Comscore Tracker

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Pria

Konsultasikan dulu ke dokter

Semua pasangan suami istri menginginkan agar cepat diberi momongan sejak menikah. Namun ada yang diberikan rezeki cepat, ada pula yang harus menunggu bertahun-tahun. Bahkan, belum hamil.

Baik suami maupun istri harus sama-sama memerhatikan kesuburannya. Ada yang salah tidak? Mayoclinic.org menuliskan jika sekitar 15 persen pasangan suami istri di dunia tidaklah subur. 

Menurut urologyhealth.org, sel berhenti menjadi sperma serta sperma tidak dapat mencapai telur. Ada beberapa hal yang mendasari masalah itu. Berikut ini beberapa penyebab ketidaksuburan pada pria.

1. Gaya hidup yang tidak sehat

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priafortune.com

Masalah ketidaksuburan bisa datang lewat konsumsi makanan dan berbagai hal yang masuk ke tubuh. Merokok, mengonsumsi alkohol, meminum obat, gaya hidup itu bisa mengurangi jumlah sperma yang diproduksi oleh tubuh. Hal itu sudah dibuktikan lewat sebuah studi yang dilakukan di Denmark.

2. Penyakit jangka waktu lama

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priaeconomictimes.indiatimes.com

Penyakit yang melemahkan tubuh dalam jangka waktu lama seperti gagal ginjal, juga bisa memberikan dampak pada kesuburan pria. Gangguannya bisa berubah gangguan ereksi hingga kualitas sperma yang rendah. Dalam jurnal Translational Andrology and Urology, metode operasi seperti transplantasi ginjal bisa mengembalikan kesuburan itu.

3. Infeksi

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priatime.com

Mayoclinic.org menuliskan jika infeksi pada tubuh bisa mengganggu produksi hingga kesehatan sperma itu sendiri. Malahan infeksi bisa menyebabkan adanya pemblokiran jalur sperma. Infeksi yang dimaksud bisa datang dari HIV atau gonorrhea. Infeksi ini bisa disembuhkan, tapi bisa juga menyebabkan kerusakan permanen.

4. Masalah hormon

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priaverywellfamily.com

Karena produksi sperma diproduksi lewat campur tangan hormon dalam tubuh, gangguan pada hal itu bisa menyebabkan pria menjadi tidak subur. Rendahnya tingkat hormon akan mengakibatkan pertumbuhan pada sperma menurun hingga berkualitas rendah.

Baca Juga: Selalu Tunjukkan Kemesraan, 5 Pasangan Artis Ini Malah Putus

5. Pengobatan

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priahlonlinetraining.co.uk

Konsumsi obat bisa menjadi permasalahan utama ketidaksuburan. Ada beberapa obat yang sekiranya bisa mengganggu produksi sperma. Menurut urologyhealth.org, obat itu adalah obat yang digunakan untuk mengatasi masalah depresi, masalah pencernaan, infeksi, tekanan darah tinggi, kanker serta arthritis.

6. Testikel tenggelam

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priababycenter.com

Ini adalah kondisi testikel pria yang tidak bergerak ke posisi yang benar dan terjadi sebelum kelahiran. Umumnya kondisi ini hanya dialami satu buah testikel saja, tapi 10 persen kasus testikel tenggelam lainnya mempengaruhi dua testikel. Selain ketidaksuburan, kasus kesehatan ini bisa menyebabkan kanker testis.

7. Kerusakan pada kromosom

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priathoughtco.com

Salah satu gangguan ini dinamakan sindrom Klinefelter. Ini menyebabkan pria yang harusnya lahir dengan kromosom X dan Y mendapati dirinya memiliki hormon dua X dan satu Y. Mayoclinic.org menuliskan jika kelainan hormon ini memberikan adanya perkembangan abnormal pada alat kelamin pria.

8. Terpapar bahan kimiawi

Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Priadisposable-garments.com

Layaknya wanita, kesuburan pria pun bisa berkurang jika dirinya sering terkena bahan kimia. Itu bisa datang dari pestisida ataupun material melukis. Selain bahan kimia, radiasi sinar X dan lainnya hingga berada di suhu yang terlalu panas, macam sauna atau pemandian air panas juga bisa mengganggu produksi sperma.

Tapi kamu harus berkonsultasi lebih dulu ke dokter. Apa yang menyebabkan ketidaksuburan kamu. Dan terus berusaha agar cepat diberi momongan.

Baca Juga: Kompak Hamil, 10 Momen Baby Shower Syahnaz dan Sahabat Menanti Lahiran

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You