Comscore Tracker

Oleh-Oleh Khas Medan, 5 Fakta tentang Bika Ambon yang Perlu Kamu Tahu

Proses pembuatannya butuh waktu 12 jam Lho!

Salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling legendaris adalah Bika Ambon. Namun nama yang bertolak belakang dari daerah asalnya membuat orang bertanya-tanya tentang kue bika ambon.

Jelas kue lembut dengan warna kuning keemasan tersebut merupakan oleh-oleh dari kota Medan, Sumatra Utara.

Tapi mengapa ada nama ambon di belakangnya ya? Biar gak lagi penasaran, kenalan lebih dekat yuk dengan bika ambon!

1. Proses pembuatan bika ambon memakan waktu 12 jam

Oleh-Oleh Khas Medan, 5 Fakta tentang Bika Ambon yang Perlu Kamu Tahuinstagram.com/_melskitchen/

Sarang-sarang atau lubang yang ada dalam bika ambon itu menunjukan proses pembuatan yang tidak mudah. Jika dirunut secara tradisional dan ingin hasil yang maksimal maka terdapat beberapa aturan khusus saat membuat bika ambon.

Di antaranya adalah telur ayam yang digunakan haruslah masih segar yaitu baru menetas satu hari sebelum digunakan, selanjutnya air kelapa harus dihasilkan dari air kelapa yang tumbuh di pinggir pantai. Hal ini dilakukan agar hasil bika ambon bisa mengembang dengan sempurna dan tidak bantat.

Baca Juga: Ada Spageti Batak, Berikut 7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

2. Memiliki banyak cerita di balik namanya

Oleh-Oleh Khas Medan, 5 Fakta tentang Bika Ambon yang Perlu Kamu Tahuinstagram.com/_melskitchen/

Bika ambon memang tak memiliki kaitan apapun dengan Ambon. Beberapa cerita muncul di balik nama bika ambon yang legendaris ini.

Ada yang mengatakan nama bika ambon lahir karena pertama kali kue ini diciptakan di Jalan Ambon dan cerita lain mengatakan bahwa kata ambon berasal dari kiasan bahasa Medan yang berarti lembut.

3. Terbuat dari bahan baku yang sederhana

Oleh-Oleh Khas Medan, 5 Fakta tentang Bika Ambon yang Perlu Kamu Tahuinstagram.com/dhora_kusumadewi/

Telur dan air kelapa yang digunakan mungkin harus memiliki syarat tertentu, namun bahan lain bika ambon cukup mudah ditemukan. Bahan-bahan tersebut adalah tepung sagu, tepung terigu, ragi, santan, vanili, garam, dan gula.

Baca Juga: Resep Bika Ambon Khas Medan, Camilan Legendaris yang Lezat Abis!

4. Varian rasa bika ambon yang kini semakin berkembang

Oleh-Oleh Khas Medan, 5 Fakta tentang Bika Ambon yang Perlu Kamu Tahuinstagram.com/sylviebakery/

Selain bika ambon dengan warna kuning yang mengeluarkan aroma kelapa yang kuat, kini terdapat pula bika ambon dengan rasa yang lebih variatif, seperti nangka, durian, keju cokelat, pandan dan moka.

5. Oleh-oleh khas Medan yang tak boleh terlewatkan

Oleh-Oleh Khas Medan, 5 Fakta tentang Bika Ambon yang Perlu Kamu Tahuinstagram.com/_melskitchen/

Selain durian yang wajib kamu bawa setelah jalan-jalan di Medan, bika ambon juga gak boleh ketinggalan dalam daftar belanja. Kue yang awet 3-4 hari ini bebas pengawet dan banyak dijual di Jalan Majapahit, Medan. Kue ini punya tekstur lembut, sedikit kenyal dan cocok dijadikan sebagai pendamping teh atau kopi di pagi hari. Sekotaknya umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp50.000 - Rp100.000 sesuai varian rasa dan ukuran.

Sekarang sudah tahu kan kenapa oleh-oleh khas Medan yang legit ini dinamai dengan nama daerah yang justru letaknya terpisah jauh dari kota asalnya?

Baca Juga: Viral Foto Penampakan Kuntilanak, 13 Komen Netizen Ini Kocak Abis

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Keenanthy di IDN Times Community dengan judul Bika Ambon, Oleh-Oleh Khas Medan yang Punya Kenikmatan Luar Biasa

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya