Comscore Tracker

Spiderman Diperankan 3 Sosok Berbeda, Mana yang Terbaik?

Dari Tobey Maguire, Andrew Garfield dan Tom Holland

Dalam waktu 15 tahun sudah dirilis Tujuh film Spider-Man. Namun diperankan dengan tiga sosok berbeda. 

Diawali Tobey Maguire yang memerankan sang tokoh laba-laba lewat tiga seri Spider-Man. Selanjutnya ada Andrew Garfield yang memerankan dua seri Spider-Man. Teranyar ada Tom Holland yang akan memerankan Spider-Man di dua seri yakni Spider-Man: Home Coming dan Spider-Man: Far from Home.

Lantas dari ketiga versi Spiderman yang sudah ada, mana yang paling bagus?

Siapa yang bisa melupakan sosok Tobey Maguire? Citranya hampir tak bisa dipisahkan dari Spiderman.

Spiderman Diperankan 3 Sosok Berbeda, Mana yang Terbaik?dok. Columbia Pictures

Tak bisa dipungkiri, Spiderman pertama versi Tobey Maguire adalah Spiderman yang paling melekat di kepala kita, terutama para generasi 90-an. Bahkan sampai sekarang, ketika menyebut Spiderman, kamu tentu masih akan teringat soal wajah Tobey. Namanya juga pelopor, bakal susah untuk dilupakan.

Spiderman versi Sam Raimi adalah salah satu film superhero yang membuka jalan bagi trend film superhero modern di era millennials. Begitu pula Tobey Maguire, ia menjadi standar harus sekeren apa para aktor pemeran superhero masa kini. Meski begitu banyak yang merasa Spiderman versinya terlalu angsty alias murung. Selain itu sejumlah fakta seperti penembak jaring (web-shooter) juga tidak sesuai dengan versi asli di komik.

Andrew Garfield memberi efek segar sebagai Spiderman yang cool dan asik.

Spiderman Diperankan 3 Sosok Berbeda, Mana yang Terbaik?dok. Sony Pictures

2012 Andrew Garfield resmi menggantikan Tobey Maguire sebagai Peter Parker dalam reboot the Amazing Spider-Man. Peter Parker versi Andrew sukses di pasaran meskipun sempat diwarnai perdebatan di antara fans yang susah move on. Di tangan Andrew, sang manusia laba-laba jadi sosok yang lebih cool, riang. Web-shooternya juga kembali sesuai dengan versi komik, yaitu lewat perangkat khusus buatan Peter Parker.

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting Spider-Man: Far From Home, Keren Tempatnya

Meski begitu masih ada saja yang menyayangkan dangkalnya konflik yang dialami Spiderman versi Andrew Garfield. Kritikus merasa tidak ada perbedaan signifikan antara ketika jadi Peter Parker dan Spiderman yang menjadi ciri utama dari tokoh tersebut. Adegan aksi di film-film The Amazing Spider-Man juga disebut-sebut kurang greget bila dibandingkan pendahulunya.

Tom Holland mewakili perasaan para penggemar setia Spiderman, penonton bisa bersimpati dengan Peter Parker yang ia perankan.

Spiderman Diperankan 3 Sosok Berbeda, Mana yang Terbaik?dok. Marvel Studio

Tom Holland juga sempat diragukan saat pertama kali diumumkan menjadi Peter Parker yang baru. Usianya masih sangat belia, namanya di dunia hiburan juga belum setingkat selebritis macam Tobey maupun Andrew. Namun dengan keluarnya Spider-Man: Homecoming ia berhasil membuktikan kompetensinya sebagai Peter Parker dan menuai reaksi positif.

Peter Parker versi Tom Holland lebih mengikuti versi asli dari komik. Mulai dari petualangannya di usia remaja sebagai friendly neighborhood Spiderman, usahanya membuktikan diri bahwa ia pantas menjadi pahlawan, perbedaan karakternya saat jadi Spiderman dan Peter Parker. Banyak kritikus yang memuji Spiderman versi Tom Holland. Fans pun menyebutnya karakter yang "kita banget" artinya, kita bisa bersimpati dengan apa yang dirasakan sang superhero. Kostum dan pernak-pernik yang dikenakan Spiderman terbaru juga lebih sesuai dengan versi asli komik.

Setiap versi Spiderman punya kelebihan sendiri-sendiri tapi...

Spiderman Diperankan 3 Sosok Berbeda, Mana yang Terbaik?dok. Columbia Pictures & Sony Pictures

Tergantung kamu melihatnya dari sudut mana, masing-masing versi dari tiga aktor berbeda ini punya kelebihan sendiri-sendiri. Namun, gak bisa dipungkiri ada yang terbaik di antara yang terbaik. Faktor selera subjektif juga berperan sih dalam menentukan Spiderman versi terbaik ini. Tapi rasanya pantas deh kita menyebut Tom Holland berhasil membawa tokoh Spiderman dengan sangat apik di film terbarunya; Spider-Man: Homecoming.

Ceritanya seru, perkembangan karakternya menarik, apalagi banyak banget humor-humor menyegarkan di sana. Di film ini lah status Spiderman dalam universe Avengers mulai "dikokohkan" lho, jadi banyak fanservice deh buat para penggemar Marvel! Sudah nonton? Oh iya, kalau menurut kamu, siapa nih Spiderman terbaik di antara ketiganya?

Baca Juga: 9 Fakta Tom Holland yang Dianggap Pemeran Spiderman Paling Sempurna

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya