Comscore Tracker

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnya

Ternyata ada dampak buruknya

Tubuh yang ideal menjadi dambaan semua orang. Bagi pria berharap punya tubuh six pack dan kekar. Dengan body goals tersebut, semua orang melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya.

Namun ternyata ada juga efek negatif dari tubuh kekar. Ini bisa jadi pertimbangan untuk kamu yang ingin membesarkan ototmu!

1. Susah cari baju

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnyabodybuilding.com

Massa otot yang bertambah pastinya akan membuat pakaian lamamu tak lagi muat dipakai. Itu mewajibkanmu mencari baju baru. Namun mencari baju pun bakal tak semudah yang kamu pikirkan seperti kamu yang dulu.

Ototmu membuatmu harus mencari baju yang lebih besar. Tidak masalah jika ukuran tubuhmu masih normal, namun jika sudah dalam tahap “raksasa”, percayalah kamu tidak akan mendapat baju yang sesuai denganmu.

2. Mendapat banyak perhatian

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnyaosan.af.mil

Menjadi besar tentu saja mendapat banyak perhatian. Jika kamu sebenarnya orang yang tidak menyukai perhatian publik, maka membangun otot malah akan menjadi masalah. Tiap orang akan memperhatikanmu dan bukan tidak mungkin adanya kecemburuan sosial yang tertuju padamu.

3. Kekuatan yang terlalu berlebih

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnyalivescience.com

Perlu diperhatikan otot yang lebih besar, jelas akan membuatmu memiliki kekuatan yang lebih besar pula. Hal ini terkadang merugikan. Sebagai contoh ketika bersalaman dengan orang, dengan otot dan tenagamu yang lebih besar bukan tidak mungkin kamu menyakitinya gara-gara menggenggam terlalu keras walaupun kamu tidak bermaksud demikian.

Baca Juga: 10 Potret Body Goals Amanda Manopo, Memesona di Usia 19 Tahun 

4. Berkurangnya fleksibilitas tubuh

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnyatelegraph.co.uk

Otot besar akan membatasi persendianmu sehingga kamu akan lebih susah melekuk tubuhmu. Hal ini paling terasa ketika kamu berusaha menepuk punggungmu sendiri. Dijamin kamu yang berotot dan berbadan besar akan kesulitan melakukan ini. Belum lagi kamu juga tidak bisa lagi menjangkau area-area yang kecil seperti sudut ruangan atau kolong tempat tidur.

5. Terlalu terobsesi akan satu hal

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnyapride.com

Ada pernyataan di industri fitness jika hari di mana kamu ingin menjadi besar adalah hari di mana kamu tak akan pernah merasa cukup besar. Membangun otot bisa mengarahkanmu untuk dalam tahapan anoreksia dan gangguan kejiwaan body-image lainnya. Banyak individu fitness yang melaporkan bahwa ketika berkaca, mereka tak puas dengan bentuk tubuh yang mereka miliki dan menjadi lebih besar.

6. Bergerak menjadi lebih lambat

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnyabodybuilding.com

Otot besar berarti bertambah berat. Bertambah berat berarti menjadi lebih membebanimu dalam bergerak. Otomatis itu membuatmu bergerak lebih lambat. Kalau kamu tidak suka bergerak lambat, jangan membesarkan ototmu. Selain itu kamu juga akan menghabiskan lebih banyak ruang.

7. Lebih banyak makan

Pengin Tubuh Kekar dan Berotot? Pertimbangkan 7 Dampak Negatifnyavideoblocks.com

Semakin besar tubuhmu, semakin banyak pula makanan yang kamu lahap. Itu dikarenakan otot besarmu membutuhkan metabolisme yang lebih besar dan untuk memenuhinya diperlukan lebih banyak nutrisi. Jika kamu seseorang yang susah mencari uang, sebaiknya pikirkan dua kali membesarkan otot.

Tentu saja selalu ada risiko di balik tujuan yang ingin kita capai. Apakah kamu tetap ingin memperbesar otot kamu? Atau mengurungkan niatmu

Baca Juga: Rajin Push Up Setiap Hari, Kamu akan Rasakan 10 Manfaat Ini!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya