5 Makanan Ini Bisa Mencegah Terjadinya Aritmia Jantung!

Aritmia jantung adalah gangguan irama jantung

Menurut laporan dalam Journal Comprehensive Pharmacology tahun 2022, aritmia jantung adalah gangguan irama jantung atau detak jantung yang tidak normal terlalu cepat dan terlalu lambat. Kondisi ini merupakan penyebab umum kematian dan kecacatan. Aritmia jantung terjadi saat impuls atau aliran listrik di jantung tidak bekerja dengan baik. 

Aritmia disebabkan oleh banyak faktor seperti ketidakseimbangan elektrolit, anemia, hipertensi, dan kekurangan oksigen. Cara untuk mencegah terjadinya aritmia jantung yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bisa mencegah faktor penyebabnya. Saat faktor penyebab bisa dicegah, aritmia pun tidak akan terjadi. Berikut lima makanan yang bisa mencegah terjadinya aritmia jantung!

1. Swiss chard

5 Makanan Ini Bisa Mencegah Terjadinya Aritmia Jantung!ilustrasi swiss chard (freepik.com/freepik)

Dikutip dari Healthline, swiss chard memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa vitexin dan flavonoid yang ditemukan di dalam swiss chard dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung seperti aritmia. Swiss chard juga sumber potasium dan magnesium yang sangat baik, keduanya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi bisa menyebabkan aritmia, karena tekanan darah yang tinggi mengakibatkan penebalan dan kekakuan jantung pada bilik sebelah kiri. Sehingga aliran listrik menuju jantung mengalami gangguan, aliran listrik inilah yang mengatur agar detak jantung tetap normal. Saat aliran listrik menuju jantung mengalami gangguan, aritmia akan muncul.

2. Alpukat

5 Makanan Ini Bisa Mencegah Terjadinya Aritmia Jantung!ilustrasi alpukat (pixabay.com/silverstylus)

Buah alpukat memiliki kandungan mineral kalium yang tinggi. Satu buah alpukat berukuran besar mengandung sekitar 900 mg mineral kalium. Mineral kalium mempunyai peran yang penting untuk jantung, yaitu menghantarkan impuls listrik ke jantung.

Kekurangan mineral kalium bisa menyebabkan aritmia (gangguan irama jantung), karena terhambatnya impuls listrik ke jantung untuk mengatur detak jantung agar tetap normal. Melansir USA TODAY, makan dua buah alpukat setiap minggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular (faktor penyebab terjadinya aritmia juga).

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Berisiko Mengalami Henti Jantung

3. Keju

5 Makanan Ini Bisa Mencegah Terjadinya Aritmia Jantung!ilustrasi keju (pexels.com/KarolinaGrabowska)

Mengonsumsi keju secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko terkena hipokalsemia (kekurangan mineral kalsium di dalam darah). Mineral kalsium di dalam darah membantu menjaga detak jantung agar tetap normal, jika kadarnya tidak tercukupi dapat menyebabkan polarisasi dan depolarisasi sel jantung sehingga mempengaruhi jantung untuk aritmia.

Dilansir Healthline, kebanyakan keju memiliki kandungan mineral kalsium, tapi keju parmesan memiliki kandungan mineral kalsium lebih tinggi di antara keju lainnya. Per 28 gram keju parmesan mengandung sekitar 242 mg mineral kalsium, mengonsumsi keju parmesan bisa mencegah kekurangan mineral kalsium dalam darah yang merupakan faktor penyebab terjadinya aritmia.

4. Delima

5 Makanan Ini Bisa Mencegah Terjadinya Aritmia Jantung!ilustrasi delima (freepik.com/Azerbaijan_Stockers)

Menurut laporan dalam Journal of Berry Research tahun 2020, buah delima kaya akan kandungan antioksidan dan nitrat. Kedua kandungan yang terdapat di dalam buah delima tersebut membuat arteri melebar dan menurunkan tekanan darah yang tinggi. Kandungan antioksidan dan nitrat pada buah delima juga berperan dalam melancarkan peredaran darah. Aliran darah yang lancar membuat sel dan jaringan tubuh bekerja secara normal untuk mengirimkan oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk ke organ jantung.

Lancarnya pengiriman oksigen ke organ jantung oleh sel dan jaringan tubuh mencegah terjadinya aritmia. Karena, salah satu penyebab dari aritmia jantung adalah organ jantung kekurangan oksigen akibat peredaran darah yang tidak lancar yang membuat sel dan jaringan kekurangan oksigen. Dengan mengonsumsi buah delima, peredaran darah menjadi lancar dan organ jantung akan menerima oksigen yang cukup.




5. Daging sapi

5 Makanan Ini Bisa Mencegah Terjadinya Aritmia Jantung!ilustrasi daging sapi (freepik.com/timolina)

Melansir Mayo Clinic, detak jantung yang cepat menandakan tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah ini mengandung hemoglobin yang memiliki peran membawa oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk ke organ jantung. Kurangnya hemoglobin menyebabkan pasokan oksigen untuk jantung ikut berkurang, akibatnya jantung harus bekerja lebih keras. Pada kondisi ini jantung akan kehilangan ritme normalnya. 

Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung zat besi untuk memproduksi hemoglobin seperti daging sapi, 100 gram daging sapi mengandung 3,5 mg zat besi lebih banyak dari jenis daging lainnya seperti ayam dan ikan, dengan mengonsumsi daging sapi akan terhindar dari anemia yang bisa menyebabkan aritmia. 

Lima makanan tersebut sangat mudah untuk ditemukan, mengonsumsinya bisa membantu mencegah terjadinya aritmia jantung dengan mencegah juga penyebab yang mendasarinya!

Baca Juga: Mengapa Henti Jantung Bisa Terjadi di Kamar Mandi?

Tiya Ananta Photo Community Writer Tiya Ananta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya