Comscore Tracker

Untuk Dikenang! 10 Film Ng Man Tat Si 'Paman' yang Legend dan Kocak 

Selalu kocak bareng Boboho sampai Stephen Cow #IDNTimesHype

Aktor kawakan Hongkong, Ng Man Tat meninggal dunia, Sabtu (27/2/2021) di Rumah Sakit Union, Hong Kong. Melansir Thestandard.com.hk, aktor yang ngetop dengan berbagai film mandarin mulai dari Shaolin Popeye hingga Saolin Soccer ini selama ini berjuang melawan penyakit kanker hati yang diidapnya.

Pria yang sering memerankan sosok paman ini sangat ikonik. Dia terkenal dengan peran yang kocak. Berikut 10 film Ng Man Tat yang akan selalu dikenang.

1. Shaolin Soccer (2001)

https://www.youtube.com/embed/KEWUDWYDdYs

Siapa sih yang gak tahu film laga komedi Shaolin Soccer? Sering diputar di televisi namun kita gak pernah bosan. Ng Man Tat berperan sebagai Fung, pelatih tim sepak bola yang beranggotakan para alumnus perguruan kung fu Shaolin.

Dulunya, Fung dijuluki Kaki Emas karena bakatnya. Namun, ia dibuat cacat oleh seseorang yang mengkhianatinya. Ia pun berusaha membalaskan dendamnya lewat prestasi tim binaannya.

2. Shaolin Popey (1994)

https://www.youtube.com/embed/OqYr9fn2Zv8

Generasi 90-an mungkin paling sering mengenang Paman Ng lewat perannya sebagai guru Boboho di Shaolin Popey. Walau sudah hampir tiga dekade berlalu tapi film ini masih jadi idola kalau tayang di televisi!

Ng Man Tat berperan sebagai biarawan sekaligus pengasuh Boboho dan Xiao Lung. Gak habis-habis tertawa rasanya saat menyaksikan film ini.

 

3. Trouble Maker (1995)

https://www.youtube.com/embed/8iPiQ7QbWlI

Selain itu, Ng Man Tat dan Boboho juga kembali berpartner di film Trouble Maker. Gak cuma lucu, Paman Ng juga punya sisi melankolis di sini.

Ia dikisahkan jatuh cinta pada seorang gadis penjual bunga yang tunanetra. Masih ingat gak ceritanya?

 

4. Fight Back to School (1991)

https://www.youtube.com/embed/QO9Tkh9MHds

Gak bisa dipungkiri, nama Ng Man Tat dan Stephen Chow pernah hampir tak bisa dipisahkan. Mereka sukses dengan franchise film Fight Back to School yang beken di era 90-an.

Stephen Chow berperan sebagai polisi yang menyamar kembali jadi anak SMA. Ia pun mendapat partner Paman Man Tat dalam proses penyelidikan tersebut. 

5. God of Gamblers (1989)

https://www.youtube.com/embed/hRH6m3IBXn0

Film legendaris yang diperankan Chow Yun Fat dan Andy Lau ini juga diramaikan kehadiran Ng Man Tat. Perpaduan drama dan laga, Paman Man Tat seolah jadi bumbu komedi yang gak bisa dipisahkan dari God of Gamblers.

Baca Juga: 5 Fakta Meninggalnya Ng Man Tat, Si 'Paman' Boboho dan Guru Shaolin

6. The God of Cookery (1996)

https://www.youtube.com/embed/c5U769Ey9ak

Ini juga salah satu film komedi Mandarin favorit generasi 90-an. Ng Man Tat berkolaborasi dengan Stephen Chow untuk The God of Cookery.

Karier seorang chef profesional hancur dalam semalam. Ia pun harus kembali membangun reputasinya dan belajar dari pedagang makanan kaki lima.

7. A Better Tomorrow II (1987)

https://www.youtube.com/embed/Xp-VDwhtg4c

Film legendaris ini populer banget di kalangan pencinta film Hong Kong. Lagi-lagi Ng Man Tat berkolaborasi dengan Chow Yun Fat di sini.

Film tentang polisi dan gangster ini jadi salah satu yang paling ikonik di industri perfilman Asia.

8. Hail the Judge (1994)

https://www.youtube.com/embed/cwARkgqIZYc

Duet Paman Man Tat dan Stephen Chow begitu sukses di dunia perfilman Hong Kong. Mereka kembali tampil apik dalam Hail the Judge.

Film ini mengisahkan seorang hakim korup yang hatinya berubah ketika melihat seorang wanita menjadi korban fitnah. Perjuangannya dan asistennya membela yang benar gak hanya seru tapi juga kocak.

9. Royal Tramp (1992)

https://www.youtube.com/embed/5fOOsbXHgOI

Masih ber-setting kerajaan masa lalu, Royal Tramp juga menunjukkan duet kocak keduanya. Film yang diangkat dari novel The Deer and the Cauldron ini jadi salah satu dari lima film terlaris di Hong Kong pada kala itu!

10. A Chinese Odyssey

https://www.youtube.com/embed/ZPri1X1RVeo

Berkisah tentang petualangan Sun Gokong ke Barat, Ng Man Tat kembali menyumbang sisi humorisnya dalam film laga A Chinese Odyssey dan sekuelnya. Di sini Stephen Chow berperan sebagai Gokong, sementara Paman Man Tat sebagai Pat Kai. 

Itulah film-film yang dibintangi Ng Man Tat. Si Paman ini akan selalu dikenang, terutama generasi 90-an karena film-filmnya ikut mewarnai masa kecil.

Baca Juga: Kangen Banget, 7 Film Boboho yang Populer di Tahun 90an

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya