Comscore Tracker

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Baru

Masing-masing punya kepercayaan sendiri

Selamat datang tahun 2020. Sebelumnya malam tahun baru sudah dirayakan bersama di seluruh belahan dunia.

Berbagai hal dilakukan sesuai tradisi di kota-kota kamu. Mulai dari sekadar keliling kota, menikmati kembang api, bakar-bakar, karaoke dan lainnya.

Namun tahukah kamu jika di berbagai negara, tradisi tahun baru dirayakan dengan cara berbeda. Unik-unik dan dipercaya membawa keberuntungan dalam menyambut datangnya tahun baru.

1. Mengenakan celana dalam berwarna

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Baruwoodmint.com

Di Italia, menggunakan celana dalam merah dikatakan membawa keberuntungan. Menurut sejarahnya warna itu melindungi “alat” para pria dari penyihir yang berkeliaran di tengah malam dan membacakan mantra.

2. Memecahkan piring

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Barujooinn.com

Di Denmark, orang-orang akan melempari piring lamanya ke pintu rumah tetangga dan keluarga. Semakin banyak piring yang pecah, maka semakin banyak keberuntungan dan teman yang mereka dapatkan di tahun tersebut.

3. Mengisi muka dengan 12 anggur

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Barueconomictimes.indiatimes.com

Sesuai dengan jumlah bel penunjuk tengah malam, di Spanyol kamu akan mencoba memenuhi mulutmu secara langsung dengan 12 anggur untuk mendapatkan keberuntungan. Budaya ini berhubungan dengan kepopuleran anggur di sana.

4. Berbisik kepada hewan

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Baruanhedonicheadphones.blogspot.com

Di malam tahun baru Romania, ada kesempatan kamu akan melihat peternak berbicara kepada hewan-hewannya. Menariknya, jika komunikasi itu tidak dimengerti satu sama lain, berarti keberuntungan menyertaimu. Sebaliknya jika kamu paham dengan  apa yang hewan katakan, itu berarti kamu sial.

5. Tidur dengan yang mati

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Baruflanderstoday.eu

Di Taica, Chile sana, penduduk setempatnya akan tidur di pemakaman kala tahun baru. Dipercaya orang-orang kesayangan yang meninggal akan bangkit dari kubur hanya untuk merayakan tahun baru. Seperti yang kamu lihat di film animasi Coco.

Baca Juga: 10 Tradisi Unik Perayaan Natal di Dunia, Ada yang Rayakan 5 Bulan

6. Menjatuhkan es krim

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Barumycupcakeaddiction.com

Swiss punya budaya yang unik. Umumnya kamu akan berusaha tidak menjatuhkan es krim yang kamu makan, namun di sana saat tahun baru semua orang akan berusaha menjatuhkan makanan itu ke lantai. Dipercaya kegiatan itu akan membawa kesejahteraan ke depannya.

7. Membawa koper

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Barubusinessinsider.sg

Jangan kebingungan dengan orang Kolombia. Tepat pergantian tahun baru, mereka akan membawa kopernya dan akan berlari mengelilingi komplek secepat mungkin. Mereka percaya jika hal ini dilakukan dengan benar, mereka akan melakukan perjalanan di tahun depannya.

8. Menyebarkan bedak talc

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Barugoodhousekeeping.com

Walaupun tidak dirayakan pada 1 Januari, tetapi pada April, tahun baru di Thailand tetap menarik. Mereka akan menyiram orang asing dengan air dan menaburkan bedak talc. Perayaan ini dinamakan Songkran atau dalam bahasa Sansekerta berarti jalan astrologi.

9. Membakar orang-orangan sawah

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Barusmashinglists.com

Para petani di Ekuador akan membakar orang-orangan sawahnya kala malam tahun baru. Orang-orangan itu akan dihias dengan berbagai rupa, seperti politisi, artis dan lain sebagainya. Membakar orang-orangan itu dipercaya menghapuskan kesialan.

10. Pukul-pukulan

Ada yang Pukul-pukulan, 10 Budaya Unik Negara Lain Rayakan Tahun Baruvideo.vice.com

Bagi yang suka bertinju, baiknya menuju Peru ketika tahun baru. Ada perayaan bernama Takanakuy yang berarti “ketika darah mendidih.” Tidak hanya adu jotos, perayaan ini juga diikuti dengan acara menari, minum-minum, makan, dan kegiatan yang biasa kamu lakukan di malam tahun baru.

Bagaimana dengan budaya negara-negara tadi guys? Kamu pasti bingung kan kenapa mereka melakukan itu? Tapi setiap daerah punya tradisinya masing-masing. Selamat tahun baru ya.

Baca Juga: Jadi Kapolda Baru, Martuani Fokus Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya