Comscore Tracker

Sudah Tahu Belum Beda Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com? 

Fungsinya sama tapi ada fiturnya beda

Untuk memasak nasi saat ini sudah semakin praktis. Keberadaan penanak nasi elektrik membuatnya jadi mudah.

Tapi kamu menyebut apa penanak nasi itu? Rice cooker, magic jar, atau magic com? Meski sama-sama berfungsi untuk memasak nasi ternyata istilah-istilah ini muncul bukannya tanpa alasan.

Fungsinya memang serupa, tapi ada beberapa perbedaan fitur yang membuatnya dinamai berbeda di Indonesia. Ini penjelasannya.

1. Rice cooker

Sudah Tahu Belum Beda Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com? sunrice.com.au

Rice cooker jadi istilah yang pertama kali dikenal dan paling umum digunakan sebelum muncul istilah magic jar atau magic com. Perusahaan asal Jepang, Mitsubishi Electric, yang pertama kali membuat penanak nasi elektrik menggunakan daya listrik pada 1945.

Saat itu, produknya berupa pot aluminium dengan koil pemanas di dalamnya. Pot dalamnya pun tak terdapat lapisan antilengket. Fungsinya hanya untuk memasak nasi dan tidak dilengkapi fitur pemadaman otomatis apalagi "keep warm". Karena itu, alat ini perlu sering-sering diawasi untuk memastikan nasi tidak gosong setelah matang.

Tapi seiring berjalannya waktu, rice cooker banyak diproduksi oleh perusahaan elektrik lainnya dengan fungsi dan fitur yang terus diperbaharui. Seperti salah satunya memiliki panci antilengket, dilengkapi fungsi mematikan otomatis, dan fitur "keep warm". 

Baca Juga: Mie Tek-tek Rice Cooker ala Yummy, Makanan Spesial ala Anak Kost

2. Magic jar

Sudah Tahu Belum Beda Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com? bonappetit.com

Produk ini populer digunakan hanya di Indonesia pada era 90-an hingga 2000-an. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dulu rice cooker tak dapat berfungsi sebagai penghangat. Karena itu muncul magic jar yang berfungsi untuk menghangatkan saja. Seiring berjalannya waktu, magic jar juga menghangatkan sayuran dan lauk pauk.

Namun, karena saat ini rice cooker sudah punya fitur penghangat, pemakaiannya lebih luas dibandingkan magic jar. Biasanya hanya digunakan untuk segmen tertentu seperti pemilik usaha kuliner misalnya yang butuh nasi tetap hangat dalam waktu lama.

3. Magic com

Sudah Tahu Belum Beda Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com? therecipecritic.com

Alat ini merupakan versi canggih dari rice cooker, karena didesain menjadi alat masak serbaguna. Di Indonesia populer dengan sebutan magic com, tapi banyak yang menggunakan istilah instant pot, smart cooker, atau electric pressure cooker untuk produk serupa.

Magic com memiliki fungsi yang lebih beragam, begitu pula dengan fiturnya. Melalui alat ini, kamu bisa menumis, membuat olahan nasi, sup, mengukus, hingga membuat kue. Bahkan, saat ini ada cooker yang bisa untuk memanggang ayam utuh, layaknya oven atau presto daging. 

Biasanya magic com berukuran lebih besar dan harganya lebih mahal. Ada banyak tombol dengan fitur berbeda-beda yang bisa kamu setting sesuai kebutuhan. Misalnya khusus untuk menanak nasi, membuat sup, atau slow cooking. Nantinya alat tersebut akan menyesuaikan sistem kerjanya seperti pengaturan suhu atau tekanan.

Nah, sekarang tahu, kan beda dan persamaan tiga nama peranti di atas? Kamu biasa menyebutnya apa nih? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Cara Memasak Nasi Putih yang Enak dan Lebih Sehat!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya