Comscore Tracker

Bukan Cuma Ibu, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Perempuan

Mengajarkan nilai-nilai kehidupan, terutama dalam kesuksesan

Sebagai kepala keluarga, ayah biasanya mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. Namun anak sering kali kurang dekat dengan ayah dibanding dengan ibu. Terutama untuk anak perempuan.

Perbedaan gender terkadang membuat adanya jarak antara anak perempuan. Padahal, ayah memiliki peran yang penting banget untuk anak perempuan lho.

1. Mengajarkan cinta pertama kali kepada anak perempuan

Bukan Cuma Ibu, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Perempuanpexels/Josh Willink

Ada pepatah yang mengatakan bahwa ayah adalah cinta pertama anak perempuan. Ketika lahir, anak perempuan disambut oleh sosok pria yang akan menjaganya sepenuh hati. Semakin ia bertumbuh, anak perempuan diperkenalkan bagaimana cinta yang tulus dan tanpa syarat dari ayah.

Ketika dewasa, anak perempuan tentu akan merasakan jatuh cinta. Dengan sosok sang ayah, anak perempuan diharapkan mampu untuk mendapatkan cinta sejati yang tulus dan tanpa syarat. 

2. Sebagai sosok pelindung anak

Bukan Cuma Ibu, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Perempuanpexels/lgh_9

Ayah dalam keluarga juga adalah sosok pelindung dalam keluarga. Perlindungan yang ayah beri tak hanya perlindungan fisik namun juga materi dan emosional. Anak ketika lahir di dunia ini belum mengetahui bahaya dan kerasnya dunia. Di sini, ayah hadir untuk memastikan sang anak selalu merasa aman dan nyaman. Ayah tidak akan mau anaknya menderita.

Semakin anak dewasa, ayah akan lebih ekstra menjaga anak perempuan. Banyak kekerasan, pelecehan hingga ketidakadilan gender membuat ayah tidak akan diam dalam menjaga putri kesayangannya. 

3. Mengajarkan nilai-nilai kehidupan, terutama dalam kesuksesan

Bukan Cuma Ibu, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Perempuanpexels/Sravan

Baik ayah atau ibu tentu mengajarkan banyak nilai-nilai kehidupan untuk sang anak. Namun, ayah akan lebih banyak terlibat mengajarkan hal-hal untuk mencapai kesuksesan. Ayah akan banyak terlibat dalam pendidikan anak dan juga cita-cita serta kariernya di masa mendatang.

Father Involvement Research Alliance, menemukan fakta bahwa anak perempuan yang dekat dengan ayahnya memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini kemudian memengaruhi anak untuk meraih pendidikan yang tinggi dan sukses pada kariernya.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Supaya Ayah Bisa Lebih Dekat dengan Anak-anaknya

4. Belajar menghargai waktu

Bukan Cuma Ibu, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Perempuanpexels/pixabay

Memang mayoritas ayah tidak memiliki waktu untuk bersama dengan anak sebanyak ibu. Ayah lebih banyak menghabiskan waktu di kantor untuk mencari nafkah. Meskipun begitu, ayah akan senantiasa menyempatkan waktu luangnya untuk bersama dengan anak dibanding beristirahat.

Hal ini tentu membuat anak belajar menghargai waktu. Ia mampu menyadari bahwa waktu sangat berharga, terutama waktu bersama ayahnya. Harapannya semakin dewasa, anak mampu untuk mengelola waktunya dengan baik. 

5. Ayah menjadi pedoman sosok pria sejati ketika anak perempuan dewasa

Bukan Cuma Ibu, Ini 5 Peran Penting Ayah untuk Anak Perempuanpexels/Josh Willink

Ketika dewasa, anak perempuan akan menemukan pria yang akan menjadi teman hidupnya. Tumbuh dengan cinta dari sang ayah, anak perempuan tentu menginginkan sosok seperti sang ayah untuk menjadi teman hidupnya.

Tak hanya itu, tentunya ketika anak perempuan menikah, ia ingin suaminya menjadi sosok ayah yang baik. Oleh karena itu, ayah menjadi pedoman sang anak dalam menemukan sosok pria sejati, suami dan ayah untuk anak-anaknya kelak.

Sudah mencium ayahmu hari ini?

Baca Juga: 5 Alasan Terpendam Ayah Melarang Anak Perempuan Kerja di Luar Kota

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You