Comscore Tracker

Bukan Mitos, Ini Alasan Salak Ampuh untuk Obati Diare

Salak mengandung tanin

Diare merupakan penyakit yang berbahaya. Gejalanya saat feses terlihat lebih cair dari biasanya. Hal ini karena ada gangguan di pencernaan terutama usus. Jika dibiarkan selama berhari-hari, penderita bisa mengalami dehidrasi. 

Untuk mengobatinya berbagai macam obat tersedia. Namun tak mesti minum obat, kamu juga bisa mengobatinya dengan alami. Seperti makan buah. 

Nah, buah apa sih yang bisa mencegah atau mengobati diare? Salak jawabannya. Ternyata bukan mitos ya kalau buah yang sering disebut snake fruit ini memang ampuh.

1. Salak mengandung tanin untuk mencegah diare

Bukan Mitos, Ini Alasan Salak Ampuh untuk Obati DiareUnsplash.com/Free To Use Sound

Dilansir dari Halodoc, buah salak memang bisa mengobati diare. Ada kandungan tanin yang dapat digunakan sebagai anti diare. 

Dengan begitu, mengonsumsi salak saat diare dapat membantu kamu untuk mengatasi diare.

Namun, sebaiknya pastikan jangan berlebihan dalam mengonsumsi salak. Terlalu banyak mengonsumsi salak, justru dapat meningkatkan risiko konstipasi atau sembelit.

Baca Juga: 5 Kue Populer dengan Rasa Buah Salak, Laris Manis di Pasaran

2. Salak juga efektif untuk menurunkan berat badan

Bukan Mitos, Ini Alasan Salak Ampuh untuk Obati DiareIlustrasi Buah Salak di Pasar (IDN Times/Shemi)

Selain itu salak juga bermanfaat buat kamu yang sedang diet. Hal ini disebabkan kandungan serat dalam salak membuat kamu akan merasakan kenyang lebih lama. Selain itu, buah salak juga mengandung vitamin C, A, dan B. Salak juga memiliki kandungan potasium dan beta karotene.

3. Hal-hal yang harus diperhatikan selama diare

Bukan Mitos, Ini Alasan Salak Ampuh untuk Obati Diareilustrasi diare sebagai efek alitretinoin (premierhealth.com)

Nah, jika kamu diare kamu juga harus memerhatikan beberapa hal berikut. Salah satunya harus memenuhi kebutuhan air putih selama kamu diare. Hal ini dilakukan untuk menghindari kondisi dehidrasi.

Selain itu hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein dan mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak dan rendah serat. Hindari juga makanan yang memiliki rasa asam dan juga pedas.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatasi Diare dan Pencegahannya 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya