Comscore Tracker

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut

Lebih pede saat ngobrol

Bau mulut memang tidak digolongkan dalam penyakit berbahaya. Namun halitosis, dalam bahasa medisnya, bisa merusak pergaulan. Jika mulut kamu mengeluarkan aroma tidak menyenang, maka teman bisa kabur. 

Akhirnya kamu tidak leluasa saat mengobrol. Tapi jangan khawatir, ini cara menghilangkan bau mulut tanpa ke dokter atau menggunakan obat. Yuk, simak!

1. Sementara waktu, berkumurlah dengan cuka apel dan air tiap pagi dan malam, maka efeknya akan bikin nafasmu segar seketika

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulutunsplash.com/rawpixel

Yang perlu kamu siapkan hanyalah satu sampai dua sendok makan cuka apel dan segelas air. Tuang dan campurkan cuka dalam segelas air.

Gunakan untuk kumur selama di 3-5 menit di pagi hari dan sebelum tidur. Bilas mulutmu dengan berkumur air biasa.

2. Istilah activated charcoal pasti sudah tak asing lagi di mana-mana, kamu bisa menggunakannya dengan pasta gigi, yang efeknya bisa menyegarkan dan membuat senyum berkilau

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulutcawii.com

Siapkan setengah sendok teh activated charcoal atau bubuk arang aktif dan sikat gigi. Balurkan bubuk arang ke sikat dan mulailah menyikat gigi. Kumur-kumur sampai bubuknya hilang. Gunakan dua sampai tiga kali seminggu sampai bau mulut hilang. Kamu bisa membeli activated charcoal ini di beberapa toko online.

3. Cara menghilangkan bau mulut secara alami berikutnya pasti mudah banget! Kunyah aja permen karet bebas gula dengan rasa mint yang segar

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau MulutUnsplash/Thought Catalog

Mengunyah permen karet memang bisa menyegarkan napasmu selama yang kamu pilih adalah permen karet bebas gula. Pilihlah yang rasanya mint supaya sensasi segar semakin nyata. Selain menghilangkan bau mulut, permen karet dapat menjaga air liur yang sehat di mulut dan tenggorokan.

4. Minyak kelapa gak cuma bermanfaat buat masak, karena kamu bisa gunakan ini untuk berkumur, maka napasmu setingkat lebih baik aromanya dan bebas bakteri

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Muluteatloco.org

Cukup sediakan sesendok makan minyak kelapa. Gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit dan ludahkan. Selanjutnya, gunakan air hangat untuk membilas sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut.

5. Mencampurkan garam epsom dengan air hangat tak hanya membuang aroma tak sedap, melainkan sebagai antibakteria dan penghilang racun juga

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulutmedicaldaily.com

Kamu hanya perlu membeli garam epsom di toko online, apotek, atau toko kecantikan. Jika sudah, ambil satu sendok teh garam epsom dan campurkan dengan segelas air hangat. Jadikan untuk cairan berkumur. Untuk pemakaian awal, gunakan setiap hari. Selanjutnya, bisa dipakai sesekali jika dibutuhkan.

6. Bukan monopoli anak bayi, minyak kayu putih pun bisa dijadikan cairan berkumur untuk atasi bau mulut lho!

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulutdrdavidwilliams.com

Campurkan satu gelas air dan dua sampai tiga tetes eucalyptus oil atau minyak kayu putih. Kumur-kumur dengan campuran keduanya dan buang. Kumur lagi dengan air biasa. Ulangi tips ini sekali sehari sampai bau mulutmu hilang.

7. Tahu biji adas gak? Selain bumbu masak, biji ini dapat dikunyah dan ditelan sewaktu-waktu bau mulutmu menyerang

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulutjuicing-for-health.com

Kunyah satu sendok teh adas dan telan kemudian. Kamu hanya perlu melakukannya saat dibutuhkan saja, tidak perlu setiap hari.

8. Tak sekedar mengobati tenggorokan yang sakit, perasan jahe bisa mengusir bau-bau tak menyenangkan serta infeksi dari rongga mulut

Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau MulutReinaherbal.com

Pertama-tama, kamu perlu memarut jahe. Kemudian campur parutan jahe dan air agar kamu mendapat perasan jus jahe. Jus jahe ini lalu dicampurkan ke air hangat, terus tinggal kamu pakai untuk berkumur. Lakukan setelah makan, selama sekali dalam beberapa hari.

Cara-cara tersebut tentu gampang untuk diterapkan. Bahan-bahannya juga gampang dicari. So, jangan minder lagi ya!

Baca Juga: 9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya