Comscore Tracker

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Lapar

#RamadanDiRumah Bisa-bisa ga kuat puasanya sampai magrib!

Makan sahur sangat disarankan untuk dilakukan bagi kamu yang berpuasa. Pasalnya sahur menjadi satu-satunya waktu mengisi bahan bakar sebelum perut bakal kosong selama hampir 14 jam.

Namun ada beberapa jenis makanan yang justru bikin kamu cepat lapar setelah makan, seperti yang disebutkan oleh Joy Post, ahli diet dari BistroMD

"Sesuatu yang tinggi gula dan karbohidrat akan cepat menaikkan gula darah. Jika lonjakan dan penurunan gula darah di tubuh tak seimbang, kamu bisa terkena hunger attacks yang membuatmu lebih lapar setelah makan," kata Joy.

Nah, supaya puasa lancar, sebaiknya kamu menghindari beberapa makanan enak di bawah ini, karena bikin kamu cepat lapar.

1. Makanan tinggi natrium

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Laparnadialim.com

Terkadang tubuh kita mengartikan perasaan haus menjadi lapar. Sedangkan, makanan mengandung garam atau natrium tinggi dapat meningkatkan rasa haus.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tubuh sedang benar-benar lapar atau sekadar haus adalah dengan mengonsumsi air putih lebih banyak. Jika rasa haus masih timbul, artinya kamu memang butuh asupan padat.

2. Putih telur

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Laparmd-health.com

Kita bisa merasa cukup kenyang hanya dengan mengonsumsi tiga sampai empat gram protein yang terkandung dalam putih telur. Kalorinya rendah dan bisa dibilang bebas lemak.

Itu artinya rasa kenyang yang kita dapat tak akan bertahan lama, seperti ketika mengonsumsi telur utuh. Kuning telur mengandung lutein yang bagus untuk mata, lemak baik, dan protein.

3. Olahan susu rendah lemak

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat LaparPinLaVie.com

Produk olahan susu rendah lemak, baik susu segar maupun yoghurt, memang memiliki kalori lebih sedikit. Namun, hal tersebut justru menjadi salah satu alasan kenapa kita jadi lebih mudah lapar.

Produk ini minim lemak untuk memperlambat pemecahan laktosa, sehingga pada akhirnya kalori lebih mudah dibakar.

4. Roti gandum

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Laparthebaldgourmet.com

Roti gandum menjadi salah satu penganan yang kaya serat. Namun, gizi lainnya seperti protein dan lemak tidak terkandung di dalamnya.

Untuk itu, kita butuh pendamping ketika menyantap roti demi menyeimbangkan nutrisinya. Beberapa yang disarankan antara lain peanut butter, telur, dan alpukat.

Baca Juga: Idulfitri di Rumah Aja, Ini 10 Inspirasi Aneka Kue Lebaran

5. Nasi

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Laparpannacooking.com

Nasi memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, sehingga mudah menaikkan kadar gula darah. Karbohidrat sederhana yang ada di dalamnya lebih cepat dipecah jadi partikel gula, sehingga membuat kita jadi cepat lapar.

Bukan berarti nasi dilarang ya, Guys! Kamu bisa mengantisipasi efek buruknya dengan mengonsumsi lauk bergizi seimbang. Di antaranya seperti lemak, protein, serat, dan vitamin. Komposisi ini bisa membuatmu "puas" lebih lama dan membantu menekan rasa lapar.

6. Jus buah

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat Laparlejecos.com

Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat alami, tanpa ada lemak dan protein di dalamnya. Padahal kedua zat tersebut yang bisa mengulur waktu pencernaan, agar kita merasa kenyang lebih lama. 

Alasan lainnya adalah karena minum jus tak memberi sensasi yang sama dengan ketika makan daging buah langsung. Kita akan merasa seperti belum makan apa-apa, meskipun cukup kenyang setelah minum jus buah.

7. Sereal

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat LaparUnsplash.com/Nyana Stoica

Sereal mungkin jadi alternatif makan yang praktis, apalagi kalau kita bangun sahur kesiangan. Dilansir dari Bustle.com, sereal ternyata jenis makanan yang bikin kita merasa makin lapar beberapa saat setelahnya.

Tingginya kandungan gula di dalam sereal bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, sereal dicerna lebih cepat, sehingga bikin cepat lapar. Zach J. Cordell, seorang ahli gizi dan dietitian, menyarankan kombinasi sereal dengan protein dan serat, supaya tetap mendapat gizi cukup.

"Tidak apa-apa kalau mau makan sereal. Kombinasikan dengan oat, peanut butter, dan sumber protein lainnya," ujarnya.

8. Kentang goreng

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat LaparUnsplash.com/Louis Hansel

Kentang rebus atau kentang panggang bisa jadi alternatif sumber karbohidrat yang cukup baik bagi tubuh. Tapi tidak demikian dengan kentang goreng. Minyak panas akan mereduksi gizi pangan kentang dan menambah lemak jahat, apalagi kalau disajikan dengan bumbu ber-MSG dan natrium tinggi.

9. Kue atau makanan manis

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat LaparUnsplash.com/Anna Sullivan

Segala makanan tinggi gula seperti roti, donat, dan aneka dessert sebaiknya dihindari saat sahur. Tipikal makanan seperti ini hanya tinggi karbo dan lemak, tapi gizinya nol.

Lagi-lagi, makanan manis akan menyebabkan lonjakan gula darah dan pelepasan banyak insulin. Kamu mungkin akan kenyang sesaat, tapi kemudian merasa dua kali lipat lebih lapar.

10. Fast food

Hindari saat Sahur, 10 Makanan Ini Bikin Kamu Cepat LaparUnsplash.com/Niklas Rhöse

Fast food seperti burger sebenarnya mengenyangkan, tapi makanan ini tidak cukup baik dijadikan sebagai sumber energi. Makanan yang sudah diproses seperti fast food biasanya mengandung bahan seperti pengawet, lemak trans, HFCS, dan tinggi garam. 

"Secara khusus, tingginya kadar pengawet dan lemak trans mengganggu kemampuan lambung untuk memberi sinyal pada otak. Hormon-hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang di otak tidak diproduksi, sehingga otak kehilangan kemampuannya untuk mengenali bahwa kita sudah makan," R.J. Kayser, pengawas nutrisi di Olórin Nutrition.

Dari sepuluh makanan yang bikin cepat lapar di atas, mana yang paling sering kamu jadikan sebagai menu sahur?

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Finalis Masterchef Indonesia Masak Sahur untuk 600 Korban Banjir

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya