Comscore Tracker

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlek

Kamu suka menu yang mana nih?

Hari ini adalah perayaan Tahun Baru Imlek. Pergantian menjadi Tahun Tikus ini dirayakan di seluruh belahan dunia. 

Hari Raya tentu tak lepas dari acara kumpul keluarga dan makan-makan. Tentu makanan-makanan yang disajikan spesial dan berbeda dari biasanya. 

Uniknya, hidangan yang disajikan dianggap bisa membawa keberuntungan. Apa-apa saja.Berikut makanan-makanan pembawa hoki tersebut.

1. Mi panjang

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekseriouseats.com

Banyak orang Tiongkok percaya bahwa mi panjang merupakan salah satu makanan keberuntungan, terutama saat Imlek. Mi panjang ini melambangkan kehidupan yang panjang. Jadi kalau makan harus benar-benar sampai ujung ya, jangan digigit di tengah-tengah.

2. Jeruk

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekpixabay.com/Pixel2013

Biasanya buah jeruk dihidangkan saat malam Imlek. Namun, jeruk tidak pernah dihidangkan dengan jumlah empat atau kelipatannya.

Karena angka empat dianggap angka yang buruk. Sebaiknya, menghidangkan jeruk  sekaligus dengan batangnya, karena itu mewakili umur yang panjang.

3. Jai

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekchowhound.com

Saat Imlek, hidangan pertama yang dimakan biasanya seputar sayuran. Tradisi ini berasal dari Buddhis yang percaya bahwa sayuran dapat membersihkan tubuh dan jiwa. 

Jai merupakan sup sayuran yang dimasak dengan lebih dari 16 sayuran di dalamnya. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai lambang kegembiraan. 

4. Ikan

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekepicurious.com

Selain sayuran, makanan yang wajib Imlek adalah ikan. Ikan yang disajikan juga harus lengkap dari kepala hingga ekornya.

Dalam tahun baru Tiongkok, ikan termasuk makanan pembawa keberuntungan, karena melambangkan kelimpahan rezeki dan dapat menghindari hal-hal buruk.

5. Yao gok

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekbusinessinsider.in

Yao gok merupakan kue manis goreng yang berisi kacang, gula, kelapa kering, dan biji wijen. Bentuknya seperti perak dan emas ingots, mata uang Tiongkok kuno. Gak heran kalau makanan satu ini diyakini dapat membawa keberuntungan dan kekayaan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Perayaan Imlek, Semuanya Enak!

6. Fa gao

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekchinesenewyear.net

Di China sendiri, fa gao merupakan kue tepung beras. Kata “fa” memiliki arti kemakmuran. Gak heran kalau kue ini jadi makanan pembawa keberuntungan. 

Bentuknya mirip dengan roti kukus. Masyarakat Tiongkok percaya semakin berkembang kelopaknya, semakin makmurlah hidup kamu.

7. The tray of togetherness

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekflickr.com/Charmaine

The Tray of Togetherness, sebuah nampan kebersamaan yang terdiri dari 6-8 kotak. Ada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan permen kecil.

Isi nampan harus memiliki makna kemakmuran, kebersamaan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Sudah disediakan di rumah belum?

8. Chun juan

Dianggap Bawa Keberuntungan, 8 Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlekseriouseats.com

Kita pasti sering menjumpai chun juan atau lumpia saat merayakan Imlek. Gulungan lumpia renyah ini melambangkan sebatang emas. Jadi makna keberuntungannya adalah pembawa kekayaan dan kemakmuran di tahun yang akan datang. 

Nah, kamu sudah siap belum untuk makan hidangan pembawa hoki ini. Selamat merayakan Imlek ya bagi yang merayakan. Gong Xi Fa Cai!

Baca Juga: Ini Bisnis yang Bagus di Tahun Tikus Menurut Feng Shui

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya