Comscore Tracker

Sudah Masuk Indonesia, Ini Masker yang Digunakan untuk Hindari Corona

Masker N95 dinilai paling tepat

Mewabahnya virus Corona di berbagai negara yang bersumber dari Tiongkok harus diwaspadai. Apalagi sudah ditemukan pasien yang positif terkena Corona di Indonesia, langkah antisipasi harus dilakukan agar tidak menyebar.

Salah satunya melakukan langkah dini dengan memakai masker. Hal itu sesuai saran Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Namun gak semua masker cocok digunakan untuk mencegah menularnya virus Corona.

Pernyataan yang dituliskan stuff.co.nz itu pun juga menyebutkan bahwa yang terbaik adalah menggunakan masker N95. Seperti apakah masker itu?

1. Masker N95 mampu menyaring polusi hingga 95 persen

Sudah Masuk Indonesia, Ini Masker yang Digunakan untuk Hindari CoronaYoutube.com/Tanner Fasteners and Industrial Supplies

Ada alasan tersendiri mengapa CDC menyarankan untuk mengenakan masker dengan N95. Diketahui jika masker N95 mampu menyaring udara hingga 95 persen, sehingga virus pun tidak mampu masuk ke tubuh lewat jalur pernapasan. CDC merekomendasikan ini untuk mereka yang bekerja dekat dengan penderita virus corona.

2. N95 masuk dalam kategori respirator

Sudah Masuk Indonesia, Ini Masker yang Digunakan untuk Hindari CoronaYoutube.com EMC Insurance Companies

Bliss Air mempublikasi informasi yang menjelaskan macam-macam masker. Untuk N95 sendiri, masker ini masuk dalam kategori respirator yang didesain khusus untuk melindungi penggunanya dari barang-barang asing yang mampu merusak pernapasan dengan cara menghirup.

Huruf N dari kode N95 memiliki arti not oil resistant atau tidak tahan minyak dan 95-nya sendiri merupakan seberapa tinggi penyaringannya. Itu berarti N95 mampu menyaring 95 persen partikel di udara yang tidak mengandung minyak.

Baca Juga: WHO Tak Kaget Saat Pemerintah Umumkan Virus Corona Masuk Indonesia

3. Ada yang bisa dipakai berulang, ada yang tidak

Sudah Masuk Indonesia, Ini Masker yang Digunakan untuk Hindari CoronaYoutube.com/3M Worker Health and Safety

Perlu diketahui respirator terbagi lagi menjadi dua macam kategori berdasarkan frekuensi penggunaannya: yang bisa dipakai ulang dan hanya sekali pakai. Yang bisa dipakai ulang memiliki ciri khas seperti masker gas dengan adanya fitur pemurni udara. Umumnya ini digunakan untuk mereka yang bekerja dengan bahan kimia berbahaya.

Sedangkan yang sekali pakai umumnya memiliki dua ikat tali yang memutar ke area atas dan bawah telinga. Alasan mengapa harus dibuang setelah dipakai adalah karena penyaringnya tidak bisa dibersihkan. Respirator macam ini memiliki masa kedaluwarsa selama tiga tahun dengan kondisi tidak pernah dibuka dari segelnya dan disimpan dengan benar.

4. Masker biasa tidak diperuntukkan untuk menyaring udara.

Sudah Masuk Indonesia, Ini Masker yang Digunakan untuk Hindari Coronaashutterbugslife.com

Masyarakat sering menggunakan masker berwarna kehijauan. Masker tersebut tidak efektif untuk menyaring udara karena tidak didesain untuk hal itu.

Namanya pun adalah masker operasi. Tujuan dari masker ini adalah untuk menangkap cairan tubuh, seperti air liur, sehingga tidak terkena orang lain.

Sudah Masuk Indonesia, Ini Masker yang Digunakan untuk Hindari Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Terlepas dari penyebaran virus corona, ada baiknya menggunakan masker respirator jika memang tujuan mengenakan maskermu adalah menghindari polusi udara. Sedangkan untuk masker operasi hanya dipakai jika kamu sedang batuk, meler atau hal lainnya yang membuatmu mengeluarkan cairan. Persiapkan mulai dari sekarang karena siapa yang tahu akan terjadi.

Baca Juga: Virus Corona akan Mati dalam 10 Menit, Ini Penjelasan Kemenkes

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya