TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Optimalisasi Tabungan untuk Menumbuhkan Uang bagi Pemula

Ini Beginner Tips untuk menumbuhkan uang

Ilustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejak dini pastinya kita sudah seringkali diajarkan dan disadarkan bahwa memiliki tabungan adalah hal yang penting. Mulai dari menyisihkan uang jajan yang diberikan orang tua dalam celengan sampai dengan menyimpan sebagian gaji yang didapat dari pekerjaan dalam rekening tabungan.

Kita diajak untuk disiplin dalam membatasi pengeluaran yang kita lakukan agar bisa terus menabung. Namun, tahukah kalian kalau uang yang kita sisakan untuk menjadi tabungan ini juga bisa menjadi sumber untuk menumbuhkan uang lho!

Nah, sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai cara menumbuhkan uang yang dimiliki dalam tabunganmu ada hal yang perlu diperhatikan nih.

Yuk, simak dulu langkah-langkah awal yang perlu kamu lakukan:

1. Ini langkah-langkah awal yang perlu kamu lakukan

ilustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

1. Perhatikan Kondisi Keuanganmu

Pertama, pastikan keuanganmu cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama dalam keseharianmu. Ini bertujuan agar kamu dapat membagi dana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan dana yang akan digunakan untuk menumbuhkan uangmu. Jangan sampai kamu malah bingung mengatur keuangan yang berdampak pada keseharianmu nantinya, ya!

2. Bentuk Komitmen

Komitmen tentunya sangat diperlukan agar tujuan yang kita inginkan bisa tercapai dalam jangka waktu yang kita tetapkan pula. Hal inipun juga memegang peran penting dalam proses mengoptimalisasikan tabunganmu untuk hasil yang maksimal.

3. Pilih Tempat yang Tepat untuk Menumbuhkan Uangmu

Sama seperti tanaman yang memerlukan sarana untuk bisa tumbuh, dana dari tabungan kita juga butuh sarana yang tepat untuk menghasilkan hasil yang terbaik. Ada beragam jenis sarana untuk menumbuhkan uang yang bisa dipilih loh oleh kita yang masih baru ingin memulai langkah awal dalam mengoptimalisasi dana yang dimiliki dalam tabungan. Sarana yang dipilih pun perlu disesuaikan dengan kondisi keuanganmu, komitmen yang telah kamu bentuk, serta pemahaman yang sudah kamu miliki mengenai sarana tersebut. Jangan sampai tergiur dengan berbagai cara instan yang beredar di sekitarmu!

4. Daftarkan Dirimu dan Persiapkan Langkah Awalmu

Sebelum kita bisa mengakses sarana yang tepat untuk menumbuhkan uang, kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu agar data diri kita terdaftar dalam layanan yang menyediakan sarana tersebut karena sarana ini tidak bisa diakses sembarang orang. Pastikan pula sarana yang dipilih sudah resmi dan diawasi oleh OJK agar kamu tidak perlu takut danamu tiba-tiba menghilang atau tidak jelas statusnya.

2. Ini Beginner Tips untuk Menumbuhkan Uang

Ilustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Ada beberapa tips yang berguna nih buat kamu yang sedang bersiap untuk menumbuhkan uang yang terpendam dalam tabunganmu:

  • Mulailah sedini mungkin dan jangan menunda-nunda. Sama seperti tumbuhan, semakin dini kita memulai langkah untuk menanam uang kita dalam sarana yang dipilih, maka akan semakin besar juga hasil yang dapat diperoleh.
  • Mulailah langkahmu dalam menumbuhkan uang secara perlahan. Sesuaikan dengan tujuan dan kondisi keuanganmu saat ini.
  • Konsultasikan langkahmu dengan teman-teman lain yang sudah terbilang senior dan berpengalaman. Selain menambah pengetahuan, ini juga akan membantu kamu memilih sarana yang paling cocok untuk kondisi keuanganmu.
  • Mulai dengan memanfaatkan apa yang sudah kamu ketahui atau kenali. Bukankah lebih baik untuk memulai langkah awal di medan yang sudah kamu kenali rintangannya daripada memilih medan yang asing dan belum kamu ketahui rintangannya?
  • Sesuaikan juga saranamu dengan target yang kamu inginkan. Pilihlah sarana yang kamu yakini bisa mencapai targetmu
  • Memilih berbagai lubang tanam yang berbeda untuk menjadi tempat tumbuhnya uang tabunganmu. Artinya, saat kamu memiliki modal yang cukup besar, cobalah untuk menanam dana tersebut ke beberapa lubang tanam yang berbeda untuk memperbanyak hasil yang nantinya kamu dapatkan.

Baca Juga: Melihat Peluang dan Tantangan Investasi di 2023

Berita Terkini Lainnya