Comscore Tracker

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilan

Pria bisa merasakan efek kehamilan loh!

Ditulis oleh chicagotribune.com jika hanya lima persen ibu hamil yang benar-benar sehat karena 95 persen lainnya setidaknya mendapatkan penyakit kardiovaskular.

Malahan ada laporan ibu hamil berkulit hitam lebih berisiko lagi untuk terkena penyakit.

Hal-hal macam ini tidak dimengerti peneliti mengapa bisa terjadi. Tentu saja ada fenomena lain yang juga misterius dan ini adalah beberapa fenomena misterius tersebut.

Berikut 10 fenomena unik nan langka seputar kehamilan:

1. Percobaan tiga orang tua

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanthesun.co.uk

Kehamilan tradisional umumnya didapat lewat hubungan sepasang orang tua, pria dan perempuan. Namun ada penelitian yang mencoba hal lain.

Dinamakan mitochondrial replacement therapy, prosedur ini membutuhkan orang ketiga untuk terjadinya kehamilan. Tujuan prosedur ini diupayakan sebagai cara menghilangkan penyakit mitokondria yang parah.

2. Kehamilan 17 bulan

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilandailymail.co.uk

Kita mengenal kehamilan hanya sembilan bulan, namun buktinya ada seorang perempuan yang mampu mengandung sampai 17 bulan. Perempuan asal Cina dengan panggilan Wang Shi tersebut dilaporkan People’s Daily menantang dirinya sendiri dengan mengandung selama hampir 1,5 tahun.

Salah satu alasannya adalah karena dia didiagnosis terkena placenta previa, kondisi janin yang menelatkan tanggal kelahiran. Ketika melahirkan, dikabarkan bayi tersebut lahir dalam kondisi sehat.

3. Pria merasakan efek kehamilan

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanblog.pregistry.com

Dinamakan sympathetic pregnancy atau kehamilan simpatis, fenomena ini membuat pasangan pria merasakan gejala-gejala yang dialami yang ibu hamil. Mulai mual, sakit gigi hingga sakit punggung. Fenomena kesehatan ini bukanlah hal yang aneh bagi para dokter dan peneliti, namun tidak ada yang bisa menjelaskannya secara ilmiah.

4. Perempuan tinggi cenderung melahirkan bayi kembar

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanmamanatural.com

Melahirkan bayi kembar adalah salah satu peristiwa langka, namun peneliti melihat adanya hal lain. Sebuah studi menunjukkan jika bayi kembar ternyata lebih mudah didapat oleh perempuan yang tinggi. Di sisi lain, ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa perempuan yang memakan produk olahan susu cukup banyak (atau setidaknya lima kali lebih banyak) akan lebih mudah mendapat bayi kembar.

5. Kehamilan ganda

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanbehealthy.news

Satu lagi kondisi langka kehamilan adalah hamil di kala hamil. Listverse.com menjelaskannya seperti ini: saat perempuan mengalami kehamilan, seharusnya tubuhnya akan secara otomatis mematikan ovulasi untuk memberikan nutrisi penuh kepada janin.

Namun dalam kondisi langka mekanisme itu tidak terjadi, menjadikannya ada kehamilan ganda. Penelitian masih dilakukan terkait hal ini untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga: 7 Metode Kontrasepsi Pria Untuk Cegah Kehamilan, Pilih Mana?

6. Orgasme kala persalinan sebagai obat pereda sakit

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilannypost.com

Beberapa perempuan mengalami orgasme ketika melahirkan anaknya dan ini tidak terjadi pada semua perempuan. Tidak ada yang tahu pula mengapa ini bisa terjadi, namun terdapat beberapa praktik yang mencoba mendapatkan orgasme ketika melahirkan. Alasannya mudah: titik klimaks itu dipercaya bisa mengurangi rasa sakit.

7. Kehamilan menyebabkan masalah memori

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanmedicalnewstoday.com

Ada penjelasan ilmiah terkait hal ini. Studi menunjukkan ketika masuk ke masa hamil, ada hormon yang dilepaskan di otak dan itu akan mengubah kondisi otak dengan cara yang tidak kita pahami.

Salah satu efek sampingnya membuat sang ibu hamil mengalami masalah memori. Peneliti tidak bisa menjelaskan hormon mana yang menjadi penyebab kasus ini.

8. Stimulasi puting untuk mendukung persalinan

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanromper.com

Banyak mitos yang mengatakan harus melakukan sesuatu ketika mendekati masa kelahiran demi kelancaran persalinan. Salah satunya menstimulasi puting si ibu hamil.

Peneliti di Jepang mencoba mematahkan mitos ini. Mereka menemukan bahwa ibu hamil, yang menstimulasi putingnya dengan total satu jam selama tiga hari berturut-turut, memiliki kadar hormon oxytocin yang tinggi di air liurnya dan kadar itu lebih tinggi.

9. Bayi menguatkan si ibu

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanhealth.com

Relasi ibu dengan anak yang dikandungnya tidak berat sebelah, alias sang ibu selalu menopang sang anak. Kenyataannya bayi yang dikandung malahan menguatkan sang ibu.

Salah satu buktinya adalah aktivasi susu. Tak hanya itu ada hipotesis yang mengatakan sang bayi membuat ibu lebih cepat sembuh dari luka.

10. Emosi bayi sudah terbentuk sejak dalam rahim

Mengandung sampai 17 Bulan, Ini 10 Fenomena Langka Seputar Kehamilanmirror.co.uk

Para peneliti di Durham menunjukkan jika bayi di rahim ternyata sudah bisa menunjukkan ekspresi lewat raut wajahnya. Ekspresi itu meliputi menangis, tertawa hingga sesuatu yang lebih kompleks.

Ada hipotesis yang mengatakan para bayi merasakan emosi di sekitarnya. Namun peneliti lebih percaya itu terjadi karena adanya mekanisme di otak mereka yang mencoba mempelajari ekspresi sebelum lahir ke dunia ini.

Tidak salah mengatakan proses kehamilan sebagai sesuatu yang sakral dan perlu dijaga sebaik-baiknya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 9 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Kali Dilewatkan 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya