TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Perawatan Kulit Wajah untuk Pria

Ketahui juga tipe kulit wajah

Perawatak kulit wajah pria (pexels.com/Ron Lach)

Merawat kulit bukan hanya penting bagi wanita, tapi juga bagi pria, terutama mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Perawatan kulit pria tidak hanya berfungsi untuk menjaga penampilan, tetapi juga untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, polusi, dan tanda-tanda penuaan.

Dengan menggunakan produk skincare yang tepat, pria dapat menghindari berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini.

Kebanyakan pria menganggap perawatan kulit itu sulit dan buang-buang waktu padahal perawatan kulit merupakan investasi jangka panjang. Memiliki wajah yang sehat memberikan berbagai keuntungan, salah satunya memperbaiki penampilan agar terlihat lebih menarik sehingga dapat mendorong kepercayaan diri.

Dengan kepercayaan diri yang baik maka kesempatan baik pun akan lebih mudah datang. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan perawatan kulit. Berikut ini tips perawatan kulit wajah untuk pria agar tetap terlihat sehat:

1. Ketahui tipe kulit wajah

Hal pertama yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan kulit adalah mengetahui tipe kulit wajah. Tipe kulit wajah ada banyak macamnya seperti tipe kulit berminyak, tipe kulit kering, tipe kulit sensitif, dan tipe kombinasi. Nantinya tipe kulit ini akan menentukan produk skin care yang tepat untuk digunakan sehingga hasilnya dapat maksimal. Cara mendeteksi tipe kulit bisa dilakukan dengan mengetahui ciri-ciri kulit wajah atau konsultasikan dengan dokter klinik kecantikan.

  • Kulit berminyak: ciri utama tipe kulit ini adalah wajah terlihat lebih mengkilap dan terasa lengket.
  • Kulit kering: ciri utamanya adalah kulit wajah terasa kasar dan kusam.
  • Kulit sensitif: ciri utamanya adalah kulit mudah gatal dan iritasi
  • Kulit kombinasi: ciri utamanya area hidung dan dahi terasa berminyak tetapi bagian pipi terasa kering.

2. Rutin membersihkan wajah dua kali sehari

Salah satu perawatan kulit sederhana yang dapat dilakukan pria adalah rutin membersihkan wajah dua kali sehari yaitu pada pagi hari sebelum beraktivitas serta pada malam hari setelah beraktivitas.

Membersihkan wajah dapat menghilangkan kotoran, debu, dan keringat yang menumpuk. Tentunya disarankan memilih produk pembersih khusus untuk wajah serta menyesuaikan tipe kulit wajah.

3. Gunakan pelembab wajah

Setelah membersihkan wajah, disarankan untuk menggunakan pelembab. Hal ini berlaku untuk semua tipe kulit termasuk tipe kulit berminyak. Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit hingga mencegah kerusakan pada kulit. Saat ini banyak produk skin care yang dibuat menyesuaikan tipe kulit sehingga pilihlah pelembab sesuai dengan tipe kulit.

4. Jangan skip sunscreen

Melindungi kulit dari paparan sinar UV sangatlah penting terlebih dengan kondisi bumi saat ini. Paparan sinar uv berisiko menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit sehingga dibutuhkan perlindungan untuk mencegah itu semua. Sunscreen merupakan produk skin care yang dapat melindungi kulit wajah dari sinar paparan matahari.

Sunscreen ini banyak jenis dan macamnya namun bisa disesuaikan dengan tipe dan kebutuhan kulit. Yang terpenting dari sunscreen adalah minimal SPF yang dibutuhkan adalah 30 terlebih untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan.

5. Eksfoliasi seminggu sekali

Terkadang membersihkan wajah saja tidak cukup sehingga diperlukan exfoliasi atau membersihkan wajah dengan mengangkat sel kulit mati pada wajah. Biasanya exfoliasi disarankan hanya digunakan sekali seminggu untuk perawatan ekstra.

Produk exfoliasi pun sudah sangat banyak dan dapat menyesuaikan kebutuhan kulit.

6. Memilih produk skin care sesuai dengan tipe kulit

Setelah mengetahui tipe kulit dan rutinitas perawatan kulit wajah, memilih produk sesuai dengan tipe kulit juga sangat diperlukan. Setiap tipe kulit wajah tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Misal kulit berminyak membutuhkan produk skin care yang dapat mencegah produksi minyak berlebih, kulit kering membutuhkan produk skin care yang mengandung hyaluronic acid yang melembabkan, kulit sensitif membutuhkan produk yang bebas dari bahan kimia.

Selain itu jika terjadi masalah kulit tertentu seperti jerawat dapat memilih produk yang diformulasikan khusus untuk mengobati jerawat. Jika memiliki masalah kulit yang lebih serius, disarankan untuk konsultasi langsung dengan dokter kecantikan.

7. Minum air putih dan jaga pola hidup sehat

Untuk hasil yang maksimal tentunya harus diiringi dengan minum air putih yang cukup serta menjaga pola hidup sehat. Minum air putih yang cukup akan membantu menghidrasi kulit dari dalam sehingga selalu dalam keadaan lembab. Sedangkan menjaga pola hidup sehat berarti menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu jerawat, begadang, dan stress berlebih.

Pastikan tidur yang cukup minimal 7-8 jam sehari untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit yang terjadi pada malam hari. Untuk menghindari stress sebaiknya rajin berolahraga dan meditasi.

Hal penting dalam melakukan perawatan kulit pria adalah memahami tipe kulit sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kulit, konsisten melakukan tahap-tahap skin care serta menjaga hidrasi kulit dan menjaga pola hidup sehat.

Demikianlah beberapa tips perawatan kulit pada pria. Mulai perawatan kulit sekarang! Pilih produk skin care yang tepat dan jika memiliki masalah kulit, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter klinik segera.

Writer

Athaya Modina

Freelance Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya