Comscore Tracker

Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnya

Pola tidur kamu harus lebih diatur

Merasa lelah dan sangat ngantuk, maka tidur adalah solusinya. Tapi terkadang setelah bangun tidur, tubuh masih merasa lelah. 

Padahal tidur sudah cukup lama hingga berjam-jam. Artinya sebenarnya istirahat sudah cukup.

Apa sih yang membuat tidur kita menjadi kurang berkualitas. Sehingga rasa lelah masih ada?

1. Kurang Olahraga

Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnyapexels.com

Bagi para pelajar maupun pekerja, banyak sekali waktu yang dihabiskan untuk duduk. Duduk saat belajar, duduk saat bekerja, duduk saat makan, bahkan saat jam istirahat pun duduk. Punya gaya hidup yang tidak banyak bergerak tanpa sadar sangat mempengaruhi kesehatan baik tubuh maupun pikiran.

Bukan hanya tidak sehat dalam hal menambah berat badan, tapi kurang bergerak bisa membuatmu merasa lelah dan juga lebih lamban. Kurang bergerak juga akan mempengaruhi kualitas tidurmu karena energi yang kamu miliki belum habis sehingga tubuh tanpa sadar hanya tidur seadanya.

Kamu mungkin berpikir kalau menambah olahraga dalam kegiatan rutin akan membuatmu semakin lelah. Tapi ternyata tidak!

Olahraga rutin setiap hari selama 15 menit masih lebih baik daripada olahraga selama 2 jam di setiap hari Sabtu atau Minggu saja. Menggerakkan tubuh akan membuat kita memiliki tidur yang lebih berkualitas setiap malamnya.

2. Dehidrasi

Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnyapexels.com

Berapa banyak air yang kamu minum sehari? Kurang minum air bisa disalahartikan oleh tubuh manusia sebagai kelelahan. Banyak orang tidak menyadari betapa sedikit air yang mereka minum sepanjang hari karena mereka merasa sudah minum-minum cairan yang bukan air putih seperti kopi dan teh.

Dehidrasi memiliki efek yang merugikan pada tubuh kita. Organ kita tidak berfungsi seefisien mungkin karena jantung mengirim oksigen pada kecepatan yang jauh lebih lambat yang mengakibatkan perasaan kelelahan.

Pastikan kamu minum 8-10 gelas sehari karena otak kita terdiri dari 85 persen air, ini menunjukkan betapa penting menjaga hidrasi untuk kualitas tidur yang optimal. Meningkatkan konsumsi air setiap harinya akan membantumu berernergi lebih lama di siang hari dan memungkinkan otakmu bekerja sebaik-baiknya pada malam hari sehingga kamu tidak akan merasa kelelahan.

Baca Juga: Berkeringat Ketika Tidur? Hati-hati Penyakit Kronis

3. Diet yang buruk

Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnyapexels.com

Diet yang buruk benar-benar dapat memengaruhi perasaanmu sepanjang hari. Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membuat perbedaan besar pada pikiran dan tubuhmu. Ada banyak penelitian yang menunjukkan pengaruh pola makan terhadap durasi dan kualitas tidur sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan caramu diet jika kamu merasa kelelahan.

Ada banyak makanan yang dapat memberi energi jangka panjang. Daging merah yang kaya zat besi, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan buah kering. Atur dietmu sedemikian rupa sehingga tetap rendah gula namun tinggi serat dan penuh makanan berenergi.

4. Stres dan depresi

Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnyapexels.com

Penyebab lain untuk kelelahan bisa berupa depresi atau stres yang tidak disadari. Kadang-kadang kamu tidak akan selalu menyadari bahwa kamu menderita kondisi ini dan kamu hanya melihat tanda-tanda sebagai perasaan lelah dan kurang bernafsu makan.

Coba pertimbangkan apakah ada sesuatu yang mendasari yang mungkin menyebabkan kamu merasa seperti ini. Adakah sesuatu yang menyebabkanmu lebih stres daripada yang kamu sadari?

Berolahraga dan menyesuaikan dietmu dapat membantu dengan stres dan depresi. Bisa juga coba metode relaksasi seperti meditasi. Sangat penting untuk menjaga pikiranmu bersama dengan tubuhmu karena stres emosional dapat memengaruhi kesehatan fisik juga.

5. Gula darah yang tidak seimbang

Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnyapexels.com

Gula darah yang tidak seimbang bisa menjadi penyebab kelelahanmu. Kalau kamu makan banyak makanan olahan atau makanan penuh gula maka kamu mungkin mengalami yang dinamakan sugar crashes dimana kamu kelebihan gula dan energi.

Jika ini masalahnya maka penting untuk mengurangi jumlah gula yang kamu konsumsi untuk menormalkan gula darahmu. Kurangi semua jenis gula kecuali gula dari buah-buahan dan rasakan perbedannya pada gejala kelelahanmu sebelumnya.

Untuk itu kita harus mendapatkan tidur berkualitas, bukan sebatas tidur yang berdurasi lama. Mungkin kamu bisa lebih memperbanyak olahraga dan menjaga pola makan. Semoga berhasil ya.

Baca Juga: Wishnutama Mengaku Tak Tidur, Takut Kebablasan Hadiri Pelantikan

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You