Comscore Tracker

Gak Susah! Begini Cara Membuat Cokelat dari Minyak Sawit

Bisa tahan lama dibanding cokelat biasa

Medan, IDN Times - Cokelat salah satu camilan favorit bagi sebagian besar orang, dan makanan yang satu ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari yang dianggap dapat mengurangi stres dan meningkatkan semangat kerja.

Bagi pasangan yang dimabuk cinta, cokelat dapat menjadi media untuk mengungkapkan hati.

Nah, produk turunan sawit yang menggunakan lemak CPO berkaitan dengan kelapa sawit ini telah berhasil diolah menjadi cokelat dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Medan.

Ternyata selain cokelat produk lainnya juga ada yaitu Baking Shortening Sawit atau mentega putih, kemudian Frying Sortening atau minyak goreng padat serta ada margarin.

"Kemudian juga ada kosmetik, terus ada sabun, palmera atau minyak merah yang diambil dari inti sawit untuk dijadikan lemak berbasis sawit. Jadi inti sawitnya itu kita jadikan lemak berbasis sawit," jelas Faisal selaku Tim Eduwisata Museum Perkebunan Indonesia.

Pastinya kamu penasaran dengan pembuatan cokelat dari minyak kelapa sawit kan? Simak yuk cara pembuatannya!

1. Buat minyak CBS yang diambil dari inti sawit

Gak Susah! Begini Cara Membuat Cokelat dari Minyak SawitIDN Times/Indah Permata Sari

Terlebih dahulu diawali dengan mengambil inti sawit untuk dijadikan lemak cokelat berbasis sawit, yaitu minyak Cocoa Butter Alternatives (CBA). Selanjutnya dari minyak CBA ini akan diubah berproses menjadi minyak Cocoa Butter Substitute (CBS) yang menjadi bahan dasar utama pembuatan cokelat.

"Kita ambil inti sawit untuk dijadikan lemak cokelat berbasis sawit. Jadi intinya sawit itu kita jadikan minyak. Nah, minyaknya itu minyak CBA dan diubah untuk menjadi lemak cokelat tapi dari sawit dan dinamakan CBS, ini yang nantinya menjadi dasar utama untuk membuat cokelat," ujarnya.

Baca Juga: Resep Brownies Susu Cokelat Pakai Teflon, Anak Kost Bisa Ngemil Enak

2. Memerlukan bubuk susu, gula, vanili, dan minyak kedelai

Gak Susah! Begini Cara Membuat Cokelat dari Minyak SawitIDN Times/Indah Permata Sari

Tidak hanya minyak CBS, akan tetapi bahan untuk melengkapi pembuatan cokelat dari kelapa sawit yang diperlukan juga terdiri dari cokelat, bubuk susu, gula, vanili, dan minyak kedelai.

"Untuk prosesnya kita kumpulkan bahan terlebih dahulu. Jadi bahan pertama itu ada CBS yang terdiri dari cokelat sawit, kemudian tetap menggunakan cokelat, bubuk susu, gula, vanili, dan minyak kedelai," ungkapnya.

3. Semua bahan diaduk selama 30 jam dalam suhu 70 derajat celcius

Gak Susah! Begini Cara Membuat Cokelat dari Minyak SawitIDN Times/Indah Permata Sari

Dalam sistem kerjanya, bahan-bahan yang telah disiapkan tersebut akan dicampur dan diaduk selama 30 jam dalam suhu 70 derajat celcius menggunakan mesin.

"Kemudian kita haluskan lagi cokelatnya selama 10 jam dengan menggunakan mesin konci dan selesai itu dicetak," ujarnya.

Habis dicetak, semua cokelat akan dimasukkan kedalam kulkas dengan durasi 15 menit.

Namun, perlu diketahui ternyata cokelat biasa dengan cokelat berbahan minyak kelapa sawit ini terdapat perbedaannya.

"Ketika membeli di toko cokelat biasa selang waktu 4-5 jam cokelat biasa yang kita beli itu mudah meleleh. Tapi kalau cokelat Palm dia tahan seharian walaupun tidak suhu dingin itu lah kelebihan lemak sawit tadi," tutupnya.

Baca Juga: Resep Bikin Kue Sus Kering Isi Cokelat untuk Camilan di Rumah

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You