Comscore Tracker

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat Ini

Hanya Guntur yang enggan terjun ke politik

Bapak Proklamator Indonesia, Sukarno punya banyak keturunan. Beberapa kali menikah, Sukarno punya banyak anak yang turut mengikuti jejaknya terjun ke dunia politik Indonesia.

Salah satunya tentu Megawati Soekarno Putri, Presiden ke-5 Indonesia. Lalu bagaimana kabar anak-anak Sukarno sekarang ini? Yuk, simak kabar terbarunya!

1. Karina Kartika Sari Dewi Soekarno

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat IniInstagram.com/kartikasoekarnofoundation

Merupakan anak semata wayang dari pernikahan Soekarno dan Ratna Sari Dewi. Kartika dibesarkan di Prancis lalu sempat menjadi bekerja di Tokyo dan New York.

Kartika masih disibukkan dengan kegiatannya di Kartika Soekarno Foundation yang berfokus pada pengembangan pendidikan anak Indonesia.

2. Rachmawati Soekarnoputri

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat Ini(Rachmawati Soekarnoputri) IDN Times/Fitang Aditia Budi

Mengikuti jejak sang ayah, Rachmawati sejak lama telah berkecimpung di dunia politik Indonesia. Ia pernah bergabung dengan Partai Pelopor, Partai NasDem dan terakhir ia berstatus sebagai politisi Partai Gerindra.

3. Sukmawati Soekarnoputri

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat IniSukmawati Soekarnoputri ketika hadir di acara FGD bersma Divhumas Polri, Senin (11/11). (Youtube/Divhumas Polri)

Sukmawati juga menggeluti dunia politik seperti kebanyakan anggota keluarganya. Ia merupakan Ketua Umum Partai Nasional Marhaenisme. Sukmawati seringkali mendapat sorotan karena komentar pedasnya yang terbilang kontroversial.

Sukmawati saat ini masih mengikuti proses gugatan terkait aturan Pilpres KPU 2019 yang ia layangkan.

Baca Juga: Kisah Sukarno yang Diasingkan di 7 Penjara Ini, Termasuk di Sumut

4. Guruh Soekarnoputra

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat IniIDN Times/Margith Juita Damanik

Anak bungsu dari pasangan Soekarno dan Fatmawati ini mengambil jalan yang sedikit berbeda dari saudara-saudaranya. Ia lebih condong tertarik di bidang seni.

Guruh beberapa kali memproduksi film dan musik. Meski demikian, ia juga turut berkontribusi sebagai anggota dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

5. Megawati Soekarnoputri

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat IniANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Menjadi satu-satunya anak Soekarno yang sukses mengikuti jejak sang ayah jadi presiden Indonesia. Megawati juga tercatat sebagai presiden perempuan pertama di Indonesia.

Hingga kini, Megawati masih sukses berpolitik. Ia masih aktif menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

6. Totok Suryawan Soekarnoputra

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat IniANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Anak semata wayang dari Soekarno dan Kartini Manoppo ini juga aktif di dunia politik. Totok pernah mencalonkan diri sebagai bupati di Pilkada Sulawesi Utara melalui Partai Perindo.

7. Guntur Soekarnoputra

Kebanyakan Terjun ke Politik, 7 Kabar Anak-anak Sukarno Saat IniANTARA FOTO/Reno Esnir

Kakak kandung dari Megawati, Sukmawati, Guruh dan Rachmawati ini salah satu yang enggan berkecimpung di dunia politik. Padahal semasa kuliah, Guntur dikabarkan seorang aktivis. Saat ini Guntur sedang menikmati masa tuanya di usia 75 tahun bersama keluarga.

Nah, itulah kabar anak-anak Sukarno. Kebanyakan mereka memang masih aktif di dunia politik.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di saat mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Pemimpin yang Pakai Sandal, Kisah Persahabatan Ho Chi Minh dan Sukarno

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya