Comscore Tracker

IWF 2020: Ingin Bikin Lagu Seperti Sal Priadi? Ini 5 Tipsnya

Semua hal bisa jadi inspirasi #HypeIDN

Kenal Sal Priadi? Dia adalah musisi indie tanah air yang berprestasi dengan karyanya. Debut dengan lagu Kultusan pada 2017, kini namanya diperhitungkan para penikmat musik tanah air. 

Salah satu kekuatan lagu Sal adalah liriknya yang bermakna dalam. Tentunya cocok dan berhubungan dengan kehidupan yang kita jalani. 

Lewat Indonesia Writers Festival (IWF) yang diselenggarakan IDN Times pada 26 September 2020, Sal Priadi mengungkapkan tipsnya dalam menulis lagu, nih. 

Penasaran dengan cara Sal membuat lagu yang puitis dan ngena banget? Simak 5 tips ala Sal Priadi di bawah ini, ya!

1. Gak muluk, inspirasi bisa datang dari obrolan sehari-hari

IWF 2020: Ingin Bikin Lagu Seperti Sal Priadi? Ini 5 Tipsnyainstagram.com/ __________saldi

Gak perlu jauh-jauh mencari inspirasi untuk menulis lagu, Sal justru sering mendapatkannya melalui obrolan sehari-hari, lho. Baginya, setiap kata memiliki nyawa sendiri ketika diucapkan oleh orang yang berbeda-beda. 

Misalnya, ketika temannya mengatakan 'cara dia ketawa' di tengah-tengah obrolan mereka, Sal langsung terbayang suasana horor. Ia pun tak tahu mengapa suasana itu yang muncul. Setelah mendapat gambaran itu, Sal akan meluangkan waktu untuk mendalami dan mulai menulis.

2. Harus lebih peka dengan perasaan dalam kata!

IWF 2020: Ingin Bikin Lagu Seperti Sal Priadi? Ini 5 Tipsnyainstagram.com/__________saldi

Cobalah untuk lebih peka terhadap perasaan dalam sebuah kata. Nah, untuk bisa merasakannya, kamu bisa melatih imajinasi dengan membayangkan suatu kejadian yang mungkin terjadi dari sebuah kata.

Bahkan latihan ini bisa dimulai dengan kata 'dilarang merokok', lho. Coba bayangkan kejadian atau suasana apa yang mungkin terjadi dari kata tersebut. Bagi Sal, cara unik seperti ini sangat berguna untuknya dalam melatih kepekaan. Bisa dicoba, nih!

 

Baca Juga: IWF 2020: Ini 8 Tips Menjadi Penulis ala Tsana Penulis Rintik Sedu

3. Mulailah dengan bebas, jangan bebani diri dengan banyak aturan

IWF 2020: Ingin Bikin Lagu Seperti Sal Priadi? Ini 5 Tipsnyainstagram.com/__________saldi

Jangan ciptakan aturan apa pun ketika menulis. Menurut Sal, aturan-aturan inilah yang akan menjadi penghalang dan membatasi diri dalam berkarya. Jadi, menulislah dengan bebas dan lakukan penyesuaian setelahnya. Tentu saja penyesuaian ini dilakukan sebelum karyanya terbit, ya.

Sal juga berpesan untuk tidak menyangkal sebuah kata yang memang pantas untuk berada dalam karya tersebut. Kalau ada sebuah kata yang cocok dan punya kekuatan untuk menyampaikan perasaannya, sah-sah saja untuk digunakan.

4. Beri jarak antara perasaan dan proses kreatif dalam membuat lagu

IWF 2020: Ingin Bikin Lagu Seperti Sal Priadi? Ini 5 TipsnyaSal Priadi dan Alm. Sapardi Djoko Damono (instagram.com/ __________saldi)

Mengutip dari penyair Alm. Sapardi Djoko Damono, Sal mengatakan, dalam berkarya kita harus punya jarak antara perasaan dan proses kreatif. Ketika sedang marah dan dipaksa untuk menulis, maka karya yang dihasilkan hanya berisi amarah.

Jadi, jangan paksakan diri untuk menulis ketika berada dalam perasaan yang tidak memungkinkan. Ketika berada dalam kondisi ini, Sal memilih untuk tidak menulis dan menenangkan diri dengan melakukan hal lain. Saat kondisinya sudah membaik, barulah ia akan menulis dengan latar perasaan itu dan hasilnya akan jauh lebih baik.

5. Stay true to yourself, jujur dalam karya sendiri!

IWF 2020: Ingin Bikin Lagu Seperti Sal Priadi? Ini 5 Tipsnyainstagram.com/ __________saldi

Bagi Sal, poin yang gak kalah penting adalah selalu jujur dalam berkarya. Tanyakan pada diri sendiri kejujuran apa yang ingin ditawarkan dan disampaikan. Ketika sudah menemukannya, tuangkanlah ke dalam karyamu.

Menurutnya, dengan kejujuran akan ada satu bahkan jutaan orang yang mendengar karyamu. Jadi, gak perlu khawatir dan tetaplah jujur dalam berkarya.

Nah, itulah lima tips yang dibagikan Sal Priadi dalam menulis lagu. Semoga tips tersebut bisa membantu kamu untuk mulai berkarya, ya. Jangan berhenti mencoba and you're gonna make it!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruan setiap sesinya di situs kami, idntimes.com, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Nonton KDrama ala Rasyid Baihaqi dari Cine Crib di IWF 2020

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya