Comscore Tracker

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan

Kalau gak sadar, bahkan bisa jadi penyebab perceraian

Gairah berhubungan badan selalu menjadi problema bagi pasangan suami istri (Pasutri).

Banyak kasus pertengkaran lantaran salah satu pasangan tidak merasa bergairah di ranjang.

Perlu diketahui ada banyak alasan mengapa gairah tersebut menurun. Berikut ini adalah beberapa kemungkinannya.

1. Hormonmu tidak stabil

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanwomenshealthmag.com

Jika sebagai pria kamu kehilangan gairah untuk berhubungan seksual, bisa jadi penyebabnya adalah tubuhmu rendah testosteron. Adapun gejala lain yang turut dirasakan karena masalah ini adalah merasa lemah dan kenaikan berat badan yang tidak jelas. Masalah ketidakstabilan hormon ini juga dirasakan oleh wanita lho.

Baca Juga: Jangan Takut Dingin, Ini 9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan

2. Minum obat

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanfda.gov

Entah kamu salah minum obat atau memang itu salah satu pengaruh obat tersebut, obat bisa menjadi pengaruh kenapa kamu tidak bergairah. Obat kanker, opioid, obat anti kecemasan, anti jamur, semua tipe obat tersebut berkesempatan untuk merendahkan hormon testosteronmu serta gairah seks.

3. Mendapat depresi

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanunilad.co.uk

Lemasnya alat kelaminmu juga bisa dikaitkan karena masalah mental. Depresi dapat mempengaruhi tingkat hormon dopamin dan serotonin hingga menyebabkan kamu tidak mood untuk melakukan sesuatu. Solusi untuk mengatasi ini adalah minum obat antidepresan, namun itu juga mengurangi kualitas libidomu.

4. Menuju menopause

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanhealthywomen.org

Untuk wanita yang berada di umur 40 hingga 60 tahun, hampir dipastikan adanya penurunan nafsu seks yang dikarenakan memasuki fase menopause. Menopause menyebabkan para wanita memiliki kadar estrogen yang rendah hingga menyebabkan mood tidak teratur.

5. Kekurangan vitamin atau mineral

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanthemarketfact.com

Diet tak teratur dan tak seimbang dapat menurunkan kadar vitamin dan mineral di dalam tubuh. Padahal zat besi, iodin dan folat ada di dalam dua hal tersebut yang mana sangat penting dalam mempertahankan gairah seks.

6. Ada masalah tiroid

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanwomenshealthmag.com

Tiroid adalah salah satu kelenjar di tubuh yang juga memproduksi hormon tiroid. Gangguan pada tiroid sering kali ditunjukkan dengan gejala kelelahan, lemas, sensitif terhadap rasa dingin, kulit kering dan berat tubuh naik. Karena tiroid sanga penting untuk menjaga sistem tubuhmu, jelas sedikit banyak gangguan terhadap bagian itu akan mempengaruhi gairah seks.

7. Kualitas tidur yang kurang

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatandoctorvirtual.clinic

Kurang tidur membawamu ke kondisi lemas dan lelah, dan itu akan menurunkan mood untuk berhubungan badan dengan pasanganmu. Libido juga akan terkena dampaknya dan menyebabkan produksi hormon testosteron menurun.

8. Adanya penyakit di tubuhmu

Kurang Gairah Berhubungan Seks? Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanmedicalnewstoday.com

Untuk kasus langka, bisa jadi tubuhmu memiliki gangguan kesehatan yang tak tampak. Diabetes, kanker, penyakit autoimun adalah beberapa contohnya. Karena itulah menjaga tubuh tetap sehat adalah kunci untuk menjaga gairah seksualitasmu.

Itulah beberapa penyebab mengapa kamu bisa memiliki nafsu seks yang rendah. Jika memiliki gejala lain yang tidak umum, segeralah cek ke dokter. Periksakan kondisi tubuhmu dan mintalah resep berdasarkan hasil analisis dokter. Ingat, kamu berhak untuk mendapatkan kehidupan ranjang yang menawan.

Baca Juga: Selalu sama Pacar? Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Traveling Sendirian 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya