Comscore Tracker

Udah Tahu? Ini 5 Jurusan S1 dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2020

Bisa jadi referensi untuk memilih jurusan kuliah, nih!

Salah satu alasan dalam memilih jurusan kuliah adalah peluang kerja serta penghasilan yang nantinya akan didapat. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui jurusan apa saja yang menawarkan pekerjaan dengan gaji yang besar.

Apalagi, setiap tahun gaji mengalami perubahan yang tidak menentu. Lalu, jurusan apa saja yang memiliki gaji besar tahun ini? Yuk simak!

1. Teknologi Informasi

Udah Tahu? Ini 5 Jurusan S1 dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2020usnplash/Annie Spratt

Jurusan dengan gaji tertinggi yang pertama datang dari prodi teknik, yakni jurusan Teknologi Informasi (IT). Berdasarkan US News & World Report yang dilansir cnbc.com, lulusan dari jurusan ini bisa mendapatkan upah kerja hingga Rp2 miliar per tahun. 

2. Desain Produk

Udah Tahu? Ini 5 Jurusan S1 dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2020unsplash/Theme Photos

Meski jarang dikenali, Desain Produk ternyata masuk ke dalam salah satu jurusan yang diprediksi memiliki gaji yang cukup tinggi pada 2020.

Ini disebabkan karena bidang ini mengajarkan keterampilan dalam merancang, menciptakan, mendesain, dan mengembangkan produk, sehingga sangat diminati oleh perusahaan komersial dan industri.

Berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF), gaji yang diterima oleh lulusan jurusan ini berkisar dari Rp6 - Rp30 jutaan per bulan.

3. Teknik Arsitektur

Udah Tahu? Ini 5 Jurusan S1 dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2020unsplash/Daniel McCullough

Selain orang kreatif yang bekerja sebagai desain produk, WEF juga menerangkan jika dalam 4 tahun ke depan, permintaan arsitek dan insinyur semakin meningkat. Karena itu, lulusan dari jurusan Teknik Arsitektur menjadi salah satu jurusan yang sangat dicari.

Gajinya pun terbilang cukup besar, lho! Kisarannya mulai dari Rp7 jutaan hingga Rp70 jutaan per bulan.

Baca Juga: Meski Gaji Menggiurkan, 5 Pekerjaan Ini Menanggung Risiko Besar Lho

4. Teknik Perminyakan

Udah Tahu? Ini 5 Jurusan S1 dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2020unsplash/Alev Takil

Meski industri minyak dan gas dunia bisa naik dan turun, lulusan Teknik Perminyakan punya standar penghasilan yang cukup tinggi. Sebab, menurut hasil survei College Salary Report 2019, pegawai pemula saja bisa mendapat gaji hingga Rp 1,25 miliar per tahun.

Sedangkan bagi karyawan menengah, bisa mendapatkan gaji hingga Rp2,3 miliar per tahun. 

5. Kedokteran

Udah Tahu? Ini 5 Jurusan S1 dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2020Ilustrasi tim medis atau petugas kesehatan. unsplash/Hao Shaw

Sama halnya dengan Teknik Arsitektur, berdasarkan laporan WEF, permintaan dokter pada tahun 2020 akan semakin meningkat. Terutama, dokter spesialis yang dapat bekerja di pelosok daerah.

Inilah yang membuat lulusan kedokteran diperkirakan bisa mendapat gaji mencapai Rp70 jutaan per bulan.

Itulah beberapa jurusan S1 dengan gaji tertinggi di tahun 2020. Namun harus diingat, gaji yang diterima tergantung dari tempat kerja, jabatan, kemampuan, dan status yang kamu miliki. Semangat ya menyelesaikan kuliahmu!

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Gaji Pas-pasan agar Hidup Jadi Lebih Menyenangkan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya