Comscore Tracker

5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Makanan lain bisa terdampak

Kulkas cenderung menjadi tempat menyimpan segala bahan makanan. Hal itu dilakukan agar awet dan jika minuman bisa lebih segar.

Namun ternyata, tidak semua bahan makanan boleh dimasukkan ke kulkas. Soalnya itu akan merusak makanan tersebut dan bahkan bisa mempengaruhi makanan-makanan lainnya. Berikut bahan-bahan makanan tersebut.

1. Sayur-sayuran

5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkasunsplash.com/@ja_ma

Beberapa sayuran yang tidak bisa kamu masukkan ke dalam kulkas , yakni seperti kemangi dan selada. Kemangi akan berubah warna jadi hitam dalam waktu yang cepat. Sedangkan, selada akan layu ketika dimasukkan ke dalam kulkas. 

Sebaiknya membeli kemangi atau selada untuk sekali makan, supaya tak ada yang disimpan lagi. Kalau ingin menyimpannya, taruhlah di tempat teduh tanpa sinar matahari dengan wadah yang rapat agar tidak cepat layu. 

Baca Juga: Viral Boikot Nasi Padang, Itu Makanan Favorit Jokowi 

2. Buah-buahan

5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkasunsplash.com/@scottwebb

Buah-buahan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas antara lain melon, alpukat, persik, plum, timun, dan semangka. Kandungan antioksidan melon yang dimasukkan ke kulkas akan berkurang.

Sedangkan, yang lainnya lebih cocok disimpan pada suhu ruangan, supaya tidak berpengaruh pada kandungannya. Kalau terpaksa harus ditaruh di kulkas, pastikan wrap dengan plastik secara rapat.

3. Daging mentah, ikan, dan ayam yang sebelumnya telah di-frozen

5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkasunsplash.com/@jeztimms

Seperti dilansir dalam This is Insider, daging, ikan, ayam mentah yang dibeli secara frozen pada supermarket, lalu diletakkan kembali ke dalam kulkas akan menghasilkan bakteri lebih banyak. Makanan sebagai sumber protein ini bisa menjadi sarang bakteri bila disimpan dengan buruk.

Cara yang terbaik adalah jangan buka kemasan sama sekali sebelum benar-benar ingin dimasak. Penyimpanan ini tidak bisa lebih dari dua bulan. Jika kamu sudah membuka kemasan, harus dibungkus kembali dengan rapat, sehingga udara tidak bisa masuk. 

4. Susu dan yoghurt dapat mengental ketika dibekukan

5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkaspexels.com/@burst

Susu hanya bisa bertahan tiga bulan di dalam kulkas, sehingga ketika melewati masanya, susu akan jadi busuk. Sedangkan, yoghurt akan mengental dan mengubah rasa, sekaligus kandungannya.

Sebenarnya, menyimpan susu di dalam kulkas boleh-boleh hanya saja, tapi tidak boleh lebih dari tiga bulan. Sedangkan, untuk yoghurt sendiri harus disimpan di dalam kulkas paling belakang. Tidak disarankan membekukan keduanya, karena bisa merusak kandungannya.

5. Biji kopi atau bubuk kopi

5 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkasunsplash.com/@georgippetrov

Meletakkan biji kopi atau bubuk kopi ke dalam kulkas dapat menghasilkan aroma tidak sedap. Hal ini disebabkan karena kopi menyerap rasa dari berbagai produk dalam kulkas. Sehingga, ketika dikeluarkan dari kulkas, kualitas kopi akan menurun.

Seharusnya kamu bisa menyimpan biji atau bubuk kopi ke dalam wadah kedap udara di suhu ruangan. Namun, pastikan untuk tidak memasukkannya ke dalam kulkas!

Nah, sudah tahu kan jika tidak semua makanan boleh disimpan di kulkas. Meskipun sebenarnya bisa awet. 

Baca Juga: 6 Chef Wanita Paling Diidolakan di Indonesia, Idola Kamu yang Mana?

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya