Comscore Tracker

10 Lagu Religi Hits yang Penuh Makna untuk Ramadan

Nuansa Ramadan begitu kental terasa

Nuansa Ramadan begitu terasa. Mulai dari berbagai program televisi, iklan-iklan hingga lagu-lagu religi. 

Bicara soal lagu religi akan semakin sering diperdengarkan di berbagai tempat. Baik di televisi, ketika pergi ke toko, mall dan tempat-tempat lainnya.

Dalam dua tahun terakhir, Sabyan Gambus menjadi grup musik yang selalu menyanyikan lagu-lagu religi. Tapi sebelum eranya Sabyan, ada beberapa lagu religi yang mengena dan penuh makna dan terus diperdengarkan saat ini.

1. Ungu - Dengan NafasMu

https://www.youtube.com/embed/GLFAep3KTTY

Dan demi nafas yang telah Kau hembuskan dalam kehidupanku. Ku berjanji, ku akan menjadi yang terbaik. Menjalankan segala perintah-Mu, menjauhi segala larangan-Mu

Terkadang kehidupan berjalan tidak sesuai dengan keinginanmu. Hal tersebut yang bikin kamu kehilangan semangat untuk hidup. Jika sedang merasa sedih atau marah, jangan sampai melakukan hal buruk ya, guys. Saatnya mengadu kepada Tuhan tentang isi hatimu dan melakukan banyak hal positif. 

2. Gigi - Akhirnya

https://www.youtube.com/embed/iigfVgYuqE4

Oh Tuhan, mohon ampun. Atas dosa dan dosa selama ini. Aku tak menjalankan perintah-Mu. Tak pedulikan nama-Mu. Tenggelam melupakan diri-Mu

Manusia tidak luput dari kesalahan. Ketika kamu mendengarkan lagu ini langsung teringat deh, kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat selama hidup. Yuk, selagi masih ada waktu kamu bisa memperbaiki dirimu.

3. Ungu - Andai Ku Tahu

https://www.youtube.com/embed/2HVIwbz39os

Andai ku tahu. Kapan tiba ajalku. Ku akan memohon. Tuhan tolong panjangkan. umurku. Andai ku tahu. Kapan tiba masalku. Ku akan memohon. Tuhan jangan kau ambil nyawaku. Aku takut. Akan semua dosa-dosaku. Aku takut. Dosa yang terus membayangi ku

Band Ungu sering mengeluarkan lagu religi nih. Selain Dengan NafasMu lagu Andai Ku Tahu juga masuk tangga lagu radio-radio di Indonesia selama Ramadan. Lagu ini memberi pesan kepada orang-orang untuk sadar akan pentingnya berbuat baik kepada makhluk hidup. Dengan begitu kamu akan mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan. 

4. Opick - Tombo Ati

https://www.youtube.com/embed/ul6ZiwZ7heQ

Tombo ati iku limo perkarane. Kaping pisan moco Qur'an lan maknane. Kaping pindo sholat wengi lakonono

Lagu yang rilis tahun 2011 ini selalu menjadi peneduh hati dikala hati dipenuhi dengan amarah. Suara syahdu Opick dan lirik lagu Tombo Ati selalu mengingatkan kita akan lima hal yang bisa membuat hidupmu penuh dengan kedamaian.

5. Gita Gutawa - Jalan Lurus

https://www.youtube.com/embed/zCGzrB_S3Is

Jalan lurus sepuluh yang mesti ditempuh. Yang pertama bahwa Allah Maha Esa. Yang kedua Muhammad rasul kita

Remake dari lagu Opick yang berjudul Tombo Ati, bisa dibilang kalau versi yang satu ini cocok buat generasi millennials. Apa saja sih sepuluh jalan lurus yang harus kita terapkan di kehidupan sehari-hari? Coba saja kamu dengar lagunya guys. 

Baca Juga: Dilanda Pandemik Corona, 5 Potret Ramadan Berbagai Negara 

6. Snada - Jagalah Hati

https://www.youtube.com/embed/hOGmdkqUT10

Jagalah hati jangan kau kotori. Jagalah hati lentera hidup ini. Jagalah hati jangan kau nodai. Jagalah hati cahaya Illahi. Bila hati kian bersih. Pikiranpun akan jernih. Semangat hidup nan gigih. Prestasi mudah diraih

Snada jadi salah satu grup vokal religi hits di Indonesia nih guys. Single Jagalah Hati yang rilis pada tahun 2016 ini telah populer di masyarakat. Lagu ini paling pas diputar saat puasa Ramadan agar terus kuat menahan amarah dan hawa nafsu. 

7. Opick - Ramadhan Tiba

https://www.youtube.com/embed/XLunTSk5Z-c

Ramadan tiba semua bahagia. Tua dan muda bersuka cita. Bulan ampunan bulan yang berkah

Jangan lupakan lagu ikonik yang satu ini ya guys. Lagu ini cocok banget kamu dengarkan jelang masuk bulan Ramadan. Ketika mendengarkan Ramadhan Tiba membuat mood kamu menjadi meningkat, mengingat bisa berkumpul bersama dengan keluarga besar. 

8. Opick feat Amanda - Alhamdulillah

https://www.youtube.com/embed/H54KahuviSo

Alhamdulillah wasyukurilah. Besyukur padamu ya Allah. Kau jadikan kami saudara

Opick memang salah satu musisi yang paling sering mengeluarkan lagu-lagu religi. Nah, kali ini Opick berduet dengan Rachel Amanda menyanyikan lagu Alhamdulillah. Lagu ini bercerita tentang setiap manusia yang memiliki karakter berbeda-beda. Keberagaman tersebut membuat dunia terlihat indah. Lewat lagu Alhamdulillah Opick dan Rachel Amanda mengajakmu untuk menerima perbedaan yang ada dan selalu bersyukur dengan pemberian Tuhan. 

9. Wali Band - Tobat Maksiat

https://www.youtube.com/embed/MDNWviGrINE

Ingat mati, ingat sakit. Ingatlah saat kau sulit. Ingat ingat hidup cuman satu kali. Berapa dosa kau buat. Berapa kali maksiat. Ingat ingat sobat ingatlah akhirat

Tidak hanya menulis lagu pop, Wali band juga menghadirkan lagu religi dengan lirik yang simple namun mampu merasuk ke hati. Dalam lagu Tobat Maksiat, sebagai umat muslim diharuskan saling mengingatkan saudaranya untuk menghindari perbuatan-perbuatan buruk. 

10. Afgan - PadaMu Ku Bersujud

https://www.youtube.com/embed/JVZteytrEls

Ampuniku ya Allah. Yang sering melupakanMu. Saat Kau limpahkan karuniaMu. Dalam sunyi aku bersujud. Esok ataukah nanti. Ampuni semua salahku

Rilis di tahun 2008, lagu PadaMu Ku Bersujud pernah menjadi soundtrack dari judul sinetron Annisa yang tayang di SCTV. Afgan rupanya mampu membawakan lagu bertema religi dengan sangat baik nih. Kira-kira selanjutnya Afgan akan ada rilis single religi lagi gak ya?

Mana nih lagu yang sering kamu nyanyikan dan jadi favorit?

Baca Juga: 10 Sinetron Religi yang Identik dengan Ramadan, Ada yang Masih Tayang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya