Comscore Tracker

Yuk Kenali 5 Gangguan Mental dalam Drakor The World of the Married

Mungkin kamu mengalami salah satunya!

Drama Korea 'The World of the Married' sudah tamat. Dari episode 1-16 sangat mengaduk-aduk emosi penonton. 

Lantas, apabila diperhatikan baik-baik, sesungguhnya banyak karakter dalam drama yang punya gangguan mental lho! Penasaran apa saja? Berikut daftarnya!

1. Narcissistic personality disorder (Narsistik)

Yuk Kenali 5 Gangguan Mental dalam Drakor The World of the Marriedinstagram/jtbcdrama

Gangguan mental pertama adalah narsistik (Narcissistic personality disorder) yang dipercaya dimiliki Tae Oh. Orang dengan narsistik menganggap dirinya sangat penting sehingga harus dikagumi semua orang. Akhirnya, ia kerap menunjukkan sifat egois juga obsesi.

Dalam drama, sisi egois dan obsesi Tae Oh amat sangat terlihat. Ia bisa berselingkuh dan menguras harta Sun Woo. Ketika akhirnya bercerai, Tae Oh pun tetap terobsesi dengan Sun Woo. Ia tidak mau membiarkan mantan istrinya tersebut direbut orang lain, padahal dia sudah menikah dengan selingkuhannya. Waduh!

Baca Juga: Korban Pelakor di KDrama, 10 Potret Bahagia Kim Hee Ae dan Suami Asli

2. Post-traumatic stress disorder (PTSD)

Yuk Kenali 5 Gangguan Mental dalam Drakor The World of the Marriedinstagram/jtbcdrama

Gangguan post-traumatic stress disorder (PTSD) adalah gangguan mental akibat pengalaman traumatis yang pernah dialami atau disaksikan langsung oleh seseorang. Gangguan ini membuat seseorang kerap berpikiran negatif, gelisah, dan emosi.

Dalam drama, Sun Woo diceritakan pernah menyaksikan kecelakaan yang menimpa Ibunya. Pengalaman ini ternyata menimbulkan trauma tersembunyi yang membentuk kepribadian Sun Woo. Gak heran kalau ia jadi mudah emosi, gelisah, dan banyak berpikir negatif saat suaminya diduga berselingkuh.

3. Kleptomania

Yuk Kenali 5 Gangguan Mental dalam Drakor The World of the Marriedtwitter.com/dramalatte

Kleptomania adalah gangguan mental yang membuat seseorang tidak dapat menahan diri untuk mengutil atau mencuri. Gangguan ini dialami oleh Joon Young akibat rusaknya rumah tangga Ayah Ibunya.

Sejak ia tahu Ayahnya berselingkuh, ia terus-terus merasa gelisah karena takut orangtuanya bercerai. Rasa gelisah dan takutnya ini akhirnya memunculkan gangguan kleptomania. Ia kerap mencuri barang teman-temannya.

4. Obsessive Love Disorder (OLD)

Yuk Kenali 5 Gangguan Mental dalam Drakor The World of the Marriedkoreaboo.com

Selanjutnya adalah Obsessive Love Disorder (OLD) yang dimiliki Park In Kyu. Gangguan ini membuat seseorang terobsesi untuk memiliki orang yang ia cintai. Saking terobsesinya, ia bisa bertindak kejam dan ekstrem agar orang yang ia cinta tunduk kepadanya.

Dalam drama, kita bisa melihat jelas bahwa In Kyu berkali-kali melakukan kekerasan pada pacarnya, Hyun Seo. Ketika akhirnya Hyun Seo pergi, In Kyu tetap memata-matai sang kekasih. Ia bahkan juga menyerang orang-orang terdekat Hyun Seo agar kekasihnya tersebut tunduk padanya. Seram, ya!

5. Stockholm Syndrome

Yuk Kenali 5 Gangguan Mental dalam Drakor The World of the MarriedInstagram.com/jtbcdrama

Setelah membahas In Kyu, kita juga bisa membahas Hyun Seo. Meski ia mendapat kekerasan, ia tetap bertahan dengan pacarnya atas dasar cinta. Menurutnya, sang kekasih sesungguhnya orang yang baik dan ia bisa mengubah sifat jelek kekasihnya tersebut.

Dari tingkah Hyun Seo ini, dapat disimpulkan bahwa ia menderita gangguan mental stockholm syndrome. Gangguan ini membuat seseorang simpati kepada orang yang melakukan kekerasan kepadanya. Akhirnya, seseorang cenderung setia dan rela diperlakukan kasar tanpa memikirkan efek buruk pada dirinya.

Itulah 5 gangguan mental yang terdapat dalam drama 'The World of the Married'. Apakah kamu mengalami salah satunya?

Baca Juga: Heboh! Cewek Medan Ini Mirip So Hee Pelakor The World of The Married

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya