TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Jacky Raju Sembiring, Bawa Kulcapi 4 Senar di Panggung IGT 2023

Jacky bawa misi membumikan budaya musik Karo

Jacky Raju Sembiring, seniman kulcapi empat senar akan berkompetisi di Indonesia's Got Talent 2023. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Karo, IDN Times – Karo menjadi salah satu Etnis di Sumatra Utara yang kaya akan budaya. Salah satu yang menjadi ciri khas Karo adalah musik tradisionalnya.

Gempuran modernisasi menjadi tantangan. Berpotensi memunahkan kekayaan budaya musik Karo.

Adalah Jacky Raju Sembiring. Seorang millennnials asal Karo yang kini konsisten memopulerkan musik Karo. Dia memilih kulcapi sebagai media sosialisasi budaya Karo. Bukan kulcapi dua senar yang biasa dipakai. Melainkan, empat senar yang diciptakannya dari buah pemikiran panjangnya.

Kini Jacky tengah berjuang Indonesia’s Got Talent (IGT) 2023. Ajang pencarian bakat yang tengah populer di Indonesia. Misi Jacky sederhana, dia ingin budaya Karo dikenal masyarakat luas.

Simak penuturan Jacky:

1. Ikut IGT berkat dorongan istri, kini berjuang di sesi Judge Cut

Jacky Raju Sembiring unjuk kebolehan memainkan kulcapi empat senar di depan teman-temannya, di Warung Kopi Tiga Perwira, Karo, Sabtu (27/5/2023) malam. Dalam waktu dekat, Jacky akan berkompetisi di Indonesia's Got Talent 2023. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Jack (baca: Jek) –sapaan akrabnya— bercerita kepada IDN Times bagaimana dirinya sampai bisa ikut dalam kompetisi IGT 2023. Laki-laki kelahiran 1992 ini tidak pernah berpikir untuk mengikuti kompetisi IGT. Kata dia, sang istri yang mendorongnya untuk mengikuti IGT 2023.

“Ini dorongan istri, untuk ikut IGT. Saya ikuti, saya kemudian buat video. Jalurnya melalui online. Kemudian diterima sama eksekutif produser. Dan dilihat untuk tampil,” kata Jack disela diskusi yang dihelat Warung Kopi Tiga Perwira di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sabtu (27/5/2023) malam.

Dalam beberapa waktu ke depan, Jack akan kembali ke Jakarta. Dia akan menjalani masa karantina sebelum perform untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

2. Jack membawa misi pelestarian budaya Karo lewat musik

Jacky Raju Sembiring (kiri) berdiskusi seputar kulcapi Karo dengan teman-temannya pegiat budaya di Karo. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Jack membocorkan sedikit rencana penampilannya nanti. Dia akan melibatkan Ndikkar: silat tradisional Karo, sebagai bagian pertunjukannya. Dipadu lagi dengan gundala-gundala (tarian pemanggil hujan) Karo.

Dia juga tengah mengemas komposisi musik kulcapi yang bercerita tentang Gunung Sinabung untuk ditampilkan di panggung IGT.

“Kita tahu, Sinabung bukan hanya bencana orang Karo. Tapi ini bencana dunia. Kita gak tahu kapan berhentinya. Tidak ada kepastian. Musik ini menjadi doa,” kata Raju.

Di dalam IGT 2023, Jack juga membawa misi. Dia ingin memperkenalkan musik kulcapi sebagai bagian budaya Karo. “Mudah-mudahan bisa membuat Budaya Karo di nusantara semakin dikenal,” katanya.

Baca Juga: Dedi Sinuhaji Serahkan Beasiswa BRIN pada Civitas Akademika di Medan

Berita Terkini Lainnya