Comscore Tracker

Hijrah untuk Dalami Agama, 5 Artis Ini Kini Jadi Ustaz

Fokus berjuang di jalan agama

Hijrah berarti berpindah. Demi niat mendalami agama dan menjadi orang yang lebih baik, para artis ini memutuskan meninggalkan gemerlapnya dunia selebritis. Tinggalkan harta dan popularitas yang diinginkan banyak orang.

Mereka memutuskan untuk berdakwah menyiarkan ajaran agama. Bukan keputusan yang mudah, tapi artis-artis ini membuktikan jika mereka mampu melakukannya. Kini mereka dikenal sebagai ustaz atau pendakwah. Siapa saja mereka?

1. Derry Sulaiman, mantan gitaris band metal Betrayer

Hijrah untuk Dalami Agama, 5 Artis Ini Kini Jadi UstazInstagram.com/derrysulaiman

Penggemar musik metal tanah air harusnya gak asing lagi dengan sosok Derry Betrayer. Dahulu kehidupannya jauh dari agama. Ia pun mengaku sempat ingin membentuk band yang lebih gila dan jauh dari berbagai aturan. 

Namun, setelah dinasihati oleh seniornya, Irfan ROTOR, perlahan tapi pasti Derry mulai membuka dirinya menuju jalan agama. Ia pun tak hanya berhijrah tapi juga mendedikasikan hidupnya sebagai ustaz. Meski sudah jadi pendakwah, Derry tak mengharamkan musik metal selama pendengar tetap mengutamakan ibadah. 

2. Irfan Sembiring, mantan gitaris band rock ROTOR

Hijrah untuk Dalami Agama, 5 Artis Ini Kini Jadi UstazInstagram.com/irfansembiring_rotor

Irfan Sembiring dikenal juga sebagai Irfan ROTOR merupakan gitaris band metal legendaris Indonesia. Band yang digawanginya terkenal cadas dan sangat populer pada masanya. ROTOR yang pernah jadi band pembuka untuk konser Metallica di Jakarta (1993) ini juga sempat dapat kesempatan berkarier di Amerika Serikat.

Sejak 1997 serangkaian kegagalan dan kepergian sahabatnya membuat Irfan Sembiring mengevaluasi kembali kehidupannya. Ia pun tergerak untuk berhijrah setelah melihat nama Nabi Muhammad SAW ada di peringkat satu dalam buku 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia tulisan Michael Hart. Saat ini Irfan Rotor mengabdikan hidupnya untuk berdakwah. 

Baca Juga: Luas Banget, 10 Potret Rumah Mewah Ustaz Yusuf Mansur

3. Sakti alias Salman Al Jugjawy, mantan gitaris Sheila on 7

Hijrah untuk Dalami Agama, 5 Artis Ini Kini Jadi UstazInstagram.com/salman_al_jugjawy

Nama Sakti Sheila on 7 sempat jadi salah satu gitaris paling dielu-elukan pada era 90-an akhir. Bersama Eros, Duta, Adam, dan Anton, sosoknya pernah merajai tangga lagu di seluruh tanah air. Sejak 2006, Sakti memilih mundur dari band yang memberinya popularitas dan kekayaan tersebut.

Ia kemudian berhijrah dan mendalami agama sehingga bertransformasi menjadi ustaz. Pria yang sekarang dikenal dengan nama Salman Al Jugjawy ini juga mengembangkan bisnis kuliner hingga layanan umrah sebagai mata pencaharian. Walau telah hijrah, ia tidak meninggalkan dunia musik. Sakti sempat merilis album religi berjudul Islam Itu Indah (2010) di bawah label pribadinya, Al- Jugjawy Records.

4. Ombat Nasution, vokalis band metal Tengkorak

Hijrah untuk Dalami Agama, 5 Artis Ini Kini Jadi UstazInstagram.com/abuskull

Mohammad Hariadi Nasution selama ini lebih dikenal sebagai Ombat Nasution, penggagas band metal Tengkorak. Di balik kecadasannya, Ombat ternyata juga merupakan seorang pengacara kasus terorisme dan seorang pendakwah. Yang unik, ia berdakwah melalui media musik cadas tadi.

Dahulu band Tengkorak tak bedanya dengan band-band beraliran serupa yang lekat dengan citra anti ketuhanan. Namun, seiring dengan perjalanan spiritual yang dialaminya, Ombat pun mulai mengalihkan musiknya untuk menyiarkan agama dan kebaikan.

5. Akrie Patrio, aktor dan komedian yang juga aktif berdakwah

Hijrah untuk Dalami Agama, 5 Artis Ini Kini Jadi UstazInstagram.com/ustadzakriepatrio

Muhammad Akri Falaq selama ini populer dengan julukan Akri Patrio. Ia merupakan aktor dan komedian anggota grup lawak Patrio yang sangat beken bahkan hingga saat ini. Bedanya, ketika Eko sibuk terjun ke dunia politik, dan Parto semakin aktif sebagai pengisi berbagai program komedi; Akri memilih untuk beralih sebagai ustaz.

Akri masih aktif berakting di sejumlah sinetron religi, ia pun rajin tampil di layar kaca namun tak lagi sebagai pelawak belaka melainkan sebagai seorang pendakwah. Dengan pengalamannya ia mampu menyiarkan ajaran agama dengan balutan canda.

Itulah para selebriti yang kini lebih dikenal sebagai pendakwah. Semoga terus istiqamah berjuang di jalan agama.

Baca Juga: Mesra Banget, 10 Potret Terbaru Ustaz Ahmad Alhabsyi dan Istri Kedua

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya