Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagi

Mungkin memang bukan takdirmu!

Pernahkah kamu bertanya mengapa bangun di pagi hari begitu susah? Ternyata bukan hanya kamu yang mengalami hal itu. Banyak orang mengalami hal serupa. Mereka mempertanyakan, “Mengapa bangun jam enam pagi jauh lebih susah ketimbang harus memelekkan mata sampai jam enam pagi?”

Ternyata itu ada jawabannya.

Semuanya berhubungan dengan jam biologis tubuh dan jika dipertanyakan lagi apa saja yang mempengaruhi jam tubuh, jawabannya ada banyak. Mulai dari makanan, aktivitas dan lain halnya. Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi jam tidurmu dan bikin kamu susah bangun pagi!

1. Genmu menentukan kamu sebagai orang malam

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagipsiloveyou.xyz

Ada istilah bernama night owl dan morning lark. Night owl diperuntukkan untuk mereka yang aktif di malam hari dan morning lark adalah sebutan mereka yang aktif di pagi hari.

Hasil penelitian dari tulisan bionews.org.uk menunjukkan jika night owl atau morning lark-kah kamu ditentukan dari genetis. Bagi night owl, genetiknya membuat retina mata mereka lebih tidak efektif dalam mendeteksi cahaya, membuatnya tidak peka akan pagi hari.

2. Umurmu yang belum tua

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagiparentology.com

Fakta menarik yang mungkin bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa bangun pagi adalah kamu tidak tua. Pschologytoday.com menuliskan jika umur akan menentukan jam biologismu dan apakah kamu bisa bangun pagi atau tidak.

Anak muda membutuhkan waktu tidur yang lebih lama ketimbang orang dewasa, yaitu sekitar sembilan jam dan sering kali jam biologis mereka berada sekitar jam satu pagi hingga jam pagi. Bisa dihitung sendiri kan semisalnya mengikuti kualitas jam tidur itu, jam berapa kamu akan bangun?

3. Kamu mendapatkan parasomnia

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagidisturbmenot.co

Parasomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkanmu mendapati serangkaian kejadian ketika kamu tertidur. Kejadian itu bisa berupa emosi, persepsi, gerakan, mimpi dan lain sebagainya.

Parasomnia meliputi tidur berjalan, gangguan mimpi buruk, sleep paralysis alias ketindihan, tidur berbicara hingga halusinasi tidur serta sindrom ledakan kepala. Isu ini menyebabkanmu susah untuk bangun pagi.

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Malas Membersihkan Kamar Tidur

4. Kamu mendapatkan narkolepsi

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagiirnpost.com

Ini adalah kondisi langka. Menurut sleepfoundation.org, kasus ini hanya ditemukan pada satu dari dua ribu orang di dunia.

Pada kondisi narkolepsi, penderita akan merasa mengantuk di pagi hari dan bisa tertidur di tengah-tengah kegiatan. Mereka pun juga tidak sadar jika mereka tertidur. Umumnya kondisi ini bisa diikuti dengan halusinasi.

5. Kegiatanmu yang mengubah jam biologis

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagieldoradoinsurance.com

Apakah kamu pekerja shift? Mungkin penjaga malam yang harus berjaga dari jam sembilan malam sampai empat subuh? Jika iya, maka jangan bertanya lagi.

Penyebab utama kamu tidak bisa bangun pagi adalah karena waktu kegiatanmu tersebut. Artikel Popular Science menuliskan jika ada kondisi bernama phase delay, yaitu kondisi keterlambatan jam biologis. Hal ini terjadi secara alami, tetapi tidak berarti ada secara permanen. Kamu bisa mengubahnya.

6. Kamu terkena gangguan mental

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagitodayonline.com

Depresi, stres, kecemasan, hal ini mampu membuatmu tidak bisa terbangun di pagi hari. Kondisi ini susah disadari dan dirimu sendiri mungkin akan bertanya-tanya “Kenapa aku selalu bangun terlambat?”

Masalah ini perlu penanganan pihak yang ahli dan tidak bisa disepelekan. Kurangnya tidur dan tidak bisa bangun pagi memperparah gangguan mental tersebut.

7. Rasa sakit di tubuh

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Bangun Pagiyaasa.com

Rasa sakit yang terus terasa jelas mengganggu kualitas tidurmu dan menyebabkanmu tidak bisa tidur. Masalah kesehatan ini perlu diperiksakan terlebih dahulu dan umumnya akan mendapatkan resep pereda sakit dari dokter. Hati-hati pula. Ada kalanya obat juga membuatmu susah terbangun di pagi hari, jadi kamu perlu bertanya kepada dokter apa efek samping dari obat yang diberikan.

Masalah tidak bisa bangun pagi sebenarnya bisa diubah. Jika berdasarkan artikel Popular Science, cara paling mudah untuk hal ini adalah tidak tidur di akhir minggu. Itu artinya kamu harus sepenuhnya berkegiatan pada Sabtu dan Minggu, dan hanya tidur pada pukul delapan atau sembilan malam. Silakan dicoba saja cara tersebut dan nanti tolong diberitahukan manfaatnya.

Baca Juga: Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya