Comscore Tracker

Sulit Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomnia

Coba buktikan dan taruh di kamar kamu

Gangguan tidur atau bisa disebut insomnia tidak boleh diremehkan. Kesulitan tidur bisa mengganggu aktivitas kita di siang hari.

Karena susah tidur malam, kita pun akhirnya mengantuk di siang hari. Alhasil itu akan mengganggu kinerja.

Tapi tidak perlu minum obat tidur atau sejenisnya. Bisa diatasi dengan alami. Salah satunya dengan meletakkan tanaman di kamar. 

Menurut penelitian, ada beberapa tanaman yang punya kemampuan agar tidur menjadi lebih nyenyak. Mau tahu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Snake Plant

Sulit Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomniacrocdn.co.uk

Snake plant atau yang biasa dikenal dengan nama lidah mertua memiliki bentuk daun yang cukup tebal dan kaku. Selain mudah dirawat, menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh NASA pun menjelaskan, bahwa snake plant mampu membersihkan udara disekitarnya dari zat-zat kimia dan racun yang dapat menyebabkan polusi udara. Bukan hanya itu, tetapi snake plant juga mampu mengubah karbon dioksida menjadi oksigen saat di malam hari, sehingga dapat membuat tidur menjadi lebih rileks dan nyenyak.

2. Chamomile

Sulit Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomniastocksy.com

Chamomile dikenal banyak orang karena bunga dan warnanya yang cantik, serta sering sekali dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan teh yang berkhasiat untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak. Menurut studi yang pernah dilakukan oleh Molecular Medicine Report, selain dapat mengatasi masalah kesulitan tidur, chamomile sendiri juga bermanfaat untuk menenangkan serta membantu mengurangi rasa cemas dan depresi yang sering dirasakan oleh banyak orang.

3. Gardenia

Sulit Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomniacrocus.co.uk

Dikenal memiliki aroma yang khas, beberapa penelitian pun juga telah membuktikan bahwa aroma gardenia dirasa mampu untuk mengurangi kecemasan, menenangkan, serta meningkatkan kualitas tidur seseorang. Meski memiliki khasiat yang luar biasa, namun tanaman ini dikenal memiliki perawatan yang tampaknya susah-susah gampang. Pasalnya, Gardenia suka berada di tempat yang lembap dan harus terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Sulit Tidur Alasan Jefri Nichol Pakai Ganja, BNNP: Banyak yang Lain

4. Peace Lily

Sulit Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomniaflowercouncil.co.uk

Selain visualnya yang cantik dan elegan, menurut Clean Air Study, peace lily juga diketahui mampu mereduksi salah satu komponen pencemar udara yaitu benzene sehingga dapat membuat udara menjadi lebih bersih dan tidur pun akan menjadi lebih nyenyak. Cara merawatnya pun juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya satu kali dalam seminggu jika dirasa tanaman mulai terlihat layu.

5. Golden Pothos

Sulit Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomniabudnaked.com.au

Golden photos atau yang biasa dikenal dengan nama sirih gading ini juga memiliki fungsi yang hampir sama seperti peace lily, dimana sirih gading juga mampu mereduksi senyawa dan zat-zat beracun penyebab polusi yang ada di udara. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam kamar karena perawatannya yang sangat mudah.

6. Spider Plant

Sulit Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomniacrocus.co.uk

Tak banyak yang tahu, ternyata spider plant merupakan salah satu tanaman yang mampu untuk mengurangi hingga menghilangkan senyawa kimia xylene yang ada di udara. Xylene sendiri merupakan salah satu senyawa yang biasanya dapat menyebabkan seseorang merasa sakit kepala. Selain itu, penelitian juga telah menjelaskan bahwa spider plant mampu mereduksi hingga 90 persen zat atau racun berbahaya yang ada di udara.

Itu dia 6 jenis tanaman yang dirasa mampu untuk membantu meningkatkan kualitas tidurmu di malam hari. Yuk, coba mulai menanamnya di rumah!

Baca Juga: Ruangan Jadi Indah, 8 Jenis Kaktus Indoor yang Mudah Dirawat

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya