Comscore Tracker

5 Pertimbangan untuk Bekerja Dalam Kondisi Hamil, Jangan Sembarangan!

Ada banyak hal yang bisa memengaruhi kondisi ibu dan janin

Secara umum proses bekerja memang tidak ada yang selalu berjalan mulus. Ada banyak hambatan atau bahkan kesulitan yang juga harus siap untuk dihadapi, sehingga hal ini memberikan tantangan tersendiri.

Sama halnya dengan para ibu hamil yang terpaksa terus bekerja di tengah kesibukan yang melandanya. Jelas saja kondisi seperti ini membuat para ibu hamil perlu mempertimbangkan beberapa hal penting berikut ini, sebelum melanjutkan untuk tetap bekerja.

1. Mobilitas yang mudah membuat ibu hamil kelelahan

5 Pertimbangan untuk Bekerja Dalam Kondisi Hamil, Jangan Sembarangan!ilustrasi ibu hamil (unsplash.com/@freestocks)

Ibu hamil lebih mudah lelah jika dibandingkan dengan orang-orang lainnya, sebab mereka membawa bobot tambahan dari janin yang dikandungnya. Hal ini membuat mobilitas ibu hamil sebetulnya sangat terbatas dan sulit untuk maksimal.

Jika ibu hamil memaksakan bekerja, maka perlu ada ekstra mobilitas dari rumah menuju kantornya. Bila jaraknya terlampau jauh, maka jelas akan membuat ibu hamil pun menjadi mudah mengalami kelelahan.

2. Nutrisi yang kurang

5 Pertimbangan untuk Bekerja Dalam Kondisi Hamil, Jangan Sembarangan!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@linkedinsalesnavigator)

Ibu hamil semestinya menjadi sosok yang sangat memerlukan nutrisi sebagai pendukung untuk kehamilannya. Hal yang disayangkan adalah terkadang ibu hamil yang masih bekerja justru mudah menyepelekan nutrisinya.

Banyak diantara mereka yang jadi kurang kontrol atas apa yang dikonsumsinya. Jelas saja ini akan membuat banyak perubahan dan efek tersendiri pada janin yang dikandungnya.

Baca Juga: 9 Cerita Warganet Tentang 'Ngidam' Teraneh Ibu Hamil, Bikin Ngakak!

3. Jarang bergerak saat di kantor

5 Pertimbangan untuk Bekerja Dalam Kondisi Hamil, Jangan Sembarangan!ilustrasi lelah bekerja (pexels.com/@Karolina-Grabowska)

Khusus untuk para ibu hamil yang bekerja di kantoran, biasanya hampir seluruh kegiatannya akan dihabiskan untuk duduk di depan layar komputer. Meski dianggap sepele, nyatanya kegiatan ini akan membuat ibu hamil kelelahan.

Bahkan tidak jarang banyak ibu hamil jadi jarang bergerak saat bekerja di kantor. Hal ini akan membawa dampak pada kualitas kehamilannya.

4. Lingkungan kerja yang kurang sehat

5 Pertimbangan untuk Bekerja Dalam Kondisi Hamil, Jangan Sembarangan!ilustrasi para pegawai (unsplash.com/@cherrydeck)

Lingkungan kerja semestinya memang menjadi tempat ternyaman bagi para pegawai di dalamnya. Sayangnya hal ini tidak selalu berlaku, apalagi bila ada ibu hamil di dalamnya.

Dari mulai kebiasaan merokok yang mungkin dimiliki pegawai lain, hingga suasana bekerja yang kurang nyaman tentu akan menciptakan toxic tersendiri. Hal ini akan membawa dampak kurang baik pada ibu hamil dan janinnya.

5. Beban kerja yang membuat ibu hamil mudah mengalami stres

5 Pertimbangan untuk Bekerja Dalam Kondisi Hamil, Jangan Sembarangan!ilustrasi merasa stress (unsplash.com/@elisa_ventur)

Bekerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi dengan segala beban dan tuntutan dari pekerjaan tersebut. Tidak heran bila kemudian banyak orang yang mengeluhkan hal ini.

Bahkan untuk pegawai biasa saja tentu ini menjadi hal yang kurang baik, apalagi bagi para ibu hamil yang disarankan untuk tidak berpikir berlebihan. Ibu hamil akan mudah mengalami stres jika terus berada alam tekanan dan beban bekerja.

Ternyata memang ada banyak pertimbangan serius bagi ibu hamil untuk tetap bekerja. Terpenting tidak memaksakan kehendak yang bisa berdampak bagi kesehatan ibu dan janinnya. Prioritaskan keselamatan dan kesehatan, ya!

Baca Juga: Heboh PMK, Jangan Khawatir Konsumsi Daging Hewan Ternak

Andini Maulana Photo Community Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya