vegan saat mengikuti acara 21 Days Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan.

"Di sana banyak menerima masukan tentang manfaat vegan dari ahli gizi Dr. Susianto Tseng (President of World Vegan Organisation) karena juga merasakan manfaat yang didapat, sejak itulah saya mulai vegan," ujarnya.

Setelah vegan, Yenny mengakui bahwa pikiran menjadi lebih tenang, tubuh merasa menjadi lebih ringan, tidur juga lebih pulas, emosi lebih terkendali dalam interaksi dengan sesama.

Targetnya memilih untuk vegan guna mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat, berat badan yang ideal.

"Selain manfaat untuk diri sendiri, juga demi semua makhluk, menjaga bumi ini dari global warming, juga dapat menginspirasi diri sendiri dan orang lain, sehingga memiliki hati berwelas asih dan peduli," tambahnya.

2. Yenny ajak anak-anaknya untuk memilih makanan sehat

Yenny Waty seorang vegan yang sebelumnya vegetarian (Dok pribadi Yenny Waty)

Untuk aneka menu vegan, Yenny mengatakan ia bersama keluarga menyantap aneka menu vegan apapun terasa enak saat hatinya senang terkhusus untuk sayuran, buah, dan kacang-kacangan yang bersifat alami tanpa harus dari makanan olahan. Yenny juga mengajak anak-anaknya untuk memilih makanan sehat. 

Anak-anak Yenny mulai vegetarian sejak tahun 2011 atau berjarak setahun dari dirinya. Sementara sang suami satu tahun lebih dahulu bervegetarian dari Yenny. Lalu setelah ia vegan, suami ikut vegan juga.

"Anak pertama, cewek, sekarang lagi kuliah di Singapore NUS, cewek, masih vegetarian, anak kedua, cewek, kuliah di Taiwan, University Tzu Chi di Hualien, tahun 2020 sudah duluan vegan, anak ketiga, cewek, sekarang masih SMA 2, dan masih vegetarian. Keluarga yang sudah vegan, saya, suami dan anak ke 2," jelasnya.

Baca Juga: 1 November Hari Vegan Sedunia: Begini Sejarahnya

Berita Terkini Lainnya