Comscore Tracker

Penting Diketahui! 6 Bahaya Makan Mi Instan Dicampur Nasi

Tetap utamakan kesehatan ya

Mi instan menjadi makanan praktis yang nikmat dan disukai banyak orang. Baik itu disajikan dengan kuah maupun digoreng kering. Apalagi harganya murah. Bagi anak kos, makan mi instan menjadi solusi di kala dompet lagi cekak.

Bahkan mi instan sering dipadukan dengan nasi putih. Tentunya agar perut terasa kenyang. Tapi ternyata, justru berbahaya bagi kesehatan. Apa saja bahayanya?

1. Gizi tak terpenuhi

Penting Diketahui! 6 Bahaya Makan Mi Instan Dicampur Nasiblog.regopantes.com

Nasi terkenal dengan kandungan karbohidrat yang banyak. Begitu pula dengan mi instan. Mungkin jika mengonsumsi keduanya, laparmu bisa hilang. Namun, kandungan gizimu sebenarnya tak terpenuhi. Keadaan seperti ini bisa membuatmu mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Gak Perlu Pakai Obat, 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Mudah

2. Meninggikan hormon insulin

Penting Diketahui! 6 Bahaya Makan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/pixabay

Bahaya memakan nasi bersama mi instan ini terletak pada kadar karbohidrat yang menjadi sangat banyak. Keduanya mengandung sekitar 750 kalori jika dimakan bersamaan.

Karbohidrat yang menghasilkan zat gula ini akan berubah menjadi hormon insulin. Jika hormon insulin menjadi tinggi, kamu akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit.

3. Merusak pankreas

Penting Diketahui! 6 Bahaya Makan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/pixabay

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat akan menghasilkan zat gula yang banyak pula. Zat gula ini pun akan berubah menjadi hormon insulin. Organ yang bekerja keras mengolah hormon tersebut terletak di pankreas. Semakin banyak zat gula yang diolah, semakin berat pula kerja pankreas. Ujung-ujungnya pankreas bisa rusak.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Mi Instan Ini Jarang Dipedulikan Orang

4. Risiko diabetes melitus

Penting Diketahui! 6 Bahaya Makan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/rawpixel.com

Pankreas yang rusak akan susah memfilter antara gula dan darah. Kamu pun berisiko terkena diabetes melitus.

5. Melebarkan volume perut

Penting Diketahui! 6 Bahaya Makan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/rawpixel.com

Mi instan dan nasi yang memiliki banyak karbohidrat hanya akan menambah lebar volume perut. Kebiasaan sering mengonsumsi makanan ini justru akan mengarah pada obesitas. Bertambahnya lingkar perut ini merupakan salah satu tahap awal menuju obesitas.

6. Kandungan mi instan tidak baik

Penting Diketahui! 6 Bahaya Makan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/rawpixel.com

Kandungan dalam mi instan sangatlah buruk karena tidak ada vitamin, protein, maupun serat. Di dalamnya hanya terdapat karbohidrat dan lemak. Oleh sebab itu, memakan mi instan sangatlah dilarang karena tidak baik untuk kesehatan.

So, hentikan kebiasaan buruk itu ya. Walaupun nikmat, tapi kesehatan tetap yang paling utama lho!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh CumiBakar di IDN Times Community dengan judul Suka Makan Mi Instan dicampur Nasi? Berikut 6 Bahaya Kesehatannya

Baca Juga: Coba Cek! 8 Gejala Kesehatan Ini Bukti Kamu Sedang Mengalami Stres

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya