TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Keuntungan Kerja Menulis Lepas untuk Mahasiswa

Isi waktu luang untuk tingkatkan skill dan raih uang ekstra

ilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/George Milton)

Kehidupan mahasiswa sering kali disibukkan oleh perkuliahan dan kegiatan-kegiatan ekstra untuk mengembangkan diri. Kendati demikian, ada sebagian mahasiswa yang kurang tertarik untuk melakoni aktivitas diluar kewajiban berkuliah dan hal-hal yang terkait, sehingga memiliki banyak waktu luang. Kalau waktu ini tidak dimanfaatkan dengan baik, rasanya cukup merugikan berhubung masih muda dan punya beragam potensi hebat dalam diri.

Nah, bagi mahasiswa yang tidak berminat dengan aktivitas non akademik di kampus, sebaiknya coba memanfaatkan waktu luangnya untuk melakoni pekerjaan lepas, seperti menulis.

Meski tampaknya sederhana, tetapi menjadi seorang penulis akan memberikan beragam sisi positif yang bahkan dapat memudahkan kegiatan terkait perkuliahan. Apa saja keuntungan yang bakal diperoleh? Simak penjelasannya dalam artikel ini, ya!

1. Meningkatkan keterampilan menulis

Supaya bisa melakoni kerja sebagai penulis, tentu skill menulis menjadi syarat utama yang harus dimiliki. Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir bila tertarik dengan pekerjaan ini tetapi merasa belum mahir dengan segala hal terkait kepenulisan. Coba saja dulu untuk menjadi seorang penulis lepas.

Ada banyak platform menulis yang bisa kamu temukan dengan mudah. Coba satu per satu sampai kamu menemukan yang paling cocok. Mungkin awalnya kualitas tulisanmu belum seberapa, tetapi bila terus berlatih, maka tentu akan membaik dari waktu ke waktu.

Nah, keterampilan ini pun turut membantu memudahkan dalam mengerjakan beragam tugas kuliah, termasuk skripsi. Bukankah hal ini sangat patut untuk dipertimbangkan?

2. Mengasah kemampuan analisis

Melakoni pekerjaan menulis tidak hanya dituntut untuk bisa merangkai kata-kata dengan baik agar menjadi sebuah tulisan yang menarik. Kamu juga perlu melakukan beragam riset terlebih dahulu, terutama bila harus membuat tulisan yang berkaitan dengan fakta. Semakin banyak bahan yang dimiliki, semakin berisi tulisan yang akan tercipta dan tentunya punya makna besar.

Kabar baiknya, kebiasaan riset yang kamu lakukan demi menyelesaikan tugas menulis tersebut juga sekaligus melatih diri untuk berpikir kritis. Kamu terbiasa membedakan fakta dan informasi yang keliru, mendapatkan beragam pengetahuan baru, dan sebagainya.

Tentu kemampuan tersebut akan turut membuatmu menjadi seorang mahasiswa yang mahir menganalisis dan berkualitas tinggi.

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya