Comscore Tracker

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Soda

Wah harus berhati-hati nih

Minuman bersoda memang selalu menyegarkan. Apalagi di kala haus. Namun sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Soalnya bisa berefek buruk pada tubuh kamu. 

Soda mengandung gula yang tinggi.  Data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa setengah populasi Amerika Serikat mengonsumsinya setiap hari. Ini tidak baik mengingat kadar gula dalam soda melebihi batas anjuran.

Mau tahu apa sebenanya dampak buruk minum soda jika berlebihan? 

1. Kamu akan mengalami masalah pada gigi

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Sodastaticflickr.com

Konsumsi soda berkaitan dengan masalah erosi dan karies pada gigi, menurut laporan dari World Health Organization (WHO) dan Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2003. Gigi peminum soda rutin akan mengalami kerusakan secara perlahan-lahan.

Karbonasi yang terkandung di dalamnya bersifat asam sehingga dapat mengikis lapisan gigi. Peneliti mengatakan bahwa cara untuk mencegahnya adalah dengan membatasi konsumsi serta tidak membiarkan soda berada di mulut dalam waktu yang lama. 

2. Berat badanmu akan naik hingga mengalami obesitas

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Sodae3.365dm.com

Jika kamu minum soda secara rutin, kamu mungkin menyadari adanya kenaikan berat badan. Tentu saja ini akan terjadi. Kadar gula yang terkandung di dalam soda sangat tinggi. Dilansir dari Medical News Today, terdapat sepuluh sendok teh gula dalam sekaleng soda (350 ml). Ini melebihi batas anjuran gula dari WHO, yaitu enam sendok teh per hari. 

Sedangkan kalori yang dikandungnya adalah sekitar 150 kalori. Meminumnya setiap hari dalam setahun berarti akan menambahkan sekitar 130.000 kalori. Dengan konsumsi sebanyak itu, dalam setahun berat badan akan bertambah sekitar tujuh kilogram. Risiko untuk terkena obesitas pun meningkat.

3. Risiko diabetes tipe 2 akan meningkat

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Sodavox-cdn.com

Studi dari American Diabetes Association pada tahun 2010 menunjukkan bahwa minum satu kaleng soda atau lebih dalam sehari bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 26 persen. Menariknya ini tidak berkaitan dengan berat badan seseorang, tidak seperti faktor risiko diabetes pada umumnya.

Kenapa bisa seperti itu? Minum soda bisa meningkatkan kadar gula darah. Kondisi ini akan menyebabkan pankreas memproduksi insulin secara berlebihan. Dari situlah diabetes pun menyerang. 

Baca Juga: Delapan Jam Kena AC Bisa Ganggu Kesehatanmu, Ini 8 di Antaranya!

4. Mengalami penuaan dini

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Sodathenypost.com

Percaya atau tidak, konsumsi soda yang berlebihan bisa mempercepat proses penuaan pada tubuhmu. Penelitian dari National Health and Nutrition Examination Surveys tahun 2014 mengatakan bahwa kandungan minuman tersebut bisa memperpendek telomeres. Itu adalah bagian kromosom yang berkaitan dengan penuaan sel.

Ketika telomeres semakin pendek dari ukuran normalnya, sel akan kesulitan untuk meregenerasi dirinya. Tidak hanya meningkatkan risiko penuaan dini, hal ini juga bisa menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

5. Berdampak buruk pada kesehatan kulitmu

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Sodacloudfront.net

Kini kamu sudah tahu bagaimana dampak dari soda terhadap bagian dalam tubuhmu. Ternyata dampak buruk minuman berkarbonasi tersebut tidak cukup sampai di situ. Di bagian luar tubuh, sekaleng soda bisa merusak semua usahamu untuk merawat kulit dengan berbagai macam skin care.

Dilansir dari laman Self, tingkat kolagen dan serat elastin di kulit sangat bergantung pada banyaknya kadar gula darah. Ketika terlalu tinggi, kedua zat tersebut akan terperangkap dan sulit untuk memperbaiki diri. Akibatnya keriput akan mudah muncul, kulit jadi kusam, dan rentan untuk berjerawat.

6. Soda bisa mengikis tulang

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Sodacloudinary.com

Gula ternyata bukan satu-satunya hal buruk pada soda. Minuman tersebut juga mengandung asam fosfat yang juga berbahaya. Dilansir dari Health Line, zat tersebut digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri serta mempertahankan karbonasi.

Sebenarnya asam fosfat juga diproduksi di dalam tubuh. Ketika jumlahnya bertambah hingga berlebihan, mereka akan menyedot kalsium. Ketika tingkat fosfat dan kalsium tidak seimbang, kepadatan tulang akan berkurang dan melemah.

7. Meningkatkan risiko kanker

7 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Minum Sodamedicalnewstoday.com

Soda juga mengandung asam benzoat, zat yang berpotensi untuk menyedot kadar vitamin C dan logam (ion, zat besi, dan tembaga) dalam darah. Tidak hanya itu asam benzoat juga dikenal dengan sifatnya karsinogenik atau menyebabkan kanker. 

Food and Drug Administration (FDA) sudah melarang penggunaannya dalam makanan dan minuman sejak tahun 2005. Namun diduga, zat tersebut masih ada di dalam soda walaupun dengan kadar yang kecil. Dilansir dari Lifehack, mengonsumsi sekaleng soda per minggu bisa meningkatkan risiko kanker.

Untuk itu kamu jangan terlalu sering minum soda. Itu bisa membunuhmu secara tidak langsung karena menimbulkan penyakit.

Baca Juga: 7 Tanda Kesehatan Ini Menunjukkan Kamu Butuh Relaksasi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya