Comscore Tracker

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!

Jangan-jangan kamu mengalami salah satunya...

Film The World of The Married merupakan drama psikologis yang sangat populer. Sejumlah kondisi psikologis dan penyakit mental tersaji dalam drama Korea ini.

Sebenarnya masih sangat banyak penyakit mental yang bertebaran di seluruh dunia. Ini 15 di antaranya yang sangat mengerikan.

1. Walking Corpse Syndrome.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.businessinsider.com

Bukan berarti kamu yang ngerasa “capek mampus” adalah penderita gangguan ini ya. Penderita walking corpse syndrome merasa dirinya sudah meninggal, atau bahkan sebenarnya tidak ada di dunia. Ia dapat mengira dirinya hantu yang belum move on dari dunia nyata. Salah satu penyebabnya bisa dari depresi dan kurang tidur lho. Hayo, anak skripsi hati-hati deh. #eh

2. Alice in Wonderland Syndrome.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: moviepilot.com

Kok keren-keren ya, namanya. Ini adalah gangguan visual neurologis dimana seseorang melihat objek-objek jauh lebih kecil dan jauh dari seharusnya. Contohnya, mobil bisa dilihat berukuran sebesar kucing saja. Bukan matanya yang sakit, tapi otak penderita yang salah menginterpretasi informasi dari mata.

3. Self-Cannibalism (Lesch-Nyhan Syndrome).

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.odermatol.com

Dari namanya aja pasti udah tahu kan. Gangguan ini membuat seseorang cenderung beraktivitas yang menyakiti bahkan memakan bagian tubuhnya sendiri.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.lesch-nyhan.nl

Dalam 60 persen kasus,  gigi pasien harus dihabiskan untuk mencegah mereka menggerogoti lidah, bibir, dan pipi mereka sendiri.

4. Erotomania.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.cherrychapman.com

Kalau kita sering kege’eran dan mengira bahwa gebetan kita juga suka sama kita, kayaknya kita perlu hati-hati keterusan jadi erotomania. Penderita ganggauan ini memiliki kepercayaan bahwa seseorang dengan status sosial yang tinggi (seperti artis) jatuh cinta berat sama mereka. Mereka bisa berkata bahwa figur tersebut mengirim “kode-kode” lewat sinyal, telepati, atau pesan yang mereka sampaikan di media. Bahkan meski sang figur pada akhirnya menolak dia mentah-mentah pun, dia tidak akan mudah dijatuhkan karena kepercayaan yang ia pegang begitu kuat.

5. Lycantrophy.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Kamu pernah mimpi jadi hewan? Hati-hati. Para ilmuwan memperkirakan mimpi jadi hewan merupakan salah satu asal-usul timbulnya gangguan ini. Penderitanya mempercayai bahwa dirinya adalah hewan, atau telah diubah menjadi hewan.

6. Alien Hand Syndrome.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: greymattersjournal.com

Ini agak horor. Penderita gangguan ini memiliki sebuah tangan yang bergerak di luar kendali otaknya. Seseorang dapat mengambil barang dengan sebuah tangan dan “tangan alien”nya merebut lalu membuang barang itu. Bahkan, tangan ini bisa mencekik leher penderitanya sendiri. Seram ya. 

7. Synesthesia.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Ini yang keren. Kelainan ini membuat indera-indera seseorang berkolaborasi. Misal, seseorang dapat mendengar suara dan menangkap warna dari suara tersebut. Kelainan ini memungkinkan seseorang melihat suara dan mendengar gambar. Keren! Pengalaman dari penyakit ini biasanya membuat seseorang dapat menciptakan karya seni. Contoh terkenalnya? Pharrel Williams dan Lady Gaga.

8. Foreign Accent Syndrome.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: testtube.com

Pernah kebayang nggak suatu hari bangun dan ketika mencoba berbicara, kamu mengucapkan bahasa Indonesia dengan logat British? Nah, seperti itu gambarannya. Seseorang tetap berbicara dengan bahasa sehari-harinya, namun mengalami perubahan logat. Sampai saat ini, penyebab dan penyembuhan dari gangguan ini sedang diidentifikasi. Seru nih kayaknya kalau cuman buat ngerjain temen sehari aja. #eh

9. Capgras Delusion.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.themedicalbag.com

Membuat seseorang berpikir bahwa anggota keluarga atau pasangan mereka telah digantikan oleh orang lain yang memalsukan identitas. Ia dapat percaya bahwa orang tersebut telah diculik atau meninggal, dan akan berubah sikap dengan mereka karena kepercayaan tersebut.

10. Fregoli Delusion.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.blastr.com

Ini saudaranya. Penderita percaya bahwa beberapa orang berbeda sebenarnya adalah orang yang sama yang sedang menyamar.

11. Reduplicative Paramnesia.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: nadiyaintan15.blogspot.com

Penderita percaya bahwa sebuah tempat atau lokasi telah diduplikasi, berada di dua tempat sekaligus, atau dipindahkan ke tempat lain.

12. Bibliomania.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.flickr.com

Bisa diibaratkan hobi membaca buku versi alay. Penderitanya dapat membeli sebuah buku yang sama berkali-kali dalam jumlah yang besar.

13. Exploding Head Syndrome.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.thedailybeast.com

Penderita secara berkala merasa terjadi suara ledakan yang keras dari dalam kepalanya. Pasti stress, ya.

14. Factitious Disorder.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: divorcelawyerchronicles.com

Hal yang paling menyenangkan dari sakit memang diperhatikan orang lain, ya. Tapi nggak gitu juga. Penderita gangguan ini terobsesi dengan sakit.  Mereka senang membuat diri mereka sakit atau berpura-pura sakit untuk mencari perhatian. 

15. Depersonalization Disorder.

Ngeri! Ini 15 Penyakit Mental Paling Aneh di Dunia!Sumber Gambar: www.pro.org

Penderita percaya bahwa ia tidak sedang berada dalam dirinya sendiri, dan hidupnya hanyalah mimpi atau film belaka. Ia juga tidak merasa bahwa segala sesuatu adalah nyata. Penderita dapat diyakinkan bahwa mereka sakit, namun tidak dapat lepas dari perasaan tersebut.

Itulah beberapa penyakit mental paling aneh di dunia!

Baca Juga: Bikin Baper Banget, 24 Ilustrasi Kisah Cinta Para Pejuang LDR

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya