Comscore Tracker

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Ini

Perkuat tubuhnya untuk melawan masuknya virus corona

Kasus positif COVID-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Sampai saat ini sudah 181 ribu orang positif dan 7.616 meninggal dunia. Sementara angka kesembuhan mencapai 130 ribu. 

Corona tidak serta merta bisa langsung masuk ke tubuh kamu, jika kamu punya sistem imun tubuh yang kuat. Lalu bagaimana caranya punya kekebalan tubuh yang kuat? Hal itu dijelaskan lamanThe Sleep Doctor.

Memperkuat imun tidak lantas harus minum obat-obatan. Ada beberapa kebiasaan simpel yang bisa membuat imun kamu kuat lho. Apa saja?

1. Lebih sering tertawa

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Ini.rd.com

Siapa sangka kalau tertawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Penjelasannya, tertawa mengurangi hormon stres, meningkatkan antibodi penangkal infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, ungkap laman Help Guide.

Bukan hanya itu, tertawa juga bisa mengurangi rasa sakit, meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Yep, tertawa bisa mendukung kesehatan fisik dan emosional secara bersamaan. Jangan ragu untuk sering-sering tertawa, ya!

2. Perbanyak aktivitas fisik

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Inimdlinx.com

Pernahkah kamu merasa bahagia setelah berolahraga? Ini dipicu oleh zat kimia yang dilepaskan tubuh, yakni endorfin, yang memicu perasaan positif dan membuat suasana hati meningkat, ucap laman Web MD. Efek hormon endorfin ini mirip dengan morfin.

On the other side, beraktivitas fisik mengubah antibodi dan sel darah putih di tubuh. Ini membantu dalam melawan penyakit dan infeksi, ujar U.S. National Library of Medicine dan dikutip oleh laman The Healthy. Yuk, hilangkan rasa mager demi sistem imun yang kuat!

3. Tidur yang cukup setiap harinya

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Inithehealthy.com

Kekurangan tidur bisa membuat mood kita jelek, sulit konsentrasi dan uring-uringan sepanjang hari. Setidaknya, kita perlu tidur dengan durasi 7-9 jam per hari, saran laman Web MD. Kekurangan tidur membuat seseorang mudah jatuh sakit setelah terpapar virus.

Menurut laman Boost Thyroid, saat tidur, kadar kortisol dan adrenalin turun, sementara melatonin meningkat. Ini berguna untuk mengatasi peradangan. Selain itu, sistem kekebalan bergantung pada energi dan energi ini diisi ulang saat tidur.

4. Konsumsi kunyit lebih banyak

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Inimedicalnewstoday.com

Kunyit tidak hanya bermanfaat untuk menambah aroma dan warna pada masakan, tetapi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang memakai kunyit adalah soto, semur ayam, kuah pindang hingga pepes ikan.

Menurut laman Purple Carrot, kunyit bisa meningkatkan sistem imun dengan cara meningkatkan kapasitas imunomodulasi. Coba konsumsi kunyit dalam bentuk jamu kunyit asam dan minum secara rutin untuk menghindari virus penyebab penyakit.

Baca Juga: Pandemi Corona, USU Lakukan Belajar Mengajar Daring Mulai Hari Ini

5. Makan makanan yang mengandung quercitin

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Inidoterra.com

Buah dan sayuran yang mengandung quercitin efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ujar laman The Healthy. Makanan yang mengandung quercitin adalah apel, buah beri, bawang-bawangan, teh hijau hingga ginkgo biloba, tutur laman Web MD.

Quercitin sendiri merupakan flavonoid atau pigmen tanaman yang menghambat histamin dan meningkatkan sistem imun. Quercitin mempunyai efek antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan, mengontrol gula darah dan membunuh sel kanker.

6. Perbanyak konsumsi jahe

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Inileadership.ng

Kamu terbiasa meminum wedang jahe hangat di pagi hari? Pertahankan, karena ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut laman The Active Times, jahe memiliki antioksidan kuat yang secara alami memperkuat sistem imun.

Selain itu, jahe mengandung zat besi, magnesium, seng dan kalsium. Kandungan yang ada di dalamnya bisa memerangi flu, demam, bagus untuk detoksifikasi tubuh hingga mengurangi peradangan di paru-paru dan sinus, terang laman The Healthy.

7. Tambahkan jamur ke dalam menu harianmu

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Initaste.com.au

Makanan favorit para vegan ini ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jamur memiliki sifat imunomodulator dan mempunyai tingkat polisakarida tinggi yang bisa memperkuat sistem imun, ujar laman Mushroom Revival.

Lantas, jenis jamur apa yang paling efektif untuk meningkatkan sistem imun? Jawabannya adalah jamur shiitake. Jamur shiitake adalah pilihan terbaik karena mengandung vitamin B, vitamin D, selenium dan niasin. Menariknya, jamur shiitake punya sifat anti kanker!

8. Dan yang terpenting, hindari stres!

Tingkatkan Imun Tubuh, Coba Lakukan 8 Kebiasaan Simpel Ininorthshore.org

Stres adalah hal yang tak bisa dihindari oleh manusia. Pemicu stres bermacam-macam, mulai dari masalah keluarga, asmara, karir dan lainnya. Saat stres, kemampuan tubuh dalam melawan antigen menjadi berkurang, ungkap laman Simply Psychology.

Saat kita stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortikosteroid yang bisa menurunkan efektivitas sistem imun. Untuk menghindari stres, atasi dengan meditasi, mendengarkan musik, berolahraga atau makan makanan yang kamu sukai, saran laman Web MD.

Nah, itulah 8 kebiasaan kecil yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Coba terapkan, niscaya tubuhmu akan semakin kuat!

Baca Juga: 5 Kondisi yang Bisa Mengurangi Risiko Tertular Virus Corona

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya