Comscore Tracker

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malam

Tidur lebih nyenyak, tapi harus perhatikan dampaknya

Penat sepulang kerja atau berkegiatan di malam hari memang membuat tubuh jadi berkeringat. Tentu saja hal itu membuat kita tidak nyaman. Meskipun setelah itu langsung beristirahat, banyak yang menyempatkannya dengan mandi malam. 

Mandi malam sebenarnya punya manfaat yang baik. Tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan saat mandi malam.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah  kondisi tubuh, suhu udara dan suhu air. Berikut 7 dampak buruk mandi malam.

1. Memicu demam

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malambesthomeremedies.com

Suhu tubuh mengalami peningkatan pada malam hari dan menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Air yang dingin akan meresap masuk dan bercampur dengan suhu panas tubuh. Ini membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan tubuh lebih rentan terkena demam.

2. Menyebabkan asam urat

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malamltmcdn.com

Sering mandi air dingin di malam hari dapat menyebabkan asam urat. Meskipun menyegarkan tubuh, air dingin akan membuat sendi-sendi terasa nyeri. Karena seiring bertambahnya usia, cairan sendi mengalami perubahan komposisi.

3. Menambah risiko masuk angin

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malamshopify.com

Jika kamu mandi dengan suhu tubuh yang masih tinggi, kamu bisa mengalami masuk angin. Sebaiknya mandi dengan air hangat atau tidak usah mandi sekalian, cukup basuh wajahmu saja.

Baca Juga: Berkeringat Ketika Tidur? Hati-hati Penyakit Kronis

4. Mengganggu metabolisme tubuh

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malammedimanage.com

Di malam hari, suhu tubuh melemah dan perlu untuk beristirahat. Mandi air dingin pada malam hari dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

5. Memicu penuaan dini

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malamcdn.newsapi.com.au

Metabolisme tubuh yang terganggu akibat mandi air dingin pada malam hari akan berimbas pada metabolisme lemak juga. Proses metabolisme lemak yang tidak lancar akan menyebabkan kulit keriput.

6. Memicu paru-paru basah

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malammevis-research.de

Banyak orang sudah mengetahui hal ini. Benar, sering mandi malam dengan air dingin akan memicu paru-paru basah. Kamu pasti merasakan masalah pernapasan seperti batuk dan masalah pernapasan lainnya.

7. Menyebabkan nyeri otot

Jangan Terlalu Sering! Ini 7 Dampak Buruk Jika Kamu Mandi Malammerdeka.com

Pori-pori kulit yang terbuka pada malam hari menyebabkan bercampurnya suhu tubuh yang tinggi dengan air dingin yang digunakan untuk mandi. Hal ini akan menyebabkan nyeri-nyeri pada otot.

Nah, jadi sebaiknya menggunakan air hangat ya untuk mandi malam. Itu membuat tidumur akan lebih nyenyak dan mengurangi risiko penyakit.

Baca Juga: Ngakak! 9 Potret Kos-kosan dengan Kamar Mandi di Dalam yang Nyeleneh

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya