Comscore Tracker

Maulid Nabi, 4 Film Tentang Kehidupan Rasulullah SAW

Ada yang sudah pernah nonton?

Nabi Muhammad SAW adalah teladan bagi umat Islam. Segala hal tentangnya ada di Alquran dan perkataannya di Hadis. 

Namun satu yang tabu adalah memvisualisasikan sosoknya. Soalnya gak ada orang yang dianggap mampu menyerupai atau layak memerankannya.

Tapi gak berarti tidak ada film tentang Muhammad. Seperti halnya di buku, Muhammad divisualisasikan lewat sebuah lingkaran bertuliskan Muhammad ataupun kalau di film cahaya.

Berikut ini beberapa film tentang Nabi Muhammad SAW yang cocok ditonton saat perayaan maulid. Yuk, simak ulasannya. 

1. Mohammad, Messenger of God

Maulid Nabi, 4 Film Tentang Kehidupan Rasulullah SAWSumber gambar : hurriyetdailynews.com

Film ini disutradari oleh Majid Majidi. Dirinya pernah masuk ke nominasi Oscar. Proses produksi dilakukan di Iran dengan budget hingga 40 juta dolar atau setara 560 miliar rupiah. Majid sendiri mengakui bahwa dia membuat film ini untuk memerangi Islamofobia atau ketakutan terhadap Islam. Film ini ditargetkan akan menjadi kisah dalam bentuk trilogi, dimana seri pertama bercerita soal masa kecil Nabi. Tak ada penampilan fisik Nabi Muhammad SAW di sini. Hanya ditampilkan sosok putih yang bercahaya.
2. The Life of Muhammad
Maulid Nabi, 4 Film Tentang Kehidupan Rasulullah SAWSumber Gambar: ytimg.com
Film ini bukanlah reka ulang kehidupan Nabi Muhammad. Ia adalah film dokumenter yang mencoba menbedah jalan hidup Rasulullah. Sutradaranya adalah Rageh Omaar. Dia membagi film ini dalam tiga bagian; The Seeker, Holy Wars, dan Holy Peace
 
3. Muhammad: The Last Prophet.
Maulid Nabi, 4 Film Tentang Kehidupan Rasulullah SAWSumber Gambar: i.ytimg.com/
Produksi Badr International ini adalah film animasi yang sudah cukup berumur. Film ini disutradari oleh Richard Rich. Muhammad: The Last Prophet diproduksi pada tahun 2002. Kisahnya membahas soal awal kehidupan serta penyebaran agama Islam oleh Rasulullah. Ada tiga babak cerita; Before the Light (kisah awal kakek Nabi Muhammad SAW), Salman the Persians (kisah Salman mencari hidayah), dan Great Woman of Islams (peranan wanita di awal kemunculan Islam).
4. The Message.
Maulid Nabi, 4 Film Tentang Kehidupan Rasulullah SAWSumber Gambar: cinemas-online.co.uk/
Kali ini ada film kawakan yang diproduksi pada tahun 1977 dan disutradari oleh Mostapha Akkad. The Message bercerita mengenai awal kemunculan dan penyebaran agama Islam. Ada dua versi dari film ini, yaitu versi Arab dan Inggris. Versi Arab diluncurkan pada tahun 1976, setahun sebelum versi Inggris. Kerennya lagi, film ini dinominasikan sebagai finalis kategori “Kisah Orisinil Terbaik” di Academy Awards ke 50.
 

Keempat film  adalah film yang dibuat untuk menyebarkan inspirasi dari Nabi Muhammad SAW kepada dunia.

Terlepas dari film, bagi umat Islam, Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang baik, santun dan bijaksana. Beliau adalah teladan yang wajib dicontoh oleh umat Muslim.

Baca Juga: Resep Membuat Tharid, Makanan Arab Kesukaan Nabi Muhammad SAW

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You