Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanya

Hati-hati jangan sampai diabetes

Gula yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh. Satu yang paling diwaspadai adalah diabetes atau sering disebut sakit gula.

Untuk itu kamu harus mulai mengurangi konsumsi gula agar tidak terserang penyakit ini. Walaupun memang tidak mudah. Nasi sebagai bahan konsumsi pokok yang kita makan saja mengandung gula yang tidak sedikit.

Untuk itu kamu perlu tahu tanda-tanda yang menyatakan kamu kelebihan gula. Di antaranya seperti sepuluh berikut ini.

1. Kekurangan energi

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyapexels.com/ Nathan

Lemahnya tubuh karena kekurangan energi disebabkan kurangnya kalori dan tidak memperhatikan apakah makanan yang dikonsumsi terlalu banyak mengandung gula atau tidak. 

Menurut Lori Williams dari The Ohio State University Wexner Medical Center, kurang energi juga disebabkan tidak mengonsumsi makanan yang utuh, seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayur-sayuran. 

2. Sering mengalami perut kembung

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyapixabay.com/ derneuemann

Perut kembung disebabkan karena banyaknya mengonsumsi gula. Gula dapat menyebabkan metabolisme dan retensi air menjadi kurang efektif. 

Jika merasakan gejala perut kembung, cobalah kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula. Ganti dengan buah-buahan segar dan alami.

3. Tidur tidak nyenyak

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyapixabay.com/ ThuyHaBich

Jika tidur tidak bisa nyenyak, bisa jadi karena kamu terlalu banyak mengonsumsi gula. Alhasil, kesimbangan hormon tubuh terganggu. Dilansir dari Insider, gula memiliki efek residual pada pola tidur kita, sehingga tidur jadi tak nyenyak.

4. Sering sakit kepala

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi PenandanyaPixabay.com/ Lukas Bieri

Sakit kepala bukan hanya disebabkan oleh stres, tetapi juga bisa dari kebanyakan gula. Menurut Holiday, makanan yang mengandung banyak gula dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Jadi lebih baik makan protein dan lemak sebagai penyeimbang ya.

5. Banyak jerawat atau bintik-bintik gatal pada tubuh

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyahealth.clevelandclinic.org

Jika terdapat banyak bintik-bintik hitam dan jerawat di tubuh, coba cek, mungkin kamu sedang sering mengonsumsi gula. Minumlah air putih yang banyak dan kurangi konsumsi makanan-makanan manis.

Baca Juga: Kenali Penyakit Menular dari Hewan Kurban, dan Cara Mencegahnya

6. Kulit kering

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyadunnepharmacies.ie

Dikutip dari Insider, Direktur Medis BeWell Medicine, LisaAshe, mengatakan kulit kering muncul ketika kita mengonsumsi kandungan gula yang berlebihan. Jika kulit kehilangan kelembaban, kurangi gula dan makanlah makanan yang menghidrasi dan menyehatkan kulit.

7. Sering merasa terkekan

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyapixabay.com/PublicDomainPictures

Kalau kelebihan makan gula, kamu juga akan merasa kurang energi, kurang bahagia, dan merasa terus menerus lelah. Gejala-gejala depresi ini bisa ditolong dengan membatasi gula dan fokus pada aktivitas yang bisa menghilangkan stres. 

8. Gerak usus yang tidak teratur

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyahealthline.com

Buang air besar yang tidak teratur, seperti kembung, sembelit, diare, dan kelebihan gas, dapat terjadi ketika makan gula berlebihan. Alhasil, pencernaan jadi terganggu.

Bakteri jahat dalam tubuh memakan ragi dari gula yang bisa mengganggu pencernaan. Setelah mengonsumsi gula, cobalah berjalan-jalan untuk menyeimbangkan gula darah dan melancarkan pencernaan.

9. Peradangan

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyabig1news.com

Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa mengakibatkan seluruh tubuh bengkak dan sakit. Coba kurangi gula saat sarapan, ganti dengan protein dan buah-buahan segar.

10. Ngidam makanan seperti ibu hamil

Terlalu Banyak Konsumsi Gula? 10 Gejala Ini Jadi Penandanyapexels.com/ Pixabay

Kalau merasa "ngidam" meski baru saja makan, bisa jadi hal ini sebagai pertanda kamu mengonsumsi gula yang berlebihan. Gula dalam bentuk cair, seperti minuman manis soda atau jus, menjadi penyumbang terbesar lho. 

Selain itu jangan lupa berolahraga yang teratur agar tidak terlalu over gula dalam tubuh kamu. Sangat membantu lho!

Baca Juga: Kenali 7 Penyakit Serius Ini Lewat Baunya, Segera Obati!

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You